Oleh: Danny Prijadi | Minggu, 25 Januari 2009

Vitamin yang aman untuk anak


Dokter, saya seorang ibu dan ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya.

  1. Apakah vitamin untuk menambah kecerdasan otak (DHA) ataupun menambah kekebalan tubuh anak aman diberikan tanpa konsultasi ke dokter anak dulu?
  2. Apa efek samping pemberian vitamin secara berlebihan?
  3. Vitamin apa yang paling cocok diberikan kepada anak usia setahun? 

Yuli, Surabaya

Indikasi pemberian vitamin pada bayi dan anak adalah defisiensi atau kekurangan vitamin. Hal itu disebabkan suplai vitamin dan mineral yang tidak mencukupi. Ibu, vitamin merupakan zat yang membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Bahan bakunya berupa karbohidrat, protein, dan lemak. Vitamin lebih dianjurkan diberikan kepada bayi-bayi prematur atau berat badan lahir rendah yang belum mampu mencukupi kebutuhannya.

British Nutrition Foundation, European Society for Pediatric Gastroenterology and Nutrition (ESPGAN), World Health Organization (WHO), dan Food Agriculture Organization (FAO) merekomendasikan penambahan DHA dan AA hanya untuk susu formula bayi prematur. DHA dan AA adalah komponen terbesar dari long-chain polyunsaturated fatty acids (LC-PUFA). Bahan itu sangat penting bagi organ susunan saraf pusat. DHA penting untuk pembentukan jaringan saraf dan sinaps. AA berperan sebagai neurotransmitterNah, bentuk asam lemak yang esensial membuat LC-PUFA harus ditambahkan pada makanan.

Kedua asam lemak esensial itu tidak bisa saling berubah dari yang satu menjadi yang lain. Keduanya berbeda, baik metabolisme maupun fungsinya. Bahkan, secara fisiologik, keduanya mempunyai fungsi berlawanan. Manfaat pemberian AA dan DHA pada bayi cukup bulan dan anak dianggap masih kontroversial. Pada bayi cukup bulan atau anak besar, pemberian suplemen DHA dan AA perlu diteliti lebih lanjut mengingat kemungkinan efek samping yang belum terdeteksi dan teruji. Sebab, pemberian lemak berlebihan berakibat kegemukan. Risiko lain, penyakit jantung, penyakit ganas, meningkatkan kadar kolesterol, dan LDL yang memacu aterosklerosis maupun penyakit jantung koroner.

Bila berlebihan, AA/DHA mengakibatkan hilangnya daya imunisasi tubuh. Gejala yang ditimbulkan karena pengaruh reaksi simpangnya, antara lain, dermatitis (radang kulit), batuk, dan gangguan saluran cerna. Berupa, muntah, diare, atau konstipasi.

Pada anak usia lebih dari enam bulan yang telah diberi ASI tanpa makanan pendamping, pemberian AA/DHA bisa berdampak anemia defisiensi besi. Selanjutnya, nafsu makan menurun. Karena itu, diperlukan suplementasi vitamin yang mengandung zat besi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas transpor hemoglobin ke dalam jaringan tubuh.

Nah, Ibu harus memilih vitamin berdasar kebutuhan. Lebih baik, pemberian ASI eksklusif disertai makanan pendamping yang kaya AA dan DHA. Misal, tempe atau ikan laut. (*)

dr Hartojo SpA

Spesialis Anak RS Spesialis Husada Utama

About these ads

Responses

  1. siang dok, anak saya usia 6,5 bulan dengan BB 6,6kg dia susah minum susu, susah makan + sering demam atau sakit dok. apa yg harus saya lakukan agar buah hati memiliki daya tahan yg sedikit kebal + agar memiliki nafsu makan nya membaik sehingga memiliki tuguh yg normal BBnya. apakah saya diperbolehkan untuk membeli vitamin daya tahan tubuh + vitamin penambah nafsu makannya ? kalau boleh vitamin apa itu dok namanya, biar saya beli ?
    mohon bantuannya dok, saya tunggu jawaban dari dokter

    terima kasih
    Eny

  2. If you desire to grow your familiarity only keep visiting this website and be updated with the hottest gossip
    posted here.

  3. Hi, i think that i saw you visited my website so i came to “return the favor”.
    I am trying to find things to improve my web site!
    I suppose its ok to use a few of your ideas!!

  4. dok, ank sya 4 thn dan 3 thn,sy ingn memberikan vitamin untk nutri otak tp vitamin apa ya yg baek untk se umurannya, smentara itu sya jg membantunya dgn su2 formula pertumbuhan.

  5. anak saya bulan ini genap 1 tahun tgl 2 februari.berat badanya 8,4kg,apakah it tergolong kurus,tingginya 75 cm,vitamin yg baru2 saya kasih scoot emulsion,gimana boleh apa gak?kalau madu gimana?

  6. Anak sy berumur 3thn lbh 4bln, dia alergi ikan laut. Dia anak yg susah skali makannya tp kl mkn mie suka. Sy ingin kasih vit tp bingung vit apa yg cocok untuk otak + daya tahan tubuh + doyan makan? Trima ksih sebelumnya

  7. Dok saya mau tanya anak saya susah makan kadang mau kadang ga mau mkn?trs BAB nx kok keras ya dokter?Itu pengaruh apa susu atau makan ya dokter

  8. vitamin apa untuk usia 1 tahun

  9. Bayi saya usiany 8 bln bb nya 6,5 kg.
    Yang saya tanyakan apakah bayi saya tergolong kurus,,?

    Nafsu makanny biasa saja, makanan atau vitamin apa ya bu yang saya kasi agar bb bayi saya naik,,?

    Satu lagi bu bayi saya tidak suka sama susu pormula.

  10. saya mau tanya , anak saya sudah 18 bulan tapi belum bisa jalan, vitamin apa yang cocok buat perkembangan anak saya, dia lahir 2kg, 8 bulan.minum asi 9 bulan, selanjutnya minum susu dancow 4 bulan , sekarang saya kasih minum susu bebelac, kira2 apa penyebab anak saya susah jalan.terimakasih.

  11. dokter, saya punya anak usia 1 th, dia baru bisa jalan, saya kwatir dengan kondisi tubuhnya yang sering jatuh, dan anak saya punya kecenderungan pilek dan panas kalo cuaca buruk atau mandi terlalu lama.saya sudah memberi vitamin yang ada minyak ikannya.apakah itu baik?mohon saran yang terbaik untuk anak saya. terimakasih.

    elly

  12. saya punya anak umur 2 tahun namun kadang susah mau makan saya ingin tahu bagaimana cara supaya anak saya gampang di ajak makan. nd vitamin apa yg harus saya berikan nd tdk ada efek samping trims

  13. saya punya anak umur 5 tahun tp pertumbuhannya kecil [tidak seperti umur anak 5 tahun pada umumnya'] yg mau saya tanyakan; vitamin apa yg cocok untuk anak umur 5 tahun agar tinggi dan gemuk

  14. saya mau tanya
    vitamin apa yg bagus buat anak usia 7 thn
    yg berfungsi untk kecerdasan otak
    terimakasih

  15. saya juga mau tanya bagus mana prolacta dengan scittelmution,pa dokter. anak saya umur 1 tahun berat 10,5 kg.terima kasih

  16. anak saya 1 tahun dan berat badannya 10kg setalah kemarin saya imunisasi secara perkembangan badan tidak ada masalah hanya saja dokter dimana tempat saya imunisasi menganjurkan pembelian vitamin otak / DHA kepada anak saya dan dianjurkan diberikan secara rutin selama 3 tahun. setelah saya membaca artikel tentang vitamin yang cocok untuk anak saya menjadi binggung dimana. mana yang benar dokter mengatakan ada efeksamping dari pemberian dha yang berlebihan…saya mohon penjelasannya dan infomasinya dok karena saya kuatir akan perkembangan anak saya…termikasih

    • thanks ya vivie sudah memberi komentar. Cuma saya ingin minta maaf dulu sebelumnya, sebenarnya saya ini juga seperti vivie yang terkadang masih bingung masalah pemberian vitamin yang berlebihan, maka itu saya ambil artikel diatas untuk saya jadikan referensi buat saya dan mungkin juga buat para pembaca.

      Pertanyaan ini juga pernah saya tanyakan kepada dokter specialist anak yang mengatakan sebenarnya memang tidak terlalu perlu vitamin, kalau memang asupan makanannya sudah cukup, apalagi jg minum susu, karena di susu sendiri sudah ada DHAnya. Lain lagi mungkin ada anak yang alergi atau makanan rewel, dll yang membuat anak jadi kekurangan gizi, baru bisa ditambahkan vitamin. Kalau saya pribadi lihat anak 1 tahun dgn berat 10 kg sudah cukup sehat kok, apalagi kalau dari bayi sudah diberi ASI. Kalau memang dokter menyarankan untuk diberi vitamin ya boleh aja sih, mungkin sang dokter sudah mengerti riwayat hidup dari anak ibu tsb atau vivie bisa tanya ke alternative dokter lain

  17. anak saya prematur (7 bulan) berat 1,8 kg sekarang usianya 5 bulan dengan berat 6 kg, sejauh ini saya tidak memberi vitamin apa pun kepada anak saya, dan dokter pun tidak ngasih vitamin begitu pula bidan mereka tidak berani memberi vitamin bahkan imunisasi kepada anak saya dengan alasan tidak berani karena bayi prematur. menurut dokter bagaimana karena saya bingung dan ada kekhawatiran juga…
    mohon informasinya Dok… terimakasih.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: