Oleh: Danny Prijadi | Selasa, 21 April 2009

Pemeliharaan Battery Laptop Acer 4630Z


Akhirnya setelah beberapa hari searching2 di internet saya putuskan untuk membeli laptop acer 4630Z, sebenarnya yang saya ingin beli tipe 47030Z, karena barangnya sudah habis dan butuhnya mendesak jadi terpaksa deh beli yang ini. Spec nya sih sama cuma modelnya aja agak beda. Waktu itu sih saya ngga lihat barangnya, pesennya cuma lewat telpon aja tinggal kirim.

Sebenarnya laptop yang lebih bagus dan bermerek jauh lebih banyak, cuma masalahnya bukan terkendala harga, tapi masalah kebutuhan aja, pokoknya bisa ngenet, tulis dokument, lihat foto2 dan bisa lihat dvd sudah cukup. Dan ini sebenarnya bukan laptop saya yang pertama tp yang ke 4 kalinya.

laptop pertama merek DELL pentium II lupa brp Mhz, rasanya cuma 200 mhz deh, trus bekas lagi belinya masih pake windows 98, akhirnya kira2 setahun pake dijual. Yang ke 2, Sony Vaio pentium III lupa MHZ nya, semestinya bagus cuma lama2 jadi lemot, sudah pakai windows 2000, akhirnya saya jual juga. Ke 3 Compaq pentium IV sudah pakai windows XP, ini juga mestinya masih bagus cuma layarnya ngga bisa berdiri alias lecek jadi saya jual lagi. Dan yang sekarang Acer Dual core 2Ghz sudah windows vista, tapi dengernya bakalan keluar windows 7 setelah vista.

Dari pengalaman2 saya punya laptop, saya selalu gagal dalam memelihara battery, setiap kali  mau saya jual, battery selalu sudah drop, mangkanya ini sekarang saya ingin pelajari bagaimana cara merawat battery dan kalau bisa jangan terlalu sering buka tutup takutnya lecek seperti compaq saya dulu.

Sekian untuk sementara, saya sekedar ngetes gimana empuknya keyboard Acer 4630Z, ternyata paling empuk diantara semua laptop yang saya punya :), dan juga memiliki fasilitas terlengkap dari laptop saya sebelumnya.

ini ada beberapa petunjuk praktis mengenai battery laptop yang saya ambil dari sini:

  • Panas adalah musuh Anda. Hindari untuk menaruh baterai Anda ditempat yang panas, seperti didalam mobil pada waktu siang hari
  • Pemakaian hingga habis tidak baik untuk baterai Li-Ion. Sebaiknya lakukan pengisian ulang ketika sudah mencapai level 10-20%.
  • Kalibrasi baterai Anda setiap 30 kali siklus pengisian. Biarkan baterai habis terpakai, untuk menjaga agar penunjuk di laptop tetap akurat.
  • Jika Anda akan menggunakan power listrik dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa memperpanjang usia baterai dengan melepasnya dan menyimpannya dalam tempat penyimpanan
  • Simpan ditemat yang kering dan dingin dengan kondisi baterai terisi 40%. Beberapa ahli menyarankan untuk menyimpannya di lemari es. Gunakan kantong plastik yang tertutup rapat untuk menyingkirkan kelembaban.
  • Jangan masukkan kedalam freezer hingga menjadi beku.
  • Jika ingin dipakai lagi, biarkan untuk menghangat pada suhu ruangan sebelum dipakai lagi.
Responses

  1. trimakasih untuk infonya, tapi yang membingungkan buat saya disina yaitu pada point 2 yakni :Pemakaian hingga habis tidak baik untuk baterai Li-Ion. Sebaiknya lakukan pengisian ulang ketika sudah mencapai level 10-20%.
    tapi yang saya baca dari blog lain mengatakan sebainya menggunakan hingga baterainya 0% baru di isi ulang…

  2. Buat meja usaha laptop dell,
    minta tolong dong, berikan /upload kan Buku intruksi pemakaian pada keyboard leptop pada kami.
    sekian dan terima kasih banyak

    • Terima kasih sudah memberi komentar di blog saya. Kalau boleh tahu maksud pertanyaan bapak/ibu adalah cara pengoprasian keyboard pada laptop Dell?
      Laptop Dell nya tipe apa?


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

