Oleh: Danny Prijadi | Selasa, 5 Mei 2009

Apa yang dimaksud dengan Akhir Zaman (eschatology)?


Menurut nubuat akhir zaman apa yang akan terjadi?
Alkitab berbicara banyak mengenai akhir zaman. Hampir setiap kitab dalam Alkitab mengandung nubuat mengenai akhir zaman. Berusaha mengerti dan menata setiap nubuat ini dapat merupakan pekerjaan yang sulit. Berikut ini adalah ringkasan yang sangat singkat mengenai apa yang Alkitab katakan akan terjadi pada akhir zaman:

akhir_jaman_id

* klik pada gambar untuk memperbesar gambar ini

Kristus akan memindahkan semua orang percaya yang merupakan bagian dari Gereja (orang-orang suci Perjanjian Baru) dari dunia ini melalui peristiwa yang disebut Pengangkatan (1 Tesalonika 4:13-18; 1 Korintus 15:51). Pada Tahta Penghakiman Kristus, orang-orang percaya ini akan diberikan pahala untuk perbuatan baik dan pelayanan mereka. Mereka mungkin saja kehilangan pahala mereka karena tidak melayani dan tidak taat, namun tidak akan kehilangan hidup kekal (1 Korintus 3:11-15; 2 Korintus 5:10).

Anti Kristus (binatang) akan berkuasa dan menandatangani pakta perdamaian (perjanjian) dengan Israel untuk masa tujuh tahun (Daniel 9:27). Masa tujuh tahun ini dikenal sebagai masa Tribulasi (kesengsaraan). Dalam masa Tribulasi ini akan terjadi peperangan, kelaparan, wabah dan berbagai bencana alam. Tuhan mencurahkan murkanya terhadap dosa dan kejahatan. Tribulasi menjadi tempat untuk ke empat penunggang kuda dalam Wahyu dan ke tujuh meterai, sangkakala dan cawan murka Allah.

Kurang lebih setengah dari masa 7 tahun, antikristus akan melanggar perjanjian damai dengan Israel dan berperang dengan mereka. Antikristus akan melakukan kekejian yang membinasakan dan membuat patung dirinya untuk disembah di tempat kudus (Daniel 9:27, 2 Tesalonika 2:3-10). Bagian kedua dari Tribulasi dikenal sebagai Kesengsaraan Besar dan waktu kesusahan bagi Yakub.

Pada akhir dari tujuh tahun Tribulasi, antikristus akan melakukan serangan terakhir terhadap Yerusalem yang memuncak pada Perang Harmagedon. Yesus Kristus akan datang kembali, membinasakan antikristus dan bala tentaranya dan membuang mereka ke dalam lautan api (Wahyu 19:11-21). Kristus akan membelenggu Iblis dalam jurang maut untuk 1000 tahun dan akan memerintah di atas bumi selama 1000 tahun (Wahyu 20:1-6).

Pada akhir dari 1000 tahun Iblis akan dilepaskan, kembali dikalahkan dan dilemparkan ke dalam lautan api (Wahyu 20:7-10). Kristus akan menghakimi orang-orang yang tidak percaya (Wahyu 20:10-15) di Tahta
Putih yang Besar, membuang mereka ke dalam lautan api. Akan ada Langit yang Baru dan Bumi yang Baru – tempat kediaman kekal bagi orang-orang percaya. Tidak akan ada lagi dosa, kesusahan atau kematian. Demikian
pula Yerusalem yang Baru akan turun dari Surga (Wahyu 21-22).

Apa tanda-tanda akhir zaman?

Matius 24:5-8 memberi kita beberapa petunjuk penting sehingga kita dapat memahami mendekatnya akhir zaman. “Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan
menyesatkan banyak orang. Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat. Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.” Bertambahnya mesias-mesias palsu, bertambahnya peperangan, bertambahnya kelaparan, penyakit dan bencana-bencana alam – semua ini adalah “tanda-tanda” akhir zaman. Bahkan dalam ayat-ayat ini kita diberikan peringatan. Jangan sampai kita ditipu (Matius 24L4), karena peristiwa-peristiwa ini hanyalah permulaan dari sakit melahirkan (Matius 24:8), kesudahannya masih akan datang (Matius 24:6).

Banyak penafsir yang menunjuk pada setiap gempa bumi, setiap pergolakan politik, dan setiap serangan terhadap Israel sebagai tanda bahwa akhir zaman segera tiba. Walaupun peristiwa-peristiwa ini adalah tanda-tanda bahwa akhir zaman sementara mendekat, hal ini tidak berarti bahwa akhir zaman sudah tiba. Rasul Paulus mengingatkan bahwa “di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan” (1 Timotius 4:1). Hari-hari terakhir dilukiskan sebagai “masa yang sukar” karena meningkatnya kejahatan manusia dan orang-orang yang secara aktif “menolak kebenaran” (2 Timotius 3:1-9; lihat pula 2 Tesalonika 2:3).

Tanda-tanda lain yang mungkin antara lain adalah dibangunnya kembali tempat suci orang Yahudi di Yerusalem, meningkatnya permusuhan terhadap Israel dan perkembangan ke arah satu pemerintahan dunia. Tanda akhir zaman yang paling utama adalah negara Israel. Pada tahun 1948 Israel untuk pertama kalinya sejak tahun 70 A.D. diakui sebagai negara yang berdaulat. Tuhan sudah berjanji kepada Abraham bahwa keturunannya akan memiliki Kanaan sebagai “milik untuk selama-lamanya” (Kejadian 17:8), dan Yehezkiel menubuatkan kebangunan kembali Israel secara fisik dan rohani (Yehezkiel 37). Dari sudut pandang nubuat akhir zaman, adanya Israel sebagai bangsa di tanahnya sendiri adalah hal yang penting karena pentingnya Israel dalam eskatologi (Daniel 10:14; 11:41; Wahyu 11:8).

Dengan mengingat tanda-tanda ini, kita dapat bersikap bijak dalam hal pengharapan akhir zaman. Namun kita tidak boleh menafsirkan salah satu dari tanda-tanda ini sebagai indikasi jelas bahwa akhir zaman akan segera tiba. Tuhan telah memberi kita informasi yang cukup sehingga kita dapat mempersiapkan diri, namun tidak cukup untuk membuat kita menjadi sombong.

sumber: in-christ.net

About these ads

Responses

  1. trima kasih atas FirmanNYA Tuhan Yesus memberkati

  2. video angka 666 mengerikaN

    [youtube http://www.youtube.com/watch?v=eob532iEpqk&hl=en_US&feature=player_embedded&version=3%5D

  3. Mungkin banyak yang tidak percaya apa yang dikatakan Alkitab, namun semua ini segera menjadi kenyataan. Dunia sedang bergerak ke arah penggenapan nubuat2 Alkitab, salah satunya adalah mengenai “MARK OF THE BEAST”, tanda perdagangan di Wahyu 13:17. “dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.”

    ati-ati angka 666
    yang akan ditaruh di tangan kanan atau dahi

  4. MENGAPA MEMAHAMI WAHYU DENGAN BENAR BEGITU PENTING

  5. hati-hati dengan nabi palsu

    Sedang Digenapi Sekarang !
    “Tetapi pada akhir zaman raja negeri Selatan akan berperang dengan dia, dan raja negeri Utara itu akan menyerbunya dengan kereta dan orang-orang berkuda dan dengan banyak kapal; …. Ia akan menguasai harta benda emas dan perak dan segala barang berharga negeri Mesir, dan orang Libia serta orang Sudan (Cush) akan mengikuti dia.” (Daniel 11:40-43)

  6. JANJI-MU SEPERTI FAJAR
    Afen Hardiyanto

    KETIKA KUHADAPI KEHIDUPAN INI
    JALAN MANA YANG HARUS KUPILIH
    KU TAHU KU TAK MAMPU
    KU TAHU KU TAK SANGGUP
    HANYA KAU TUHAN TEMPAT JAWABANKU

    AKU PUN TAHU KU TAK PERNAH SENDIRI
    S’BAB KAU ALLAH YANG MENGGENDONGKU
    TANGAN-MU MEMBELAIKU
    CINTA-MU MEMUASKANKU
    KAU MENGANGKATKU KE TEMPAT YANG TINGGI

    REFF:
    JANJI-MU SEPERTI FAJAR PAGI HARI
    DAN TIADA PERNAH TERLAMBAT BERSINAR
    CINTA-MU SEPERTI SUNGAI YANG MENGALIR
    DAN KU TAHU BETAPA DALAM KASIH-MU

  7. Shalom! Kalau saudara-saudara mau lebih mengerti tentang nubuat akhir zaman, kunjungilah http://goldengateindonesia.blogspot.com (“Golden Gate Indonesia” Blog)!
    Maranatha!
    Gbu

  8. Shalom! Kalau saudara-saudara mau lebih mengerti tentang nubuat akhir zaman, kunjungilah http://goldengateindonesia.blogspot.com
    Maranatha!

  9. tetap tekun dalam Tuhan kedatanganya makin dekat

  10. “Kasih Yang Terindah”

    Kasih yang terindah
    Hati yang mulia
    Hanya kutemukan di dalamMu Yesusku
    Pujian dari hatiku
    Mengalir disetiap waktuku
    Tiada pernah berubah kasihMu

    Reff :
    Karya terbesar dalam hidupku
    PengorbananMu yang s’lamatkanku
    Engkaulah harta yang tak ternilai
    Yang kumiliki dan kuhargai
    Yesus Engkau kukagumi

  11. Kasih yang Sempurna

    Kasih yang sempurna telah kut’rima dari-Mu
    Bukan kar’na kebaikanku
    Hanya oleh kasih karunia-Mu
    Kau pulihkan aku
    Layakanku ‘tuk dapat memanggil-Mu Bapa

    Kau b’ri yang kupinta
    Saat kumencari kumendapatkan
    Kuketuk pintu-Mu dan Kau bukakan
    S’bab Kau Bapaku, Bapa yang Kekal

    Tak’kan Kau biarkan
    Aku melangkah hanya sendirian
    Kau selalu ada bagiku
    S’bab Kau Bapaku, Bapa yang Kekal

  12. FIRMAN-MU BERKATA KAU BESERTAKU
    MAKA KUAT ROH DAN JIWAKU
    TANGAN-MU TUHAN S’LALU KUNANTIKAN
    DI SETIAP LANGKAH KU PERCAYA

    REFF :
    DENGAN SAYAP-MU KU AKAN TERBANG TINGGI
    DI TENGAH BADAI HIDUP KU TAK MENYERAH
    KAU KEKUATAN DAN PERLINDUNGAN
    BAGIKU

    PERTOLONGANKU DI TEMPAT MAHA TINGGI
    KU MENGANGKAT TANGANKU, AKU BERSERAH
    KAU KUNANTIKAN, KAU YANG KU SEMBAH
    YESUSKU, RAJAKU

  13. Ada satu sobatku yang setia
    tak pernah Dia tinggalkan diriku
    di waktu aku susah waktu ku sendirian
    Dia slalu menemani diriku

    NamaNya Yesus namaNya Yesus
    nama Yesus yang menghibur hatiku
    namaNya Yesus namaNya Yesus
    nama Yesus yang menhibur hatiku

  14. “Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.”(Roma 8:11)

  15. Dia lahir untuk kami, dia mati untuk kami
    Dia bangkit untuk kami semua
    Dia itu Tuhan kami, Dia itu Allah kami
    Dia Raja di atas s`gala Raja

    Dia itu Firman Allah yang turun ke bumi
    Yang jadi sama dengan manusia
    Dia Yesus sobat kami
    Dia Yesus Allah kami
    Sang Penebus Juruselamat manusia

  16. Hanya Engkau juruslamatku
    Tuhan Kau setia padaku
    yang kupegang hanya janjiMu
    kupercayakan hidupku

    Kusembah Kau Allahku
    Bapa dan Sahabatku
    Kau yang pedulikan
    Sluruh hidupku

    Walau lewati lembah
    aku tak ditinggalkan
    Yesus kekuatan dihidupku

    Hanya Engkau juruslamatku
    Tuhan Kau setia padaku
    kuyakini pertolonganMu
    tak’klan terlambat bagiku

  17. KAU TELAH MEMILIHKU

    Do=G

    G Em Am D
    KAU TELAH MEMILIHKU

    G Em C D
    SEBELUM DUNIA DIBENTUK

    B Em D C
    BETAPA AKU BERSYUKUR PADA-MU

    G/D D
    YA TUHAN ALLAHKU

    G Em Am D
    KAU TELAH MEMANGGILKU

    G Em C D
    SEBAGAI ALAT KERAJAAN-MU

    B Em D C
    BETAPA AKU BERSYUKUR PADA-MU

    G/D D G
    ATAS PERBUATAN-MU

    REFF:
    G D
    JADIKAN AKU BAIT SUCI-MU

    Em Bm C D
    YANG KUDUS DAN YANG TIADA BERCELA

    G Am/F# B Em
    JADIKAN AKU MEZBAH DO———–A-MU (doa mu)

    Am D G
    BAGI KESELAMATAN BANGSAKU

  18. Kata Yesus:”Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.”(Yohanes 10:9-10)

  19. “Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang2 kudus,dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yg percaya, sesuai dgn kekuatan kuasa-Nya,yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kananNya di sorga”(Efesus 1:18-20)

  20. “Aku bersyukur kepada-Mu, sebab Engkau telah menjawab aku dan telah
    menjadi keselamatanku.Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan
    telah menjadi batu penjuru.”(Mazmur 118:21-22)

    “…yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru”(Efesus 2:20)

  21. Tuhan memilih dan memakai mereka yang hatinya benar di hadapan-Nya. Dia memberi karunia, kuasa dan berkat bagi mereka yang melayani-Nya. Dia juga dapat menghakimi dan mempermalukan mereka yang tidak taat kepada-Nya. Sambil mempelajari kitab ini, marilah kita juga terus belajar hidup benar di hadapan-Nya, taat dan perca…ya, maka kita akan senantiasa mengalami berkat-Nya! Met istirahat, Tuhan berkati

  22. Sandi Cool Yuk Renungkan sama-sama Yoh 16:1-4a …….ayat 2 : ‘kamu akan dikucilkan,bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yg membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah’….. Bertekun terus dlm Kristus GBU

  23. Kata Yesus:”Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.”(Yohanes 6:51)
    “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainka…n ia akan mempunyai terang hidup.”(Yohanes 8:12)

  24. Kebangkitan Injil Kristus di Zaman Akhir
    ‎”Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.”(Ibrani 4:12)

  25. KasihMu Tiada Duanya

    Belum pernah ada kasih di dunia,
    sanggup menerima diriku apa adanya,
    selain kasih-Mu Yesus.
    Tak kan ada lagi, kasih seperti ini,
    sanggup mengubahkan hidupku,
    menjadi baru,
    selain kasih-Mu Yesus.
    Kau kukagumi dalam hati,
    kasih-Mu tiada duanya.
    Sampai kini kuakui,
    kasih-Mu tiada duanya.

  26. “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.”(Roma 8:26-27)

  27. Kata Yesus:”Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”(Matius 11:28)

  28. Kata Yesus:”Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.”(Yohanes 15:16)

  29. ‎”Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;Ia melindungi segala tulangnya, tidak satupun yang patah.”(Mazmur 34:19-20)

  30. ‎”dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.”(I Yohanes 4:3)

  31. ‎”Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak.”(II Yohanes 1:9)

  32. “Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah,dan sekarang Ia hanya menantikan saatnya, di mana musuh-musuh-Nya akan dijadikan tumpuan kaki-Nya.Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan….Dan tentang hal itu Roh Kudus juga memberi kesaksian kepada kita”(Ibrani 10:12-15)

  33. ‎”Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.”(Yesaya 1:18)

  34. Bertobat dan Percaya serta bertekun dan bertahan dalam Yesus dan melaksanakan Perintah Agung Yaitu Kabarkan berita Baik tentang Keselamatan yang ditugaskan kepada kita orang percaya

  35. wah bertambah lagih ni orang yg mengunjungi web ini nih adah firman

    ‎”Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.”(I Korintus 2:10)

  36. maaf tadi ada teks lagunya ada yg salah sedikit

    bukan dengan barang fana
    kau membayar dosaku
    dengan darah yg mahal
    tiada noda dan celah

    bukan dengan emas perak
    kau menebus diriku
    oleh segenap kasih
    dan pengorbananmu

    reff:
    ku telah mati dan tinggalkan
    cara hidupku yg lama
    semuanya sia-sisa
    dan tak berarti lagi

    hidup ini kuletakkan
    pada mesbahmu ya tuhan
    jadilah padaku seperti
    yg kau ingini

  37. bukan dengan barang fana
    kau membayar dosaku
    dengan darah yg maha
    tiada noda dan celah

    bukan dengan emas perak
    kau menebus diriku
    oleh segenap kasih
    dan pengorbananmu

    reff:
    ku telah mati dan tinggalkan
    jalan hidupku yg lama
    semuanya sia-sisa
    dan tak berarti lagi

    hidup ini kuletakkan
    pada mesbahmu ya tuhan
    jadilah padaku seperti
    yg kau ingini

    bukan dengan emas perak
    kau menebus diriku
    oleh segenap kasih
    dan pengorbananmu

  38. Jonathan Prawira

    KU TAK MEMBAWA APAPUN JUGA
    SAAT KU DATANG KE DUNIA
    KU TINGGAL SEMUA PADA AKHIRNYA
    SAAT KU KEMBALI KE SURGA

    REFF:
    INILAH YANG KU PUNYA
    HATI S’BAGAI HAMBA
    YANG MAU TAAT DAN SETIA
    PADA-MU BAPA

    KEMANAPUN KU BAWA
    HATI YANG MENYEMBAH
    DALAM ROH DAN KEBENARAN
    SAMPAI S’LAMANYA

    BRIDGE:
    BAGAIMANA KU MEMBALAS KASIH-MU
    S’GALA YANG KU PUNYA ITU MILIK-MU
    ITU MILIK-MU OH…

  39. penafsiran masing2 berbeda-beda… carilah kebenaran bukan dari orang but from Bible only (sola scriptura)..

  40. ‎”Dan siapakah yang akan berbuat jahat terhadap kamu, jika kamu rajin berbuat baik? Tetapi sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu akan berbahagia. Sebab itu janganlah kamu takuti apa yang mereka takuti dan janganlah gentar. ”

    1 Petrus 3:13-14

  41. ‎”Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.”(Wahyu 21:7)

  42. Sebab karena kamu masih ingat, saudara-saudara, akan usaha dan jerih lelah kami. Sementara kami bekerja siang malam, supaya jangan menjadi beban bagi siapapun juga diantara kamu, kami memberitakan injil Allah kepada kamu.” 1 Tesalonika 2:9. Dalam pergaulan kita berjumpa dengan banyak orang dengan tipe berbeda-beda. Ad…a orang tipe yang cukup skali aja menrima bantuan, ia akan mengerti dan brusaha tuk mandiri. Tetapi ada pula orang dengan tipe setelah dibantu berkali-kali sama saja masih bergantung pada orang lain. Slama kondisi fisik kita memungkinkan, pikiran dan tubuh kita shat, usia pun masih muda, janganlah kita menjadi beban bagi orang lain! Nasihat ini patut di simak, kadang kita sring kali lupa bahwa hasil yang dikumpulkan dengan susah payah , di proleh bukan tanpa pergumulan dan bahkan menyebut nama Tuhan. Met istirahat Tuhan Yesus berkati sodara dan saya.

  43. ‎”Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.” 1 Korintus 2:10. Bagaimana mungkin manusia dapat memahami maksud dan khendak Allah dengan bnar, jika kita sendiri tidak pernah bergaul erat dengan Allah? Bagaimana mungkin ora…ng percaya dapat membritakan hikmat Allah kpada dunia ini jika Roh Allah tidak diam di dalam dirinya? Skalipun manusia brusaha tuk menyelidiki siapa Allah serta sgnap eksistensi-Nya, kita tidak akan menemukan jawabannya. Jawabannya tersembunyi dan rahasia,shingga yang dapat mengetahui dan memahaminya hanyalah Roh Allah sendiri. Oleh karenanya, hal yang tersembunyi dan rahasia yang tidak pernah di lihat oleh mata, tidak pernah di dengar oleg tlinga dan tidak pernah timbul di dalam hati manusia sblumnya tlah di sdiakan Allah kpada mreka yang mengasihi-Nya. Tuhan Yesus berkati sodara dan saya

  44. ‎”Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”(Matius 6:33)

  45. untuk lebih lengkap beli cd nya ya aja ya yg di buat oleh Edward Chen

  46. SAAT KU TAK MELIHAT JALAN-MU
    SAAT KU TAK MENGERTI RENCANA-MU
    NAMUN TETAP KU PEGANG JANJI-MU
    PENGHARAPANKU HANYA PADA-MU

    HATIKU PERCAYA
    HATIKU PERCAYA
    HATIKU PERCAYA
    S’LALU KU PERCAYA

    LORD I WILL TRUST IN YOU
    LORD I WILL TRUST IN YOU
    LORD I WILL TRUST IN YOU
    MY HEART WILL TRUST IN YOU

  47. SELIDIKI AKU
    LIHAT HATIKU
    APAKAH ‘KU SUNGGUH MENGASIHI-MU YESUS
    KAU YANG MAHA TAHU DAN MENILAI HIDUPKU
    TAK ADA YANG TERSEMBUNYI BAGI-MU

    REFF :

    T’LAH KULIHAT KEBAIKAN-MU
    YANG TAK PERNAH HABIS DI HIDUPKU
    KU BERJUANG SAMPAI AKHIRNYA
    KAU DAPATI AKU TETAP SETIA

  48. “Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.”(Matius 10:28)

  49. G C G C
    Kucari wajahMu temukan kasihMu
    Am D D7 G
    Kau bukan Tuhan yang jauh dariku
    G C
    Kupanggil namaMu
    G C
    kudengar jawabMu
    Am Bm
    Kau Tuhan yang slalu dengar
    C D7
    seruan hatiku
    G
    Sungguh indah Kau Tuhan
    Bm C
    Penuh kasih dan sayang
    Am Bm
    Kau tempat penghiburan
    C
    Bagi setiap hati
    D7
    yang terluka
    G
    Sungguh indah Kau Tuhan
    Bm C
    Menara perlindungan
    Am Bm
    Kau sumber kekuatan
    C
    Bagi semua orang
    D7 G
    yang membutuhkan

  50. wah hebat dan ini

    ‎”marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yg begitu merintangi kita,dan berlomba dgn tekunMarilah kita melakukannya dgn mata yg tertuju kpd Yesus, yg memimpin kita dlm iman, dan yg membawa iman kita itu kpd kesempurnaan, yg dgn mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yg s…ekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. dlm perlombaan yg diwajibkan bagi kita.”(Ibrani 1:1-2)

  51. Meneladani Pelayanan Yesus (Bag. 2) : Padang Gurun adalah tempat yang terbaik untuk mematikan segala keinginan daging.

    Matius 4:1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis.

    Ketika saya mengawali kehidupan baru dan menjadi pelayan Tuhan, saya mengira bahwa yang ada dihadapan saya adalah berkat-berkat. Jalan saya pasti akan senantiasa mulus karena Tuhan akan menyertai saya dan menghindarkan saya dari kesukaran-kesukaran karena saya telah memilih jalan yang tepat menjadi pelayan-Nya. Namun yang saya alami sebaliknya, saya banyak mengalami tantangan hidup dimana pencobaan-pencobaan datang silih berganti. Pencobaan datang bukan hanya dari luar saja, tetapi juga dari dalam keluarga. Saya mulai disingkirkan di tengah-tengah keluarga karena mereka menilai saya sudah berbeda dari sebelumnya. Tantangan dari luar, pekerjaan saya goyah karena banyak masalah-masalah yang timbul dalam internal perusahaan dan bahkan saya harus mencari pekerjaan baru karena perusahaan tempat saya bekerja mengalami kebangkrutan.

    Saudaraku, hal yang sama juga di alami oleh Tuhan Yesus. Setelah dibabtis, Roh Kudus membawanya ke Padang Gurun. Disana selama 40 hari dan 40 malam Tuhan Yesus tidak makan dan minum. Dia benar-benar mengalami kekeringan. Nah, ketika tubuhnya menjadi lemah, maka datanglah si pencoba, si pencoba mencobai-Nya sebanyak tiga kali. Dalam tiga pencobaan tersebut Tuhan Yesus sanggup mengatasinya.

    Lalu yang menjadi pertanyaan, mengapa setelah kita memilih mengikut Tuhan justru Tuhan membawa kita ke Padang Gurun, bukan langsung ketanah Kanaan yang berlimpah susu dan madunya? Bukankah lebih baik dan akan lebih banyak lagi orang yang memilih mengikuti jalan Tuhan jika ketika kita memilih-Nya Tuhan langsung memberkati kita dengan harta yang berlimpah dan kehidupan yang makmur?

    Saudaraku, justru disinilah bedanya jalan yang ditawarkan Tuhan dengan jalan yang ditawarkan si pencoba. Tuhan lebih memfokuskan berkat yang bersifat Rohani dari pada berkat yang bersifat Jasmani. Sementara Iblis sipencoba, dia tidak akan pernah menawarkan berkat Rohani karena memang ia tidak memilikinya. Ia akan menawarkan berkat jasamani yaitu berkat berupa kekayaan-kekayaan dunia ini yang penuh dengan hawa nafsu dan kedagingan. Kembali kepada pertanyaan, mengapa kita harus mengalami suasana padang gurun? Jawabannya adalah agar kedagingan kita mati dan kehidupan kerohanian kita semakin bertumbuh.

    Dipadang Gurun, Tuhan Yesus berusaha mematikan kedagingan-Nya dengan berpuasa selama empat puluh hari empat puluh malam. Ketika kedagingan-Nya hampir mati, iblis berusaha menggagalkan dan berusaha menghidupkannya kembali dengan menawarkan makanan. Itu dapat kita lihat pada ayat-ayat selanjutnya pada kitab Matius 4 diatas. Namun Iblis gagal karena kedagingan dari Tuhan Yesus benar-benar telah mati, itu terlihat dari jawaban-Nya. Yesus menjawab bahwa manusia hidup bukan dari roti saja melainkan dari firman Tuhan. Kedagingan Yesus mati terbukti dengan Yesus tidak mengindahkan tawaran iblis untuk mengubah batu menjadi roti. Yesus telah lahir menjadi manusia Rohani itulah sebabnya makanan-Nya bukan lagi roti, melainkan firman Allah. Itulah bedanya manusia jasmani dan manusia Rohani. Manusia jasmani makanannya adalah makanan jasmani tetapi manusia Rohani makanannya adalah firman Tuhan yang hidup.

    Saudaraku, iblis tidak ingin kedagingan kita mati karena bila itu terjadi maka iblis tidak berkuasa lagi atas hidup kita. Iblis hanya berkuasa atas kita jika kita masih hidup dalam keinginan daging. Maka dengan matinya kedagingan kita, mati pulalah kuasa iblis atas kita.

    Kisah yang sama juga di alami oleh bangsa Israel. Ketika mereka lepas dari perbudakan dan memulai kehidupan baru, mereka dipimpin Tuhan ke Padang Gurun. Sebelum Padang Gurun mereka melalui Laut Teberau yangmerupakan gambaran dari babtisan air. Ketika mereka sampai ke Padang Gurun mereka juga mengalami apa yang di alami oleh Tuhan Yesus yaitu kelaparan dan kekeringan. Setelah hari yang ke lima belas di Padang Gurun bersungut-sungutlah mereka minta makanan kepada Musa. Inilah salah satu perbedaan mereka dengan Tuhan Yesus, ketika kedagingan mereka hampir mati, mereka malah bersungut-sungut sementara Tuhan Yesus tidak. Itu dapat kita lihat pada ayat dibawah:

    Keluaran 16:2-4 Di padang gurun itu bersungut-sungutlah segenap jemaah Israel kepada Musa dan Harun; dan berkata kepada mereka: “Ah, kalau kami mati tadinya di tanah Mesir oleh tangan TUHAN ketika kami duduk menghadapi kuali berisi daging dan makan roti sampai kenyang! Sebab kamu membawa kami keluar ke padang gurun ini untuk membunuh seluruh jemaah ini dengan kelaparan.” Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak.

    Tuhan memberikan permintaan mereka walaupun mereka memintanya dengan sungut-sungut. Perlu kita perhatikan bahwa Tuhan memberikan mereka makanan yang bukan berasal dari dunia ini. Tuhan tidak memberikan mereka makan makanan yang biasa dimakan oleh orang-orang dunia melainkan Tuhan memberikan mereka makanan yang berasal dari surga yaitu roti manna yang tidak dimakan oleh orang-orang dunia. Roti manna adalah gambaran dari firman Tuhan yang menjadi makanan. Namun yang terjadi adalah suatu ketika orang Israel menolaknya. Mereka lebih memilih daging! Mereka menginginkan daging! Itu dapat kita lihat pada ayat dibawah:

    Bilangan 11:4 Orang-orang bajingan yang ada di antara mereka kemasukan nafsu rakus; dan orang Israel pun menangislah pula serta berkata: “Siapakah yang akan memberi kita makan daging?

    Tuhan murka dan hampir saja memusnahkan mereka namun urung karena doa-doa Musa. Akhirnya Tuhanpun memberikan mereka daging sesuai dengan keinginan mereka, itu dapat kita lihat pada ayat dibawah:

    Bilangan 11:31 Lalu bertiuplah angin yang dari TUHAN asalnya; dibawanyalah burung-burung puyuh dari sebelah laut, dan dihamburkannya ke atas tempat perkemahan dan di sekelilingnya, kira-kira sehari perjalanan jauhnya ke segala penjuru, dan kira-kira dua hasta tingginya dari atas muka bumi.

    Mari kita perhatikan dengan seksama, ayat diatas menyatakan bahwa yang berasal dari Tuhan adalah anginnya, burung-burungnya berasal dari sebelah laut. Itu artinya kedagingan bukan berasal dari Tuhan melainkan berasal dari dunia ini. Orang Israel lebih memilih apa yang berasal dari dunia ini, itulah sebabnya selama 40 tahun di Padang Gurun mereka tidak pernah mencapai tanah perjanjian yaitu Tanah Kanaan karena mereka tidak berusaha mematikan keinginan daging mereka. Padang gurun tidak bisa membuat keinginan daging mereka mati. Satu hal yang perlu kita renungkan, Jika hidup dalam suasana Padang Gurun saja kita tidak bisa mematikan keinginan daging, bagaimana dengan hidup dalam suasana kelimpahan? Bukankah kedagingan malah tumbuh menjadi raksasa-raksasa yang mematikan?

    Oleh sebab itu saudaraku, suasana Padang Gurun ada bukan untuk membinasakan kita, melainkan Padang Gurun adalah tempat yang terbaik untuk mematikan segala keinginan daging. Maka janganlah heran ketika kita benar-benar hidup dalam Tuhan, Tuhan tidak membawa kita langsung menuju Tanah Kanaan, yaitu tanah yang berlimpah susu dan madunya. Tetapi Tuhan membawa kita menuju ke Padang Gurun yang menjadi tempat yang terbaik bagi kita untuk mematikan segala keinginan daging. Perlu kita ingat bahwa penderitaan (suasana padang gurun) adalah bagian dari ibadah. Itu dapat kita lihat pada ayat dibawah:

    Lukas 9:23 Kata-Nya kepada mereka semua: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.

    Menyangkal diri dan memikul salib adalah sama dengan mematikan keinginan daging. Orang yang tidak mau mengalami suasana Padang Gurun sama artinya dengan orang yang tidak mau menjadi pengikut Yesus. Padang Gurun menjadi suatu alat uji apakah kita mengikut Tuhan dengan tulus bukan karena mengejar berkat jasmani atau karena kita ingin di berkati. Doa kami, biarlah kita mengikut Tuhan bukan hanya karena berkat jasmani. Karena ketika kita mengikut Tuhan dengan tulus maka berkat-berkat jasmanipun akan mengikuti.

    Matius 6:33-34 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”

    Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

    renungan-harian.com

  52. Pekerjaan Pelayanan adalah suatu pekerjaan yang mulia karena melalui pelayanan, Tuhan memakai orang-orang-Nya untuk menjadi berkat bagi jiwa-jiwa yang haus dan lapar akan Tuhan, terlebih lagi menjadi berkat bagi jiwa-jiwa yang belum mengenal Tuhan. Melalui pelayanan banyak jiwa-jiwa yang dimenangkan bagi Tuhan dan hal itu tentunya menjadi kekalahan dalam rencana Iblis. Oleh sebab itu Iblis tidak tinggal diam, ia akan berusaha keras untuk menjatuhkan setiap pelayan Tuhan sehingga rencana penyelamatan gagal berantakan. Bahkan Iblis berusaha memakai pelayan Tuhan untuk menjadi batu sandungan bagi jiwa lainnya agar pekerjaan Tuhan benar-benar berantakan. Pelayanan yang pada mulanya bertujuan menjadi berkat menjadi sebaliknya membawa jiwa-jiwa ketangan Iblis karena tersandung oleh pelayan yang di pakai Iblis tersebut. Oleh sebab itu bagi setiap pelayan Tuhan, mari kita berhati-hati jangan sampai kita di pakai oleh Iblis untuk mewujutkan rencananya membawa kehancuran bagi gereja Tuhan dimana sebelum terjun kedalam pelayanan, mari persiapkan diri secara matang khususnya kerohanian kita.

    Saudaraku, Yesus sebelum memulai pelayanan-Nya, ia mempersiapkan diri dengan matang. Sebelum terjun ke ladang Tuhan Ia terlebih dahulu dibabtis. Itu dapat kita lihat pada ayat dibawah:

    Markus 1:9-10 Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes. Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya.

    Babtis adalah lambang dan tanda serta komitmen jikalau seseorang itu bertobat. Itu kita lihat pada ayat dibawah:

    Matius 3:11a Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, ….

    Jadi, setiap orang yang bertobat dan hidup baru, harus dibabtis. Namun satu hal yang kita jangan lupa yaitu, Yesus dibabtis bukan karena Ia berdosa tetapi Yesus ingin memberi teladan bahwa ketika kita masuk dalam kehidupan baru dan melayani Tuhan maka kita harus dibabtis.

    Melalui proses babtisan-Nya, Yesus memberi teladan bagi kita bahwa sebelum kita melayani Tuhan maka kita harus bertobat terlebih dahulu. Kita harus meninggalkan dan menguburkan segala dosa-dosa manusia lama kita dan hidup dalam manusia baru dan dalam persekutuan dengan Tuhan. Jangan kita melayani ketika hidup dalam lumpur dosa karena kita nantinya bukan di pakai oleh Tuhan melainkan di pakai oleh Iblis yaitu menjadi batu sandungan bagi umat Tuhan lainnya.

    Saya pernah mengalami ini, dahulu saya sangat jarang ke gereja bahkan dalam satu tahun bisa dihitung dengan jari. Mengapa demikian? Itu karena saya tersandung oleh seorang pengerja gereja yang menurut saya tidak lebih baik dari saya. Hari minggu dia bertugas memimpin pujian bahkan sekali-kali berkotbah namun hari-hari biasa ia bergabung dengan orang-orang dunia duduk-duduk di warung sambil minum-minuman keras. Bukan hanya saya saja yang merasakan demikian, jemaat lain juga merasakan hal yang sama. Akibatnya tidak ada pertumbuhan rohani pada jemaat, yang bertumbuh adalah sungut-sungut dan penghakiman.

    Oleh sebab itu agar kita tidak menjadi batu sandungan maka sebelum melayani kita harus terlebih dahulu membereskan diri kita. Apakah kita sudah bersih atau masih ada dosa yang mencemari kita? Jikalau masih ada maka mari bersihkan diri terlebih dahulu.

    Saudaraku, ketika Yesus selesai dibabtis Roh Kudus yang berupa burung merpati turun dan hinggap diatas-Nya. Itu dapat kita lihat pada ayat dibawah:

    Matius 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,

    Ini artinya, ketika kita bertobat dan hidup dalam manusia baru maka Roh Kudus berdiam didalam hati kita. Mengapa demikian? Karena ketika kita masih hidup dalam gelimang noda dosa, Roh Kudus tidak mau tinggal dalam hidup kita. Roh Kudus di gambarkan seperti burung merpati. Burung merpati adalah sejenis burung yang lembut dan sangat peka. Merpati tidak akan mau tinggal dalam tempat yang tidak nyaman baginya. Roh Kudus juga demikian, Ia tidak akan tinggal pada tempat yang membuat-Nya tidak nyaman dan penuh dengan kotoran.

    Nah, ketika kita dipenuhi oleh Roh Kudus, maka kita akan mempunyai kekuatan untuk melayani dan mempunyai kekuatan untuk melawan daya tarik dunia ini yang hari demi hari semakin kuat menarik anak-anak Tuhan untuk hidup di dalamnya.

    Saudaraku, kita tidak bisa melayani dengan kekuatan sendiri. Jika kita mencoba tetap bertahan dan melayani dengan kekuatan sendiri maka kita tidak akan pernah mambawa berkat tetapi kita akan membawa kutuk dalam pelayanan kita. Itu kita temukan pada ayat dibawah:

    Yeremia 17:5 Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!

    Orang yang melayani namun belum meninggalkan manusia lamanya adalah orang yang melayani dengan kekuatannya sendiri. Dan jika hal ini terus dipertahankan maka pelayanannya tidak akan membawa berkat bagi gereja Tuhan melainkan membawa kutuk. Karena pelayanannya bukan di pimpin oleh Roh Kudus melainkan di pimpin oleh roh kesombongan, roh perpecahan, roh perzinahan dan roh-roh lainnya yang membawa kekacauan bagi umat Tuhan.

    Saudaraku, hal ini pernah terjadi pada umat Israel di bawah kepemimpinan Musa. Korah membujuk Datan dan Abiran serta para pemimpin suku untuk memberontak terhadap Musa. Hal itu kita temukan pada ayat dibawah:

    Bilangan 16:1-3 Korah bin Yizhar bin Kehat bin Lewi, beserta Datan dan Abiram, anak-anak Eliab, dan On bin Pelet, ketiganya orang Ruben, mengajak orang-orang untuk memberontak melawan Musa, beserta dua ratus lima puluh orang Israel, pemimpin-pemimpin umat itu, yaitu orang-orang yang dipilih oleh rapat, semuanya orang-orang yang kenamaan. Maka mereka berkumpul mengerumuni Musa dan Harun, serta berkata kepada keduanya: “Sekarang cukuplah itu! Segenap umat itu adalah orang-orang kudus, dan TUHAN ada di tengah-tengah mereka. Mengapakah kamu meninggi-ninggikan diri di atas jemaah TUHAN?”

    Pada Bilangan 16: 1 kita melihat bahwa Korah adalah berasal dari suku lewi yaitu suku yang di khususkan melayani Tuhan. Artinya, Korah adalah seorang pelayan dalam rumah Tuhan. Namun dalam pelayanannya, Korah bukan dipimpin oleh Roh Kudus melainkan di pimpin oleh roh kesombongan yang merasa diri sama sucinya bahkan mungkin merasa lebih suci dari Musa. Korah dengan roh kesombongannya berhasil membujuk kira-kira 250 orang untuk ikut dalam pemberontakannya yang pada akhirnya tidak membawa berkat melainkan membawa kutuk bagi mereka karena mereka semua binasa dalam perut bumi yang mengubur mereka hidup-hidup.

    Saudaraku, roh kesombongan membuat kita tidak bisa menerima kelebihan orang lain, dan roh kesombongan membuat kita merasa diri lebih suci dan lebih baik dari orang lain. Oleh sebab itu, mari kita berhati-hati dalam melayani, sebelum melayani mari kita pastikan bahwa kita telah meninggalkan segala manusia lama dan hidup dipimpin oleh Roh Kudus agar pelayanan kita menjadi berkat bagi gereja Tuhan, bukan seperti Korah yang membawa kutuk dimana akhirnya dia dan orang-orang yang terpengaruh oleh ajakan pemberontakannya mengalami kebinasaan dengan cara yang mengenaskan yaitu terkubur hidup-hidup dalam perut bumi. Tuhan Yesus memberkati. Amin

    Renungan-kristen.com

  53. wah menakutkan apa yg akan terjadi ya ????????? kita harus bertobat

  54. ya saya kira andi benar dan bukanya ada banyak sekarang Antikris dan di gereja saya dijelaskan kalu ada 1,2,3 Antikris yg akan bangkit dan di bilang kalau akan ada siksaan yg berat yg akan menanti mereka yg masuk jaman itu

  55. Oleh: Jerry Sayuti

    Bukti kalau pd masa antikris orang Kristen masih ada di bumi: Wah.13:10; Wah.18:4; Luk.21:12-13, 27-28, 34-36. Antikris = anti orang Kristen, kalau pd saat antikris muncul orang Kristen sdh diangkat berarti antikrisnya tdk ada kerjaan dong/nganggur.

    menurutku bukan begitu tapi banyak juga orang yg suam suam kuku yg kristen habya KTP itu yg menurut saya akan di serang Antikris

  56. KAULAH KUATKU
    Franky Sihombing

    MESKIPUN MUSUH DI DEPANKU
    RINTANGAN MENGHADANG LANGKAHKU
    KU TAHU SUNGGUH, ENGKAU BERSAMAKU

    BERIBU REBAH DI KIRIKU
    BERLAKSA DI SISI KANANKU
    KU TAHU JANJI-MU, ENGKAU BERSAMAKU

    TAK ‘KAN PERNAH GOYAH KEYAKINANKU
    PADA DIRI-MU, YESUS TUHANKU
    TIADA YANG SEPERTI DIRI-MU

    REFF:
    KAULAH KUATKU, KEBANGGAANKU
    GUNUNG BATU DAN KESELAMATANKU
    KUAT TANGAN-MU, PERLINDUNGANKU
    KAULAH ALLAH SUMBER KEMENANGANKU

  57. “Sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci, dan tak bercacat menjelang hari Kristus, penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.” (Filipi 1:10-11)

    Tuhan Yesus segera datang. Dia sangat ingin segera menjemput dan mengangkat kita ke dalam kemuliaanNya. Waktu yang sedang kita jalani hari-hari ini adalah masa menjelang HARI KRISTUS.

    Kita harus berjaga-jaga dan harus mengerti tanda-tandanya. Bahwa kita telah siap menjelang kedatanganNya itu yang seperti apa? Ketika Tuhan Yesus datang kembali, maka yang Dia ingin temukan adalah kita didapati dalam keadaan suci, tidak bercacat dan berbuah kebenaran. Firman Tuhan katakan dalam Filipi 1:10-11 “… supaya kamu suci, dan tak bercacat menjelang hari Kristus, penuh dengan buah kebenaran …”

    TUHAN YESUS YANG MENGERJAKAN

    Dan semua itu terjadi karena Tuhan Yesus yang mengerjakan di dalam diri kita. Kita tidak akan mampu hidup suci dengan kekuatan kita sendiri. Kita tidak dapat menghasilkan buah kebenaran dari kemampuan manusiawi kita. Hanya oleh karena Tuhan Yesus yang mengerjakan di dalam kita, barulah kita mampu mengerjakannya. Itulah artinya ‘oleh karena anugerahNya’. Yesus yang terlebih dahulu mengerjakan di dalam kita, barulah kemudian kita mengerjakannya keluar. Yesus yang terlebih dahulu bekerja di dalam manusia batiniah kita, kemudian kita bertindak dalam ketaatan. Dan semua itu kita akan alami karena pekerjaan Roh Kudus yang diam di dalam hati kita.

    Karena itu kita harus mengandalkan Roh Kudus untuk dapat melakukan kehendak Tuhan dengan benar. Kita harus mengenal Roh Kudus secara pribadi, bergaul lebih dalam dan mengandalkan kekuatanNya. Ketika Roh Kudus bekerja, maka hasilnya adalah; menjelang kedatangan Tuhan Yesus kita akan menjadi seperti yang Dia inginkan.

    OLEH KUASA ROH KUDUS

    Kita sedang berada di minggu-minggu pasca pencurahan Roh Kudus. Pada tangal 23 Mei 2010 yang lalu Gereja Merayakan Hari Pencurahan Roh Kudus, yaitu Hari Raya Pentakosta. Apa yang terjadi 2.000 tahun yang lalu di loteng atas Yerusalem, baru saja kita peringati.

    Karena mengalami pencurahan Roh Kudus, maka hidup para murid di Yerusalem diubahkan secara nyata. Rasul Petrus yang tadinya penakut dan menyangkal Tuhan Yesus, tiba-tiba berubah menjadi orang yang sangat berani. Dia tidak takut mati buat Tuhan Yesus, dan dia memiliki belas kasihan yang Illahi di hatinya bagi orang yang membutuhkan pertolongan Tuhan. Mereka berubah dari orang-orang yang bersembunyi menjadi saksi Kristus yang sangat nyata. Ini semua terjadi karena kuasa Roh Kudus yang bekerja di dalam mereka.

    Ketika Tuhan berbicara tentang Roh Kudus, Tuhan berkata, lebih baik Yesus kembali kepada Bapa di sorga, supaya Roh Kudus itu datang ke dalam hidup kita (Yohanes 16:7). Selanjutnya Tuhan katakan: “Tetapi kamu akan menerima kuasa kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu …” (Kisah Rasul 1:8)

    Roh Kudus telah dikaruniakan dan tinggal di dalam kita. Kuasa Roh Kudus ada di dalam kita, sehingga kita menerima kuasa (kekuatan dan kemampuan) untuk bisa menjadi saksi Kristus. Sejak mengalami dipenuhi Roh Kudus, kuasa dan karunia Roh Kudus itu nyata di dalam hidup kita. Kesaksian pribadi yang saya alami adalah : saat pertama kali saya dipenuhi Roh Kudus, saya mengalami sukacita yang begitu melimpah dan sangat kuat mengalir. Sukacita yang seperti itu belum pernah saya alami. Itu berlangsung cukup lama. Penuh kegairahan untuk berdoa dan memuji Tuhan. Baik dengan nyanyian akal budi, maupun bermazmur dalam Roh. Hadirat Tuhan begitu riil. Penyertaan Tuhan begitu nyata dirasakan. Pengalaman berjalan bersama dengan Kristus yang begitu nyata membuat kita dapat menceritakan dan bersaksi tentang apa yang Tuhan Yesus telah buat dalam hidup kita melalui karya Roh Kudus.

    GAYA HIDUP YANG MENJADI KESAKSIAN

    Perubahan di dalam gaya hidup juga terjadi akibat mengalami dipenuhi Roh Kudus. Salah satu wujud ‘menjadi saksi Kristus’ adalah gaya hidup kita. Hidup yang menghasilkan kebaikan sebagai buah Roh Kudus di dalam kita akan memuliakan Tuhan. Ini adalah kesaksian melalui gaya hidup.

    “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Matius 5:16).

    “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat.” (Filipi 4:4-5).

    Gaya hidup yang didukung kuasa Roh Kudus akan dilihat oleh orang lain, dan membuat orang menaruh hormat dan mengaku, bahwa ada hidup Yesus yang nampak nyata di dalam kita. Hidup kita menjadi berbeda dari orang lain, tidak serupa dengan orang dunia. Ada sifat Kristus yang Illahi tercermin dari hidup kita. Ada kebaikan Tuhan Yesus yang mengalir keluar dari hidup kita. Mereka merasakan buah kebaikan dari hati yang murni. Gaya hidup kita menghadirkan inspirasi bagi orang lain, dan membuat orang lain teringat akan Yesus. Ketika orang bertemu dengan kita, yang terbayang adalah, ada Tuhan Yesus yang mengendalikan dan mengatur perilaku kita. Tuhan menghendaki kita membangun gaya hidup yang seperti itu.

    Ketika orang-orang di kantor kita menanyakan adakah hari ini masih ada orang yang mau berdiri tegak di atas kebenaran, lalu dengan mudah mereka akan mengenali, ya ada! Hidup kita dikenali dengan jelas. Kita tegak di atas kebenaran dalam segala situasi. Ada garis batas yang tegas diantara kebenaran dan ‘kompromi dengan dunia’. Sementara korupsi telah merasuki budaya dan moral bangsa kita ini, orang mengenali kita sebagai orang yang telah merdeka dari ‘cinta uang’. Kita benar-benar berbeda dengan dunia. Tidak ada lagi tersisa akar cinta uang dalam bentuk apapun. Ketika dibutuhkan orang yang setia dan dapat dipercaya dalam keuangan, mereka tidak susah menemukan dan menentukan siapa orang tersebut.

    SIKAP HATI YANG MEMBERI RESPONS

    Apa yang Roh Kudus kerjakan akan menjadi nyata di dalam hidup kita ketika kita memberi respon yang benar. Bagaimanakah seharusnya sikap kita supaya mengalami karya Roh Kudus di dalam kita?

    Segala yang firman katakan dan janjikan harus ditanggapi dengan iman. Hati yang terbuka dan rela adalah awal yang menentukan untuk iman bekerja di hati kita. Roh Kudus yang akan mengajarkan kebenaran dan yang membawa kita ke dalam kebenaran ketika kita terbuka dan rela.

    “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; …” (Yohanes 16:13).

    “Tetapi Penghibur yaitu Roh Kudus, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan yang akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” (Yohanes 14:26).

    Roh Kudus adalah Roh Kebenaran. Jadi Dia yang menghadirkan kebenaran di hati kita. Kita yang tadinya tidak mengerti kebenaran Tuhan, disadarkan olehNya. Kita lebih mudah menyadari bila ada yang salah, lalu kita jadi lebih peka untuk mengerti kebenaran Tuhan. Orang yang mengerti apa yang salah karena mengenal kebenaran akan mudah bertobat ketika hatinya terbuka dan rela dikoreksi. Akibatnya dia dapat hidup dalam kebenaran.

    Tuhan menghendaki kebenaran dalam batin. Bukan hanya kebenaran dan kesalehan yang terlihat di luar. Hati yang remuk dan patah adalah hati yang bisa dibentuk ulang oleh Tuhan menjadi hati yang benar dan berkenan kepadaNya.

    “Sesungguhnya Engkau berkenan akan kebenaran dalam batin …

    Sebab Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan; …

    Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak Kaupandang hina ya Allah.”

    (Mazmur 51:8, 18-19).

    Hati yang mau terbuka dan rela dikoreksi Roh Kudus adalah hati yang akan menangkap kebenaran Allah. Hati yang seperti inilah yang akan dituntun Roh Kudus untuk masuk ke dalam kebenaran. Ketika hati kita remuk dengan jiwa yang hancur dalam pertobatan, maka tidak akan ada sisa pembenaran diri kita lagi. Yang tersisa adalah ketulusan yang murni. Maka kita pasti bisa dibentuk ulang untuk memiliki hati yang serupa dengan hati Yesus. Hasilnya adalah kita berbuah dalam kebenaran seperti yang Tuhan inginkan. Hidup kita menjadi suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus.

    Renungan GBI modernland

  58. Wahyu 3:11, “Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu.”
    Sejak saat itu setiap kali memberitakan Firman Tuhan saya selalu disuruh oleh Tuhan memperkatakan tentang “Aku datang segera!”

    I. YESUS SEGERA DATANG

    Apa yang kita lihat hari-hari ini, menjelaskan bahwa kedatangan-Nya sudah semakin dekat. Yang terakhir adalah berita di internet tentang seorang yang bernama Ricardo Cid yang dibawa naik ke sorga selama 8 jam. Dan yang kita tangkap dari kisah itu merupakan pesan bagi kita, yaitu:

    1. Waktunya Sudah Sangat Singkat
    Ketika Ricardo bertemu dengan Tuhan; ia bertanya, “Tuhan, kedatangan Tuhan selalu dihubungkan dengan jam 12 malam, kalau boleh tahu, Tuhan … tinggal berapa menit lagi untuk jam 12 malam?” Pada waktu itu Tuhan hanya mendekatkan jari telunjuk dengan ibu jari-Nya dan berkata, “Waktunya tinggal sedikit. Jadi waktu yang sisa ini sebenarnya adalah waktu kemurahan Bapa. Hendaklah kamu hidup kudus. Kuduslah kamu sebab Aku kudus, tanpa kekudusan tidak seorang pun yang melihat Tuhan.”
    Apakah Saudara mau bertemu muka dengan muka dengan Tuhan? Hiduplah kudus! Itulah pesan Tuhan hari-hari ini.

    2. Setialah Mengembalikan Milik Tuhan
    Pada waktu itu Tuhan juga memperingatkan kepada pencuri-pencuri persepuluhan dan persembahan khusus yang seharusnya adalah milik-Nya Tuhan. DIA berkata, “Katakan kepada mereka, jangan jadi pencuri!”

    3. Banyak Hamba Tuhan dan Anak Tuhan yang Tertinggal
    Pada waktu itu Tuhan memperlihatkan kepada Ricardo tentang adanya pemimpin paduan suara dan pendeta-pendeta yang sedang kebingungan karena ‘kehilangan’ dan mencari-cari jemaat nya, dan akhirnya menyadari bahwa ‘rapture’ sudah terjadi.
    Selanjutnya para pendeta itu didatangi oleh jemaatnya; dimarahi, dipukul dan dijambak rambutnya oleh jemaat yang tertinggal tersebut. Mereka berteriak-teriak seperti kesetanan dan mereka berkata, “Gara-gara kamu tidak pernah memberitakan tentang kedatangan Tuhan, kami ketinggalan!….kami ketinggalan!”
    Saya berkata kepada Tuhan, “Tuhan, saya tidak akan diperlakukan seperti itu karena saya memberitakan kedatangan-Mu terus.”

    Kalau kita mendengar tentang “Aku datang segera!”, jangan berspekulasi tentang hari dan jamnya, sebab bukan itu yang dimaksudkan Tuhan. Tetapi yang paling penting bagaimana kita mempersiapkan diri kita. Amin!

    Belum lama ini ada satu berita di Internet tentang kelahiran seorang bayi perempuan di Itaguai – Rio De Janeiro yang posisi tangannya melekat seperti seorang yang sedang berdoa. Ketika dokter mengoperasi dan tangannya dapat dibuka, semua orang terkejut karena di telapak tangan bayi tersebut ada tulisan dalam bahasa Portugis: “Jesus Esta Voltando!”, yang artinya “Jesus is coming back!” Para dokter dan juru rawat yang melihat hal itu menangis dan terjadilah kebangunan rohani yang luar biasa di Itaguai.

    Saudara yang dikasihi Tuhan, hal-hal seperti itulah yang sedang muncul di mana-mana, tetapi yang saya mau sampaikan kepada Saudara adalah; kisah Ricardo Cid sebenarnya kapan terjadinya? Ternyata itu terjadi pada 14 tahun yang lalu dan kisah tentang anak perempuan yang lahir di Itaguai itu terjadi pada tahun 2007. Waktu kedua hal ini terjadi, itu tidak pernah di-expose. Tetapi hari-hari ini, tiba-tiba semuanya muncul sebagai suatu kekuatan dan suatu peringatan yang luar biasa kepada dunia.
    Memang kalau kita berbicara tentang kedatangan Tuhan Yesus, itu sudah tertulis di Alkitab sejak 2.000 tahun yang lalu, namun peristiwa-peristiwa seperti itu sekarang mulai bermunculan dan saya tahu bahwa itu cara-Nya Tuhan untuk memberitakan kepada umat-Nya dan kepada dunia bahwa “Aku datang segera! Percayakah engkau akan hal ini? Percayakah engkau akan hal ini?” Amin!

    II. PENCURAHAN ROH KUDUS DI AKHIR JAMAN

    Pada bulan Mei 2009 setelah peringatan hari Pentakosta atau hari pencurahan Roh Kudus, Tuhan memberikan pesan yang sangat kuat dan saya akan mengulanginya lagi hari ini; “Aku akan mencurahkan Roh-Ku dan akan ada tiga tanda pada waktu Roh Kudus dicurahkan seperti yang tertulis dalam Yoel 2:28–32”.

    1. Semua Orang Percaya akan Dipakai Tuhan
    Yoel 2:28–29 berkata, “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.”
    Bukahkah hal itu sedang terjadi hari-hari ini? Mulai dari anak-anak kecil, teruna, pemuda, orang tua, kakek-nenek, semua dipakai Tuhan. Amin!
    Tuhan berpesan, “Biarlah roh, jiwa dan tubuhmu sehat!” – supaya dipakai Tuhan hari-hari ini!.

    2. Akan Terjadi Mujizat-mujizat yang Menakutkan
    Yoel 2:30–31 berkata, “Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu.”
    Itu adalah goncangan-goncangan, baik dari alam, ekonomi dan apa saja. Bukahkah sejak tahun 2009 sampai dengan hari ini kita sudah melihat hal-hal yang seperti itu sedang terjadi?
    Ibu Cindy Jacob mendapatkan sesuatu yang juga saya amin-kan, yaitu daerah-daerah yang akan dilawat oleh Roh Kudus selalu diberi tanda-tanda atau goncangan-goncangan. Setelah itu akan terjadi kegerakan yang luar biasa seperti apa yang terjadi pada tanda yang ketiga. Jadi melalui tanda yang pertama dan kedua, maka tanda yang ketiga adalah:

    3. Akan Terjadi Pertobatan yang Luar Biasa
    Yoel 2:32 berkata, “Dan barangsiapa yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan …” Haleluya!

    Tahun 2010, setelah hari Pentakosta, Tuhan Yesus memberikan satu pesan yang saya katakan bukan hanya sangat kuat, tetapi sangat … sangat … sangat kuat!
    Tuhan Yesus berkata, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

    Dan pesan itu bukan hanya untuk murid-murid-Nya pada waktu itu, tetapi juga kepada Saudara dan saya. Roh Kudus sedang dicurahkan hari-hari ini! Dia akan memenuhi Saudara dan saya! Dia akan memberikan kuasa supaya kita menjadi saksi Yesus!
    Cindy Jacob juga berkata bahwa setelah hari ini Tuhan berkata kepadanya, “Akan terjadi peristiwa seperti gereja mula-mula, yaitu Pentakosta baru!”

    Saya baru kembali dari Amerika, Canada dan Hong Kong. Di Hong Kong ada Chinese Convocation di mana salah satu pembicaranya adalah Ibu Yonggi Cho, istri dari Ps. Yonggi Cho. Saya dipertemukan dengan Ibu Yonggi Cho dan kami saling berbincang-bincang. Dan kami bertanya kepada mereka, “Apa yang Anda dapatkan untuk tahun-tahun ke depan?” Ternyata jawabannya membuat ‘surprise’ kita karena mereka berkata, “Kita mendapatkan bahwa akan terjadi pencurahan Roh Kudus seperti yang terjadi pada gereja mula-mula! Akan ada kelaparan dan kehausan rohani!” Haleluya!

    III. DAMPAK PENCURAHAN ROH KUDUS

    Kepada saya, Tuhan berkata, “Kamu akan melihat 3 tanda seperti yang terjadi pada gereja mula-mula!” Dan 3 tanda seperti yang terjadi pada gereja mula-mula adalah :

    1. Khotbah Singkat Petrus Membuat 3.000 Jiwa Bertobat
    Dalam Kisah Para Rasul Pasal 2, Petrus berkhotbah kurang dari 5 menit, lalu 3.000 orang yang bertobat. Itu terjadi pada 2.000 tahun yang lalu, dan Tuhan berkata, “Kamu akan melihat, dengan khotbah tidak panjang-panjang, akan ada jutaan orang yang bertobat!” Amin!
    Hari-hari ini akan terjadi sesuatu yang luar biasa dan kita juga diberi kesempatan oleh Tuhan melalui pelayanan di televisi, yaitu di ANTV setiap Sabtu jam 11 siang. Saya mendengar berita bahwa banyak orang yang dijamah oleh Tuhan dan banyak yang bertobat! Saya percaya itu akan terjadi lebih dahsyat lagi!

    2. Terjadinya “Signs & Wonders” (Tanda-Tanda dan Mujizat)
    2.000 tahun yang lalu Rasul-Rasul dipakai oleh Tuhan dengan luar biasa untuk menyatakan kuasa Tuhan. Gereja kita juga dipakai oleh Tuhan sejak 4 tahun yang lalu dalam “signs & wonders” , terutama dalam pelayanan ‘healing’.
    Saya sudah 142 kali melayani KKR di tempat-tempat yang Tuhan tetapkan dan besok lusa saya mulai bekeliling lagi ke Jawa Tengah, Lampung dan ke tempat-tempat lainnya. Dan saya sudah melihat dengan mata sendiri ribuan orang sakit yang disembuhkan seketika oleh Tuhan. Yang buta melihat, yang lumpuh berjalan, yang tuli mendengar, kanker dan tumor hilang seketika dan apa yang tidak bisa disembuhkan oleh ilmu kedokteran; Tuhan Yesus bisa sembuhkan! Haleluya!
    Tetapi apa yang Tuhan katakan kepada saya? Tuhan berkata, “Kamu baru melihat permulaannya saja!” Saya sangat kaget dan berkata, “Itu baru permulaannya?” dan Tuhan menjawab, “Ya, kamu hanya melihat permulaannya saja, tetapi sebentar lagi kamu akan melihat yang lebih dahsyat dan bukan kamu serta beberapa gelintir orang yang akan dipakai, tetapi nanti jemaatmu dan anak-anakmu juga akan dipakai!” dan itu artinya Saudara semua yang akan dipakai Tuhan secara luar biasa! Haleluya!!!

    3. Tuhan memberikan “Roh Memberi”
    Saya sangat suka dengan firman Tuhan dalam Kis 4:34, “… Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; …”
    Pada waktu itu orang yang berkelebihan menjual tanah atau rumahnya lalu menyerahkan hasilnya di bawah kaki Rasul-Rasul untuk dibagi-bagikan kepada mereka yang berkekurangan. Firman Tuhan berkata, “Berilah, maka kamu akan diberi …”
    Tuhan Yesus akan membalas dengan berkelimpahan setiap pemberian yang dilakukan dengan motivasi yang benar; jadi jangan menjadi “Ananias dan Safira”! Mereka kelihatannya seolah-olah memberi, padahal mereka sedang menipu Roh Kudus. Biarlah dengan tulus kita memberi kepada Tuhan dan Saudara akan melihat penggenapan janji Tuhan tersebut. Hari-hari ini pengurapan belas kasihan Tuhan Yesus sedang turun. Banyak anak-anak Tuhan hari-hari ini yang tidak tahan kalau tidak memberi kepada orang miskin. Dan itulah “roh memberi” yang dari Tuhan!
    Dunia akan melihat bahwa anak-anak Tuhan begitu luar biasa dan Saudara jangan takut, sebab Saudara tidak akan kekurangan suatu apa pun, sebab setiap orang yang memberi berlimpah-limpah justru akan diberi berlimpah-limpah-limpah!

    IV. MENJADI SAKSI KRISTUS

    Saudara, 3 hal yang saya sampaikan tadi, Tuhan katakan akan terjadi secara luar biasa, tetapi yang Tuhan mau buat Saudara dan saya adalah menjadi saksi Yesus.

  59. Matius 16:24 “Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.”

    Bacaan Kitab Setahun: Mazmur 34; Kisah Para Rasul 6; Keluaran 17-18

    Pada awal abad 20, hiduplah seorang pria dari keluarga kaya raya se-antero Amerika Serikat yang bernama Bill Borden. Karena rasa cintanya yang besar kepada Tuhan Yesus, ia tinggalkan semua kekayaannya dan mengambil keputusan untuk menjadi misionaris ke Cina. Namun, itu tinggallah mimpi karena di Mesir, nyawanya sudah tidak ada akibat demam tinggi. Sebelum kematiannya ia menulis, “Tidak ada yang tersembunyi, tidak ada kata mundur, tidak ada penyesalan!”

    Pemuridan selalu mahal. Mungkin itu tidak menuntut nyawa kita, tetapi itu akan menuntut diri kita. Itu akan menuntut rencana-rencana, kehendak, dan keinginan pribadi kita. Standar Yesus belum berubah sampai sekarang, “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku” (Matius 16:24). Kita tidak lagi berhak mengendalikan kehidupan kita sendiri, tetapi harus menyerahkannya kepada Kristus sebagai Tuhan.

    Seseorang pernah berkata, “Keselamatan memang gratis, tetapi tidak murah.” Itu menuntut nyawa Kristus, demikian juga itu akan menuntut kita. Namun, adakah sesuatu yang lebih besar dari keselamatan? Adakah yang lebih memuaskan dari hal itu?

    Ikutilah Kristus, dan di akhir kehidupan Anda akan mampu berkata, “Tidak ada penyesalan!”

    Memelihara iman kepada Kristus sampai mati adalah tanda penghargaan Anda terhadap keselamatan yang telah Dia berikan di dalam hidup Anda.

  60. Oleh: Dr. R.L. Hymers, Jr., Th.D., Litt.D.
    Diterjemahkan oleh: Dr. Eddy Peter Purwanto, Ph.D.

    “Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulutKu. Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,” (Wahyu 3:16-17)

    Sejumlah gereja akan berpikir hari pengangkatan belum tiba. Banyak hamba Tuhan akan terus berkhotbah – beberapa dari mereka masih bisa khotbah di televisi. Pertama, mereka akan berpikir bahwa hari pengangkatan belum terjadi. Kemudian Antikristus akan menyatakan dirinya. “Dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa.” (II Tesalonika 2:3). Pada saat itulah banyak anggota gereja sadar bahwa mereka telah ditinggalkan. Pada saat itu akan terjadi kebangunan rohani dan pertobatan.

    Ya, semua gereja ini akan ditinggalkan pada hari pengangkatan. Dalam Bab I kita telah membahas tentang “gereja” palsu yang akan ditinggalkan untuk masuk ke dalam kesusahan besar.

    Identitas “Gereja” yang akan Ditinggalkan

    II Timotius 3:1-13 memberikan deskripsi yang jelas tentang “gereja” palsu dalam Alkitab di akhir zaman:

    “Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu terima kasih tidak memperdulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat menengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berfikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah, mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu! Sebab diantara mereka terdapat orang-orang menyelundup ke rumah orang lain dan menjerat perempuan-perempuan lemah yang sarat dengan dosa dan dikuasai oleh berbagai-bagai nafsu, yang walaupun selalu ingin diajar, namun tidak dapat mengenal kebenaran. Sama seperti Yenes dan Yambres menentang Musa demikian juga mereka menentang kebenaran. Akal mereka bobrok dan iman mereka tidak tahan uji. Tetapi sudah pasti mereka tidak akan lebih maju, karena seperti Yanes dan Yanbres kebodohan mereka akan nyata bagi semua orang. Tetapi engkau telah mengikuti ajaranku, cara hidupku, pendirianku, imanku, kesabaranku, kasihku dan ketekunanku. Engkau telah ikut menderita penganiayaan dan sengsara seperti yang telah kuderita di Antiokhia dan di Ikonium dan di Listra. Semua penganiayaan itu kuderita dan Tuhan telah melepaskan aku dari padanya. Memang setiap orang yang mau hidup beribadah didalam Kristus Yesus akan menderita aniaya, sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.” (II Timotius 3:1-13)

    Pertama, “gereja” yang akan ditinggalkan terdii dari orang-orang yang belum sungguh-sungguh mengalami pertobatan. Mereka itu seperti yang dijelaskan dalam II Timotius 3:15:

    “Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!” (II Timotius 3:5).

    Mereka “secara lahiriah menjalankan ibadah, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya.” Galatia 5:19-21 juga memberikan deskripsi tentang orang-orang seperti ini:

    “Perbuatan daging telah nyata, yaitu: pencabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pestaj pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu – seperti yang telah kubuat dahulu – bahwa barangsiapa melakukan hal-hal demikian ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.” (Galatia 5:19-21)

    Jika ayat-ayat ini menjelaskan kepada anda yang mengindikasikan bahwa anda akan ditinggalkan pada hari pengangkatan, anda “tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.”

    II Korintus 5:17 mengatakan:

    “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”
    (II Korintus 5:17).

    Ketika orang sungguh-sungguh bertobat, ia menjadi ciptaan baru. Orang yang telah bertobat mengasihi bukan hal-hal yang ia lakukan sebagai manusia lama, dan membenci hal-hal itu.

    Orang yang tidak mengasihi Tuhan dengan setia menghadiri gereja yang benar dalam setiap kesempatan menunjukkan bahwa ia belum diselamatkan. Orang yang tidak membenci cara hidupnya yang lama bukanlah orang yang sudah diselamatkan. Setelah hari pengangkatan orang-orang yang mengasihin dosa dan hidup di dalamnya tiba-tiba akan menyadari betapa bodohnya mereka itu. Bagaimana dengan anda?

    Kedua, “gereja” yang akan ditinggalkan terdiri dari orang-orang yang membenci kebenaran:

    “Sama seperti Yenes dan Yambres menentang Musa demikian juga mereka menentang kebenaran. Akal mereka bobrok dan iman mereka tidak tahan uji.” (II Timotius 3:8)

    Yanes dan Yambres adalah dua orang penyihir dari Mesir yang melawan Musa di hadapan Firaun di Mesir. Kedua orang ini tidak mau mendengarkan Musa dan mereka menolak Allah. Orang-orang Kristen yang akan ditinggalkan adalah orang-orang seperti mereka, “karena mereka menentang kebenaran.” (II Timotius 3:8).

    Apakah anda “menentang kebenaran” yaitu bahwa anda harus diselamatkan oleh Yesus Kristus? Apakah anda “menentang kebenaran” yaitu bahwa dosa-dosamu harus disucikan oleh Darah Kristus? Apakah anda “mentang kebenaran” bahwa anda harus bertobat dan setia menjadi anggota gereja lokal yang benar? Jika anda “menentang” kebenaran-kebenaran agung Alkitab ini, anda akan lebih sulit lagi untuk diselamatkan dibandingkan dengan kedua penyihir Mesir di istana Firaun di masa lalu. Anda menjadi bagian dari “gereja” palsu yang tidak akan diangkat.

    Ketiga, “gereja” palsu akan semakin sesat saja.

    “Sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.” (II Timotius 3:13)

    Kita sekarang telah melihat apa yang disebut “orang kristen” yang katanya melakukan dan percaya firman Tuhan, namun tidak dapat dinilai sebagai orang Kristen yang sungguh-sungguh dapat melakukan dan percaya kepada firman Tuhan seperti halnya orang-orang di masa ketika saya masih kanak-kanak. Orang Kristen yang lebih dewasa terkejut dan kaget dengan apa yang mereka melihat pada orang-orang yang mengatakan bahwa dirinya sudah diselamatkan hari ini. Dan Alkitab menjelaskan bahwa “orang jahat dan penipu akan bertambah jahat” menjelang hari pengangkatan (II Timotius 3:13). Orang-orang seperti ini mungkin berpikir bahwa mereka telah diselamatkan, tetapi mereka pada kenyataannya merupakan bagian dari “gereja” palsu yang akan ditinggalkan di bumi. Bagaimana dengan anda?

    Keempat, “gereja” yang akan ditinggalkan adalah gereja yang tidak memelihara doktrin yang benar:

    “Beritakanlah firman, siap sediahlah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengum-pulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telingannya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. (II Timotius 4:2-4)

    Orang-orang yang menjadi bagian dari “gereja” palsu tidak ingin mendengar khotbah yang berisi pengajaran yang menyatakan kesalahan, teguran dan nasehat (II Timotius 4:2). Mereka suka mendengar khotbah yang “memuaskan keinginan telinganya” (ayat 3). Mereka lebih suka mendengar khotbah tentang “positive thinking”, psikologi popular atau ide-ide novels – bahkan novel tentang nubuatan Alkitab. Mereka tidak mau mendengar khotbah old-fashioned preaching, seperti khotbah yang saya pernah dengar dari lima puluh tahun yang lalu!

    Bagaimana dengan anda? Jika anda ingin senyuman pengkhotbah dengan khotbah “positif”, yang dapat membuat anda merasa lebih baik, saya berpikir anda merupakan bagian dari “gereja” palsu yang akan ditinggalkan di bumi.

    Kelima, “gereja” yang akan ditinggalkan akan semakin nampak kebodohannya bagi setiap orang:

    “Tetapi sudah pasti mereka tidak akan lebih maju, karena seperti Yanes dan Yanbres kebodohan mereka akan nyata bagi semua orang.” (II Timotius 3:9)

    Menurut Strong’s Concordance, kata “bodoh” di sini berarti “madness” atau “kegilaan”.

    Banyak hal yang disebut sebagai praktek “kekristenan” di “gereja-gereja” mereka, namun sebenarnya mutlak kegilaan! Mereka akan mengatakan kepada anda bahwa inilah yang namanya “saat kebangkitan”, modernisasi, dan kesuksesan. Tetapi pada kenyataannya adalah kegilaan.

    Kristus berkata,

    “Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulutKu.”
    (Wahyu 3:16).

    Ia akan memuntahkan “gereja” palsu dari mulutnya karena “kegilaannya” seperti kesuaman kuku-nya “Kekristenan” di akhir zaman.

    Kebodohan dan kegilaan “gereja” palsu akan dilihat oleh semua orang karena ia akan ditinggalkan pada hari pengangkatan. Bagaimana dengan anda? Akankah kegilaan hidup anda menunjukkan bahwa anda bukanlah orang Kristen sejati pada hari ini?

    Kebangunan Rohani dan Pertobatan di Banyak “Gereja” Palsu yang akan Ditinggalkan pada Hari Pengangkatan

    Perumpamaan tentang Gadis Bijaksana dan Bodoh dicatat dalam Matius 25:1-13. Seperti yang telah saya tunjukkan dalam Bab I, Arno C. Gaebelein, Wilbur M. Smith, James O. Combs, dan para sarjana Alkitab yang lain mengajarkan bahwa perikop ini berhubungan dengan Kekristenan jaman ini. Saya percaya bahwa pendapat mereka ini benar, dan bahwa perumpamaan ini berhubungan dengan hari pengangkatan dan apa yang akan terjadi setelah itu:

    “Akan tetapi, waktu mereka sedang pergi untuk membelinya datanglah mempelai itu dan mereka yang telah siap sedia masuk bersama-sama dengan dia keruang perjamuan kawin, lalu pintu ditutup. Kemudian datang juga gadis-gadis yang lain itu dan berkata: Tuan, tuan, bukakanlah kami pintu! Tetapi ia menjawab: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya aku tidak mengenal kamu.” (Matius 25:10-12)

    Orang-orang yang sungguh-sungguh bertobat “masuk bersama dia (Kristus) ke dalam pesta kawin.” Ini berarti bahwa mereka diangkat untuk berjumpa dengan Tuhan di angkasa (band. I Tesalonika 4:16-17). Setelah hari pengangkatan, “orang Kristen” palsu (gadis-gadis bodoh) berkata kepada Kristus, “Tuhan, Tuhan, bukakanlah kami pintu.” Mereka sadar bahwa mereka telah ditinggalkan. Tetapi Kristus menjawab, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Aku tidak mengenal kamu.”

    Saya percaya sekali dengan penekanan Dr. Wilbur M. Smith dan para sarjana lain, bahwa ini adalah caranya anda akan merasakan ketika anda menyadari bahwa anda tidak diangkat. Ini akan mengejutkan anda, dan beberapa orang dari anda akan mulai mencari Kristus untuk pertama kalinya dalam hidup anda.

    “Apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati,”
    (Yeremia 29:13)

    Ketika anda mencari Kristus dengan segenap hati, anda akan menemukanNya – bahkan paruh waktu bagian pertama periode kesusahan besar.

    Dalam Wahyu 7:4-14 kita membaca kira-kira ada 144,000 orang Yahudi dan “suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat dihitung banyaknya” dari bangsa non Yahudi yang akan bertobat di periode singkat permulaan kesusahan besar. Ini akan menjadi kebangunan rohani ketiga dalam sejarah dan menjadi satu kebangunan terdasyat dari yang pernah terjadi.

    Antara tahun 30 dan 96 M merupakan kebangunan rohani besar pertama yang menyebabkan ratusan ribu manusia diselamatkan. Kebangunan ini mulai hari Pentakosta (Kis. 2:1-47) dan dilanjutkan kira-kira sampai enam puluh lima tahun.

    Kebangunan Rohani kedua dalam sejarah adalah pada zaman Reformasi Protestan. Dimulai dari 95 dalil Luther yang dipakukan di pintu gereja Wittenberg pada tahun 1517, dan berlanjut sampai kematian John Calvin tahun 1564, yang mana reformasi ini adalah kebanguan rohani tersebesar:

    Reformasi adalah kebangunan rohani yang agung dan mendunia yang menyebabkan puluhan ribu jiwa diselamatkan. Kebangunan rohani di mulai di Jerman, Switzerland, Francis, Belanda, dan Inggris Raya; juga yang dapat dipertimbangkan yang lain adalah Spanyol dan Italia. Kebenaran-kebenaran firman Allah yang tersimpan dalam hati mereka begitu mengakar dalam hati mereka, dan bahwa usaha Gereja Roma untuk menganiaya mereka dengan api pembakaran tidak berhasil merobohkan pendirian mereka. Tanpa diragukan Reformasi Protestan di abad ke enam belas adalah kebangunan rohani terbesar yang pernah gereja saksikan sejak zaman para Rasul. (Gilbert Egerton, Flame of God, Ambassador Publications, Belfast, Northern Ireland, 1987, hal. 30).

    Kebangunan rohani ketiga dalam sejarah akan terjadi pada periode kesusahan besar, seperti yang tercatat dalam Wahyu 7:4-14,

    “Maka kataku kepadanya: “Tuanku, tuan mengetahuinya.” Lalu ia berkata kepadaku: “mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuri juba mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.” (Wahyu 7:14)

    Kebangunan rohani abad pertama berlang-sung sekitar enam puluh enam tahun. Kekristenan ini mulai dari kalangan Yahudi yang bertobat yang kemudian menjadi agama dunia. Kebangunan rohani pada zaman Reformasi berlangsung sekitar empat puluh tujuh tahun. Ini disebarkan oleh para petobat Kristen sejati ke seluruh dunia. Kebangunan rohani ketiga dan tersebar dari sepanjang jaman adalah periode kesusahan besar, yang akan membawa ribuan orang Yahudi dan jutaan orang non Yahudi ke dalam Kerajaan Allah.

    Kebangunan rohani pertama berlangsung sekitar enam puluh enam tahun (30 M-96 M). Kebangunan rohani kedua berlangsung sekitar empat puluh tujuh tahun (1517 AD – 1564 AD). Kebangunan rohani ketiga akan terjadi paruh waktu pertama dari tujuh tahun kesusahan besar. Ini adalah jangka waktu terpendek jika dibandingkan dengan dua kebangunan rohani sebelumnya, yang mungkin disebabkan oleh teknologi media masa dan komunikasi moderen dunia.

    Tetapi sebelum anda terpesona dan senang, ingat setiap kebangunan rohani diikuti degan penganiayaan yan dahsyat. Pada abad pertama penganiayaan oleh Kaisar Nero baik terhadap Rasul Petrus dan Paulus serta ribuan orang Kristen lainnya – pokoknya karena mereka adalah orang Kristen. Di akhir kebangunan rohani ini Sang Penakluk Kaisar Domitian sekali lagi menganiaya dan membunuhi orang-orang Kristen. Sejarahwan Earle E. Cairns menulis:

    Nero telah menjadi penganiaya pertama Gereja Kristen. Tacitus mencatat rumor bahwa Nero memberi perintah untuk membakar dan menghancurkan sebagian kota Roma. Rumor ini kemudian menyebar dan Nero menjadikan orang Kristen sebagai kambing hitamnya. Ia mengalihkan perhatian bahwa Kekristenan menentang dirinya dengan menuduhnya melakukan pembakaran dan penghancuran dengan sengaja. Petrus dan Paulus mati pada periode ini.

    Penganiayaan pecah lagi pada tahun 95 AD, yaitu sepanjang pemerintahan Domitianus. Orang Yahudi menolak membayar pajak untuk mendukung Capitolinus Jupiter (nama dewa). Karena orang Kristen memiliki hubungan yang dekat dengan orang Yahudi, mereka juga menderita yang disebabkan oleh kemurkaan sang Kaisar. Pada masa penganiayaan ini Rasul Yohanes dibuang ke pulau Patmos, di mana ia menulis Kitab Wahyu (Earle E. Cairns, Christianity Through the Centuries, Zondervan, 1981, hal. 91.)

    Sepanjang masa kebangunan Reformasi, penganiayaan mengerikan terhadap orang-orang Kristen sejati juga terjadi di mana-mana. Dr. Cairns menulis:

    Gereja Roma memiliki dua senjata kekerasan untuk mengembalikan propaganda para Yesuit, yaitu Inquisisi dan Index. Inquisisi Roma diproklamasikan oleh Paus Paulus III pada tahun 1542 sebagai perintah untuk membereskan bidat di mana saja sampai akhar-akahrnya pada tahun 1854. Tuduhan ini selalu bertolak dari praduga tak bersalah sampai mereka membuktikan ketidak-bersalahan mereka; mereka tidak pernah dikonfrontir dengan para penuduh mereka; mereka dapat dibuat dimana kesaksian mereka menentang mereka sendiri; dan mereka dapat disiksa agar mereka mengakui kesalahan mereka. Jika mereka dinyatakan bersalah, mereka dijatuhi hukuman dengan dikucilkan, dipenjarakanm dan bahkan dibakar dengan terikat di tiang, kecuali mereka mengakui kesalahan mereka. Penghukuman ini dilakukan melalui otoritas pemerintah dengan disaksikan oleh para inquisitor. (Earle E. Cairns, op.cit., hal. 348)

    Di sepanjang kebangunan Reformasi ribuan manusia dieksekusi karena iman mereka kepada Yesus Kristus. Setiap orang Protestan yang setia di Francis dibunuh di hari St. Bartholomew’s Day pada tahun 1572, dalam suatu pembantaian berdarah terbesar.

    Sebelum anda memutuskan untuk menunggu sampai setelah hari pengangkatan berlalu baru bertobat, ingatlah bahwa harga yang harus anda bayar adalah penganiayaan dan penindasan, seperti halnya yang pernah terjadi pada abad pertama dan enam belas. Inilah apa yang akan terjadi pada masa kesusahan besar:

    “Dan mereka menyembah naga itu, karena ia memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: “siapakan yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?” Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya. Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat namaNya dan kemah kediamanNya dan semua mereka yang diam di sorga. Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa. Dan semua orang yang diam diatas bumi akan menyembahnya yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan didalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih. Barangsiapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!” (Wahyu 13:4-9)

    “Binatang itu” adalah Antikristus, yang akan dating sebagai pemimpin dunia. “Empat puluh dua bulan” adalah tiga setengah tahun terakhir masa kesusahan besar. “Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka.” (Wahyu 13:7).

    Antikristus akan menghancurkan setiap orang Kriten yang sungguh-sungguh diselamatkan pada kebangunan rohani periode kesusahan besar.

    “Lalu aku melihat tahta-tahta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya ….” (Wahyu 20:4)

    Ingatlah bahwa Francis menggunakan alat pemenggal kepala di sepanjang masa revolusi sampai jalan-jalan di Paris memerah dengan darah yang mengalir dari orang-orang yang dipenggal kepalanya. Ini akan terjadi lagi bagi orang-orang yang menjadi Kristen pada hari kesusahan besar.

    Sepanjang jaman yang dikenal dengan sebutan “abad-abad kegelapan” atau “abad pertengahan”, jutaan orang Kristen sejati dibakar dengan diikat di sebuah tiang atau siksaan mengerikan lainnya oleh karena iman mereka. Dr. J. M. Carroll berkata:

    Orang-orang Kristen ini secara terus menerus menjadi sasaran penganiayaan yang menyedihkan. Sejarah menunjukkan bahwa sepenjang periode “abad-abad kegelapan” … ada sekitar lima puluh juta orang Kristen yang mati menjadi martir. (J.M. Carroll, The Trail of Blood, published by Asland Avenue Baptist Churh, Lexington, Kentucky, 1931, hal. 54).

    Inilah yang akan terjadi lagi bagi orang-orang yang bertobat pada kebangunan hari kesusahan besar.

    Saya tidak mau menunggu diselamatkan sampai berlalunya hari pengangkatan jika saya adalah anda. Saya akan menerima Kristus sekarang, ketika semuanya masih sangat lebih mudah.

  61. Antikris = anti kristus apa yg akan terjadi nanti kalau mereka muncul semua dan menguasai dunia

    • ketika siap berhadapan dengan Tuhan, percayalah bahwa Allah itu luar biasa, percayakan hidupmu untukNya. jangan pernah takut menghadapi diluar keinginan Tuhan. god bless you all

  62. Syalom p’ Danny.
    saya setuju sekali dan bukankah di masah lalu sudah ada yg diangkat di kejadian 5:21-23 apa lagi sekarang tapi saya mau bertanya pak di wahyu 13:18 di katakan yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu karana bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam (666) apa itu ya pak dan menggapa bisa dibuat

  63. Bukti kalau pd masa antikris orang Kristen masih ada di bumi: Wah.13:10; Wah.18:4; Luk.21:12-13, 27-28, 34-36. Antikris = anti orang Kristen, kalau pd saat antikris muncul orang Kristen sdh diangkat berarti antikrisnya tdk ada kerjaan dong/nganggur. Kedatangan Tuhan seperti pencuri banyak disalah tafsirkan sebagai hal yg diam-diam atau sembunyi2. Padahal maksudnya Yesus spt pencuri itu adalah: pencuri itu datang utk merusak, merugikan, membinasakan (Yoh.10:10). Baca juga 1 Tes.5:4-5 kedatangan Tuhan spt pencuri itu utk orang yg tdk percaya bukan orang percaya. Baca juga di Way.16:15-16 kedatangan Tuhan spt pencuri itu ya di akhir yaitu perang Harmagedon. Jadi yg benar Tuhan itu datangnya sekali aja yaitu di akhir/sangkakala ke-7, pd waktu Ia datang, utk orang yg tdk siap Ia datang spt pencuri tetapi utk orang yg siap Ia datang membawa berkat.
    Saya tunggu balasan dari sdr. Danny. GBU.

  64. Syalom p’ Danny.
    Kalau saya tidak setuju dng pendapat sdr. Danny yg mengatakan bhw orang
    percaya akan diangkat sebelum masa antikris (tdk ada ayatnya). Semua
    orang percaya akan masuk masa antikris, tetapi kita akan dilindungi,
    bukan diangkat.
    Saran saya sdr. Danny hrs seperti jemaat di Berea (Kis 17:11), kalau
    ingin mempelajari firman Tuhan khususnya akhir zaman kita hrs membuka
    hati dan pikiran kita dahulu, jng cenderung pada salah satu pandangan
    dulu tapi bacalah dulu FT tsb.
    Caranya cocokan saja Wah 6 dng Mat. 24 maka kita akan mendapati urutan
    peristiwa akhir zaman yg tepat, karena keduanya Yesus yg berbicara.
    Saya ingin sharing lagi dng sdr. Danny, saya akan siapkan dulu ayat2nya,
    sorry jam istirahat kantor sdh habis, besok kita teruskan lagi.
    Tuhan Yesus memberkati sdr. Danny.

  65. Syalom p’ Danny.
    Kalau saya tidak setuju dng pendapat sdr. Danny yg mengatakan bhw orang percaya akan diangkat sebelum masa antikris (tdk ada ayatnya). Semua orang percaya akan masuk masa antikris, tetapi kita akan dilindungi, bukan diangkat.
    Saran saya sdr. Danny hrs seperti jemaat di Berea (Kis 17:11), kalau ingin mempelajari firman Tuhan khususnya akhir zaman kita hrs membuka hati dan pikiran kita dahulu, jng cenderung pada salah satu pandangan dulu tapi bacalah dulu FT tsb.
    Caranya cocokan saja Wah 6 dng Mat. 24 maka kita akan mendapati urutan peristiwa akhir zaman yg tepat, karena keduanya Yesus yg berbicara.
    Saya ingin sharing lagi dng sdr. Danny, saya akan siapkan dulu ayat2nya, sorry jam istirahat kantor sdh habis, besok kita teruskan lagi.
    Tuhan Yesus memberkati sdr. Danny.

    • Syalom P.Jerry, wah kelihatannya seru nih, terima kasih atas masukannya, saya terima dengan baik.
      Sebab saya mendapat pemahamannya seperti itu, jadi kita harus berbuat bijak sedini mungkin sebelum memasuki jaman antikrist, karena yg saya dengar, Tuhan akan datang ke2 kalinya seperti pencuri, Dia akan mengangkat manusia yang percaya Dia, dan yg tidak percaya akan memasuki masa antikrist. Dalam masa tersebut mereka akan mengalami masa cobaan yang sangat berat selama 3.5 tahun, setelah itu bagi mereka yg percaya Yesus akan diangkat lagi, sisanya 3.5 tahun lagi tidak bisa diselamatkan lagi.
      Mungkin kalau memang pendapat saya salah bisa dikoreksi P.Jerry, bisa saja mungkin saya salah tangkap apa yang saya dapati pengajaran di gereja. Terima Kasih.

  66. ak msh blm mudeng soal akhr zaman…jd TY mmrintah d dunia donk?
    tak kra DY dtg trus org2 pcya diangkat njuk udh bumi ancur. tlg jlasn detailnya…thx. JBU

    • saya sih bukan ahlinya, cuma yang saya dapat informasi dari gereja yang akhir2 ini sering sekali membahas masalah akhir jaman. Kalau Yesus akan datang yang ke 2 kalinya seperti pencuri, hanya manusia yang percaya Yesus akan diangkat oleh Dia, sedangkan yang tertinggal di dunia adalah org2 yang tidak percaya Dia dan mereka memasuki masa tribulasi (kesengsaraan). Masa ini berlangsung selama 7 tahun, 3.5 tahun pertama manusia semua hidup nyaman damai tentram, tapi setelah 3.5 tahun yang kedua akan terjadi kelaparan, kesengsaraan, peperangan dll.

      yang jadi pertanyaan apakah orang yg sudah masuk masa tribulasi ini bisa diselamatkan? saya juga pernah dengar masih bisa diselamatkan tapi dengan syarat. Syaratnya adalah membantu menyelamatkan umat Israel, karena Yesus sangat mengasihi umat Israel. Ini ada di alkitab cuma aku lupa pasalnya, karena pada masa itu hanya bangsa Israel yang menentang adanya antikrist. Dan bahayanya kalau org yang berani menolong umat israel berarti dianggap membangkang dan akan dibunuh, kalau sekedar dibunuh sih ok, tapi mengalami siksaan berat.

      Trus ada lagi yang tanya, kan kita di indonesia, mana bisa nyelamatin umat israel? Katanya setelah memasuki masa tribulasi, dunia ini hanya ada 1 bangsa dan umat israel juga umat2 lain bakal menyebar keseluruh dunia. Jadi kalau bisa berbuatlah kebajikan sedini mungkin sehingga tidak memasuki masa tribulasi, memang masih bisa diselamatkan tetapi bakal mengalami kesengsaraan yang begitu besar di dunia dan kalau masih belum jera, setelah 7 tahun masuk ke neraka yang sengsaranya lebih kekal…..wow serem yah, bener ngga bener saya percaya sih, karena semua ini adalah Firman Tuhan

      anyway thanks yah sudah mampir.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: