Oleh: Danny Prijadi | Jumat, 22 Mei 2009

Tangan Keringatan Bukan Jantung Lemah


TELAPAK tangan dan kaki sering keringatan? Hati-hati, itu merupakan pertanda jantung lemah. Anggapan begitu beredar cukup luas di masyarakat. Tapi, benarkah anggapan tersebut?

Menurut dr Een Hendarsih SpPD, dalam dunia kedokteran dikenal dua kategori hiperhidrosis (keringat berlebih). Yakni, sistemik dan lokal.

Kasus sering keringatan hanya di bagian telapak tangan dan kaki termasuk hiperhidrosis lokal. ”Tidak hanya telapak tangan dan kaki, keringat berlebih bisa juga terjadi di bagian ketiak,” tambahnya.

Penyebabnya, lanjut dokter spesialis penyakit dalam RSU Haji Surabaya itu, biasanya berkaitan dengan faktor psikologis. Misalnya, takut, cemas, atau khawatir berlebihan. Kondisi begitu memengaruhi sistem saraf simpatis dan memacu kelenjar keringat untuk berproduksi lebih banyak. Terjadilah hiperhidrosis.

”Hiperhidrosis lokal tidak berbahaya. Paling kita jadi tidak nyaman saat menulis atau berjabat tangan bila tangan berkeringat terus,” katanya.

Bagaimana dengan hiperhidrosis sistemik? Kalau itu yang terjadi, kata kepala bagian penyakit dalam RSU Haji tersebut, tidak hanya telapak tangan, kaki, dan ketiak yang berkeringat, seluruh tubuh pun keringatan. ”Tapi, itu juga bukan gejala utama lemah jantung seperti anggapan yang beredar di masyarakat,” jelasnya.

Hiperhidrosis sistemik, lanjut Een, bisa jadi pertanda pasien mengalami hipertiroid. Yakni, suatu kondisi akibat peningkatan kadar hormon tiroid yang berfungsi mengendalikan kecepatan metabolisme (fungsi kimia) tubuh. Jika seseorang mengalami hipertiroid, metabolisme tubuh jadi lebih cepat. ”Itu yang membuat kelenjar keringat berproduksi lebih banyak,” kata Een.

Hipertiroid juga membuat jantung berdetak lebih cepat, jika dibandingkan dengan detak jantung normal. Een menduga, kondisi inilah yang memunculkan anggapan bahwa sering keringatan merupakan pertanda lemah jantung.

Telapak tangan dan kaki berkeringat, lanjut dia, juga bukan merupakan pertanda seseorang rentan mengalami serangan jantung. Menurut dokter 40 tahun itu, serangan jantung diiringi gejala nyeri pada dada. Rasa nyeri tersebut meningkat bila aktivitas banyak dan mereda ketika istirahat. Selain itu, ada juga gejala keluar keringat dingin dan sesak nafas.

”Kalau hanya keluar keringat, itu bukan pertanda seseorang rawan mengalami serangan jantung. Jadi, anggapan yang berkembang di masyarakat itu tak sepenuhnya benar,” imbuh dokter alumnus FK UGM tersebut.

Meski begitu, jika ada riwayat sakit jantung pada keluarga, penderita hiperhidrosis dianjurkan memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung. Tujuannya, memastikan sekaligus menegakkan diagnosis. ”Dengan begitu, bila ada risiko sakit jantung, bisa segera ditangani,” kata Een. (ai/soe)

KALAUPUN bukan pertanda jantung lemah, hiperhidrosis (keringat berlebih) tentu mengganggu dan perlu diatasi. Menurut dr Een Hendarsih SpPD, jika yang diderita hiperhidrosis sistemik, harus diobati penyakit yang menjadi penyebabnya. Misalnya, hipertiroid. ”Pasien harus rutin mengonsumsi obat hipertiroid agar produksi hormon tiroid stabil,” jelasnya.

Bila yang dialami hiperhidrosis lokal, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Een mencontohkan penggunaan antiperspirant yang mengandung aluminium klorida.

Namun, efek antiperspirant hanya berlangsung sementara. ”Biar kulit tidak jadi kasar, pakainya malam, sehingga paginya bisa mengurangi jumlah keringat yang keluar,” katanya.

Cara lain, menjalani suntik botoks. Tapi, cara itu, kata Een, juga tak bisa menghilangkan keluhan hiperdrosis selamanya. ”Tiap enam bulan harus disuntik ulang,” ujarnya.

Ditanya adakah obat khusus untuk hiperhidrosis lokal, Een menyatakan, konsumsi obat yang bersifat sistemik. Artinya, ia bisa berdampak pada organ tubuh lain. Karena itu, penderita hiperhidrosis lokal tak disarankan minum obat. Sebab, efek sampingnya bisa lebih besar.

sumber: JawaPos

About these ads

Responses

  1. dok istri saya juga mengalami telapak tangan berkeringat bahkan saat santaipun dia basah seperti habis cuci tangan. apa obatnya. tapi dok dia tidak punya keluhan apa2 sakit dada atoupun leher bengkak, kalo kepala pusing sering itupun karna kurang darah. tolong minta solusinya dan obatnya apa.?

  2. Telapak tangan & kaki sering basah karena keringat, keringat yg keluar banyak tidak sedikit .keringat keluar saat sedang cemas,tegang, dan takut .
    Apakah ada cara penyembuhannya? Atau obat apa yg cocok?
    Terimakasih .

  3. Q berumur 19thun , mohon penjelasanya,
    Kenapa akhir” ini telapak tangan saya cenderung suka lengket, tp tidak berkeringat hanya sekedar lengket di bagian telapak tangan, padahal setiap waktu tangan saya selalu saya cuci pake sabun, setiap abis cuci tangan lengketnya hilang sebentar lalu ada lagi, itu penyebabnya apa, mohon penjelasanya,
    Trimakasih

  4. dok, kalau telapak tangan, kaki dan kadang dada sya sebelah kiri rasanya nyeri, apakah saya punya penyakit jantung yaw dok.,,,???
    terus apakah ini berbahaya dok…,,,??
    kash tau donk dok

  5. Aku gak kuat diri lama, kalo diri lama misalnya pas upacara seluruh badan lemas, keringet bercucuran, panangan menjadi berbayang, gemetar, badan terasa sangat dingin dan mulut pait, kadang sampai pingsan, sudah konsultasi sama orang tua tapi malah diledek&gak diperduliin, kira kira ini sakit apa ya? Info dong

  6. Umurku 18th. Akhir akhir ini telapak tangan dan kakiku sering berkeringat, temenku bilang jantungku lemah. Tekanan darahku pernah naik 140/80, dokter bilang katanya ini bisa dari terlalu capek. Aku juga penah ngeluarin darah dari hidung, ketika habis kerja keras, dan parahnya lagi darah itu keluar dari hidung pas bangun pagi pagi mau sahur, waktu itu kejadiannya pas bulan puasa, aku langsung periksa ke dokter, katanya pembuluh darahnya tipis, bisa juga dari faktor lingkungan berbau bensin, debu. Terus gusiku juga kadang berdarah waktu gosok gigi. Kaki dan tanganku suka gemeteran. Telapak kaki dan tanganku kadang suka membiru kedinginan. Dari paha sampai ujung kaki terasa ada yg nusuk nusuk, temenku bilang gara gara sering nyuci pakaian dan mandi dimalam hari. Orangtuaku bilang, dulu waktu ku kecil, aku mengidap paru paru basah, dan sampai sekarang aku gak tau, paru paru basah ini masih apa udah sembuh. Kadang kalau habis duduk terus bangun itu suka pusing. Solusi terbaiknya apa ya ?

  7. night ,, yg aku alami sama seperti tmn2 di atas , aku malu kalo aku lg dikantor saat bersalamn dg partner2 ku , aku malu tangan dan tlapak kaki ku sll basah , tanpa aktifitas
    solusinya dong , gmna yaa minimal mengurangi :(

  8. Telapak tangan tiba-tiba basah sendiri,apa penyebabnya?

  9. Saya masih kelas 1 smp.
    sejak kelas 5 saya sering mengeluarkan keringat dingin di tangan dan kaki
    dada sebelah kiripun sering sakit dan sulit untuk bernafas terkadang akupun sering pingsan namun tidak lama kemudian saya sadarkandiri terkadang sering mual-mual
    setelah saya kedokter sepesialis jantung dan pembuluh darah hasilnyapun mengejutkan saya menderita lemah jantung
    apaka penyakitku ini semakin parah karna saya sering merasakan sakit diuluh hati?

  10. keringat tangan dan kaki saya semakin bertambah.. ..
    Apakh gejaLa.x semakin besar ??

  11. apakah jantung lemah itu sangat membahayakan ?

  12. dok saya mau tanya dada sebelah kiri saya terasa nyeri sekali jika saya kelelahan,untuk tarik nafas pun terasa nyeri sekali dok.sesak nafas,tangan dan kaki berkeringat apa ini lemah jantung dok?

  13. Telapak tangan dan kaki sy selalu keringetan , tp sy perokok aktiv, apakah itu bs berbahaya atau kah itu salah satu penyakit, mohon bantuan nya ea Dok ?

  14. apa bnr teapak tangan dan telapak kaki berkeringat bukan jantung lemah ?

  15. teryata banyak juga yah yang kayak gtu….. kirain aku doang

  16. Dok..kadang saya merasa sakit di dada bagian kiri saya…walau kadang sebentar terus hilang…tapi itu mendadak dan sakit banget….
    terus kalau saya minum kopi atau teh yg melebihi satu gelas…jantung saya akan berdebar debar terus…..rasanya kaya sesak….
    apakah saya menderita sakit jantung Dok..???

  17. telapak tangan saya sering mengeluarkan keringat,, yang membuat saya menjadi tidak nyaman apalagi sewaktu mau menghadapi ujian, berjabat tangan ataupun yg lain…. mlah semakin banyak keluar keringatnya….
    bagaimana cara untuk mencegah dan mengatasinya……

  18. Dok kalau sedang datangnya keringatan seperti keringatan di telapak tangan dan kaki solusinya apa?

  19. iya dok saya juga sama seperti itu,saya jadi kurang pede kalao berjabat tangan dan menjadi risih sendiri…
    kira2 apa ya obat yg bisa membuat tangan kita berhenti berair????

  20. Dok, saya sejak kecil sampai saya usia 17th sudah mengalami keringat dingin pada tangan dan kaki. Yang membuat saya tidak percaya diri. Setiap ujian tangan saya selalu berkeringat dan membuat kosentrasi saya hilang. Dan keringat saya sering mengeluarkan bau yang tidak sedap, apalagi saat saya memakai kaos kaki dan sepatu, saat saya membuka sepatu aroma yg d keluarkan tidak enak. Sehingga membuat saya risih untuk membuka sepatu di dpan umum..
    Dok, solusi apa yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut?? Trima Kasih.

  21. saya mengalami gejala yang sama seperti uraian di atas … sejak dari taman kanak kanak seingat saya sampai umur 29 tahun sekarang ini .. berjabat tangan yang tidak percaya diri karena MALU dan menulis dikertas yang selalu menjadi basah sampai robek dan gagal dalam tes UJIAN ! hanya dengan saputangan / handuk kecil menemani >>> setiap membuka sepatu selalu menimbulkan bau amis yg tak sedap pada kaos kaki…. (salah satu mukjizat kelebihan seseorang untuk mengobatinya hanya dengan PASRAH dan DOA , setelah berusaha mencari cara PENYEMBUHAN nya ) … >>>>> antisipasi yang dilakukan saya pada SEPATU dengan menggunakan bahan kimia TAWAS untuk menyerap air dalam kaki dan tidak menimbulkan bau AMIS yang luar biasa ASEUM nya :( <<<> halus kan bubuk TAWAS , taburkan pada bagian dalam sepatu secukupnya atau kira kira satu sendok kecil … SEMOGA SEPATU KITA TIDAK BAU LAGI …. :) salam hangat saya dengan keringat :)

  22. selmt mlm dok….
    saya jg mersakan hal yg dialami di atas,saya sejk dr kecil sudah mengalami tangan dan kaki keringatan….trus setelah kelas 2 SMA badan,kaki,dan tangan saya mudah sekali keringatan.dan sampai sekarang saya sudah 21 tahun masih mengalami hal seperti itu…jd gmn solusinya dok…mohon informasinya dok…

    • kaya nya hydpertiroid.. saya juga gitu,, sekarang 21 tahun kerasa deh.. jantung deg2an, dan mudah gelisah…. dicek dokter hypertiroid

  23. selamat malam dok,,yng saya alami,,saya dari smk dh mulai keluar keringat dari telapak tangan dan kaki,dada saya jg terasa sakit,menurut dokter saya harus bagaimana??

  24. ternyata bukan cuma saya aja ya yang sering berkeringat di tangan…
    gimana sih cara ngatasinnya……………….?
    keringat di tangan ganggu banget, suka bikin gak PD kalau mau salaman, apalagi salaman ma cowok atau dosen, suka bikin malu deh.
    ditunggu ya jawabannya…
    makasih…

  25. dok.. saya juga gitu..
    sama .. saya mskipun gak ngapa ngapain tlapak tngan dan kaki saya suka keringet dingin gak jelas gitu ..
    itu saya alami dari kecil..
    apa kringet gak jelaz itu berlanjut sampai tua yaa dok ??
    tolong dijawab ya dokk …
    cita cita saya juga mau jadi dokter lho dokk …
    saya masih kelas 2 smp,, tpi saya dapet ksempatan sma di singapore..
    saya mau jadi dokter yangg puolll … hehehehe..
    tolong dijawab ya dokk …
    like this yaaa dokk …

  26. dok, apa mungkin jika salah satu keluarga memiliki riwayat jantung, keluarga yg lain nya akan terkena jantung juga ??
    makasih :)

  27. saya juga mengalami hal yg sama, malahan saya suka tidak pede jika berjabat tangan dengan klain saya.
    sudah beberapa kali konsultasi ke dokter tetap gak ada hasilnya, tolong kasih tau obatnya???

  28. Saya salah satu orng yg suka berkeringat d bagyan tangan? Tapi saya pengen lebh jelas apakah ada pnyakit yg serius d dalm tubh saya.

  29. Anak saya juga mengalami iti,kaki n telapak tangan sering keringetan,apa obat y ya dok?

  30. sangat bagus artikelnya, ayo sekarang mulai hidup sehat..

  31. saya juga mengalami hal yang sama bagaimana pengobatannya ya dokter, waduh seandainya saya dapat obat berawpapun saya mau,karena saya bekerja BERHUBUNGAN DENGAN KERTAS JADI SAYA GAK pd karena kertas orang saya buat basah.

  32. Sya sering mengalami, telapak tangan dan kaki sya berkeringat tnpa sbab yg jelas wlaupun di musim dingin pun ttp berkringat, trus dada sy jg sering skit dan sring sekali kget, itu knp ya??
    Mhon jwabannya ya????
    Thanks :)

  33. telapak tangan saya keringetan baru 2 hari terakhir ini. sebelunya belum pernah. makanya jadi was was

  34. telapak tangan saya juga sering keringetan. entah menulis, berjabat tangan, mengepalkan tangan dan telapak saya juga suka dingin tanpa alasan yang jelas. itu kenapa yahhhhh ??

  35. Dok, tangan dan kaki saya sering berkeringat. Sy juga sering merasa nyeri di dada, baik sebelah kiri maupun kanan. namun itu lebih sering terjadi tidak bersamaan. orang tua sy mengatakan, sy hanya kelelahan. apa benar sy hanya kelelahan? mohon diberi penjelasan. terima kasih.

  36. Saya juga mengalami keluhan yang sama apa yang harus saya lakukan bila saya pusing dan sering pingsan?

  37. Sy seorg mhsiswi brusia 20th.sjak kcil smpai skrang tngan&kaki brkeringat dngin bnyak skali,hidung sy jga brkeringat jdi sy jrang make up.saat diampun sy brkringat,apa lgi saat presentasi ddpn tmn2.jd skarang sy jrang kluar rmh krn malu.mhon slusinya

  38. adik saya juga begitu, saya keringetan tangan dan kaki setelah menginjak masa kuliah sampai sekarang,
    dan skrg adik saya yang terkena kelainan itu, adik saya skrg kuliah, sebelumnya wktu sma dia tidak begitu .

  39. sejak smp tngan dan kai sya sering mengeluarkan keringat n terkadang jantung sya berdetak kencang n sya pun sulit untuk mngatur nafas pa sya termasuk lmah jntung dok….

  40. dok saya terllu sering berkeringt berlebihn tangn,kaki,n lain2 tp yang terpara kringt d mkapun tanpa aktifits ttp berkringt seperti mata air yg kluar sja tp sering itu terjd bla sya sedang ad acra,pertemuan atau perkumpulan krna sbb itu sya menjdi minder bhakn malu adakah obt yg bsa setidknya mengurangi keringt yg terlalu berlebihn itu dok…minta bantuannya dok terima kasi.

  41. dok’ sya sering jangtung sya berdebar cepat, ketika sya ber aktipitas apa lgi klo sya sedang cemas/gelisah dngan bdan yg lemas, mungkin hampir tiap hari saya rasakan, apa kah itu gejala pnyakit jngtung dok’ soalnya sya sngat sering begadang tiap hari dan sya orangnya susah tidur, sya tunggu blasan nya????

  42. dok’ sya sering jangtung sya berdebar cepat, ketika sya ber aktipitas apa lgi klo sya sedang cemas/gelisah dngan bdan yg lemas, mungkin hampir tiap hari saya rasakan, apa kah itu gejala pnyakit jngtung dok’ soalnya sya sngat sering begadang tiap hari dan sya orangnya susah tidur, sya tunggu blasan nya????

  43. Dok, knp bs tlpak tgn & kki sy bs bsh & seringkali stiap sy naik spdh bla sy mghrup asp kendaraan jntung sy trsa skit???

  44. akhir-akhir ini jantung saya tiba2 berdebar dan kaki tangan saya sketika mengeluarkan keringat dingin…knp ya????
    tlg dijawab..trima ksh :)

  45. saya sering keluar keringat di bagian telapak tangan dan kaki, sudah lama saya seperti ini saya sering malu kalau sedang bersalaman dengan orang” karena tangan saya keringatan, ‘kata orang” ko’ tangan kamu keringatan.. apakah kamu sakit….”
    saya pengen sembuh dari penyakit ini, saya sering berpikir saya ini kenapa????? apakah bener kalau saya ini punya penyakit lemah jantung?????????
    dan gimana caranya supaya tangan dan kaki saya tidak keringatan lagi…..mohon kasih tahu solusinya.

  46. sy novi.32 th sejak usia 17 th telapak tangan dn kaki sy srg keluar keringat padahal badan sy tdk.sy jg tdk m’punyai keluhan sesak d dada.apakah sy tergolong iantung lemah?

  47. saya mau tanya, kenapa stiap saya melakukan aktivitas baik itu yg ringan atau yg berat ,,contohnya saja saat saya belajar/menulis telapak tangan dan kaki saya lgsung keringat padahal tubuh saya sendiri tidak keringatan…lalu saat saya sedang tidur, dada saya sangat sesak, saya merasa capek untuk bernafas.
    kadang saya sendiri malu sama orang-orang yg disekeliling saya.

    please answer my ask..
    i wait your answer

  48. saya muhsi umur saya 16thn,
    telapak tangan dan kaki saya sering berkeringat, dada saya sering nyeri, saya jugak sering sesak jk menghirup asap rokok?…
    apa saya lemah jantung?.. kj ia, apa obatnya?..
    mohon jawabannya… trikasi…

  49. saya elvira umur 15 tahun , kalo lagi tegang tangan , kaki saya suka keluar keringat..tapi kadang klo ga tegang juga keringat tangan kaki saya suka keluar ?
    saya takut itu lemah jantung

  50. saya sangat senang membaca artikel ttg jantung lemah.tapi saya masih merasa ragu-ragu ttg apa yg saya alami.karena kadang pas suasana senang pun tanganqu keringatan jg.kok bisa gtu ya???????????apa yang perlu saya lakukan ya Dok?

  51. saya dimas usia saya 13 th,,,,
    kenapa ya kalau ulangan langsung detak jantung saya berubah jadi cepat dan langsung keringatan kaki,muka, dan tangan
    apakah itu penyakit jantung ???????
    tolong jawaab secepatnya ya..!!!1
    dan biar gak hiperhidrosis apa caranya ?????
    tolong jawaab secepatnya ya…!!!

  52. aku bngunk apa aku mnderita penyakit lemah jantunk..??
    sedangkan aku seing sesak nafas, keluar keringat ditangan..
    dan kadang aku merasa tidak nyaman dengan semua itu..

    kalau emang benar saiia mempunyai penyakit lemah jantung
    bagaimana cara menyembuhkanya..??????

  53. saya tri umur saya 15 thn knp y setiap lagi bercanda sama teman saya tiba-tiba jantung saya sakit trus untuk menarik nafasnya sakit banget,dan juga gak tau knp tiba-tiba paru-paru saya juga sakit banget,kira2 knp y?

  54. Saya Anggra, perempuan berusia 19 th. Keluhan saya, setiap berada di ruangan AC saya merasa sangat dingin sekali. saat keluar dari ruangan itu telapak tangan saya berair(berkeringat).

    kira2 saya kenapa, ya?

    mohon informasi_nya.

    Terima Kasih

  55. sy berusia 29thn, detak jantung sy sering agak lamban apabila sy kaget atau melihat kecelakaan, bahkan melihat orang meninggal,sy selalu merasa takut dan was2,apakah itu bisa disebut lemah jantung.?????

  56. Saya usia 23 tahun sudah 3 tahun ini mengalami gangguan ini,
    kemungkinan karena saya sudah jarang berolah rga,

    jadi minder setiap mau bersalaman dengan org2
    dulu ayah saya juga pernah ngalamin seperti itu namun setelah dia rajin olah raga sampai sekarang tidak keluar keringan lg malah kering kaki dan tangannya.
    Namun saya malas berolah raga hehehe

    –http://add87design.com–

  57. duh rasae sebel banget dech kalo tangan dan kaki berkeringat .. jd gak pede ,, ganguuu banget .. gmana zow ngobatinya????

  58. saya mau tanya dada saya sering sakit,,,an klow ketakutan dada saya bedebar2 kencang
    and klow kecapean badan saya lemes and pusing bnget apah ituh penyakit lemah jantung…thax…

  59. ndak enak………….!!!

  60. q uga gt,.srg bgd kerrinettan,.ga siang ga mallam,.ga hujjan ga pannas sam jha,.kerringettan,.tangan tw kaki kenna minyak tw asap pzty kernget kluar,.

  61. dri kcil mpe zma ne zya mngalmi hal zprti tu,pa lge klau jaln jeuh dtak jntung traza cpat bahkn mraz tak bdtak,tlapak tngan n kaki bzah n dngin,bahkn mpe mnetez,dada zeblah kiri jua zring nyeri,n bla d zhu zg dngin pzti kringat dngin pa lge klau glizah/cmaz/khwtir,orng branggpn ne lmah jntung,gmna cray bar isa zmbuh..?n zya bruzaha olahrga pi zg da malh tmbah zkit,n pa bner bla mnum obt malh bkin efek zmpin trhadp organ lain…?

  62. .kalau pas sekolah saya bingung,tangan basah,…
    .bikin sebel,….

  63. saya sring keringetan dibagian tangan dan kaki saya,setiap hari dada saya terasa berat dan terkadang dada saya terasa sangattttttt sesak sulit bernafas terutama dimalam hari, entah kenapa itu?
    apakah penyakit yg saya derita dan bagaimana menyembuhkannya?

  64. saya sring berkeringat di telapak tangan dan kaki saya,sering pingsan,sering nyeri dibagian dada kiri trus sya jga serng ktakutan styp mlm,n setiap da berita orng meninggal. itu bagaimana,apakah saya termask pendrita penyakit jantung? dan seberapa parahnya?

    • Anda kena gangguan mahluk halus! Terutama suruhan orang (sprti guna2) cerita anda persis yg saya alami,, tp saya tdk sampai pingsan!! Perbanyak dzikir ( hasbunallah wanikmalwakil & dzikir hati menyebut Allah berulang2),, alhamdulillah skrg saya sembuh!! Pin bb :262832a8

  65. saya sring berkeringat di telapak tangan dan kaki saya,sering pingsan,sering nyeri dibagian dada kiri trus sya jga serng ktakutan styp mlm,n setiap da berita orng meninggal. itu bagaimana,apakah saya termask pendrita penyakit,seberapa parahnya?

  66. saya itu sering mengalami keluar keringt dr tngn & kaki tpi law beraktifitas dkit j cpet cpek pa lg di buat lari bentr ja jntung dah bergerak cpet g iz di kontrol pa kh itu jntung lemah????????

  67. saya sering keluar keringat berlebih dibagian tangan dan kaki saya… padahal udarax g panas2 bgt… pa tu jg bs dsbut janutng lemah….???????

  68. klu jantung berdebar di ruangan berac itu apa kena jantung?

  69. saya keringetan terus terutama kaki dan telapak tangan saya apakah itu pertanda jantung lemah?

  70. tangan dan kaki saya serig berkeringat, selain itu jika saya jaln cepat pasti stelah sampai nafas saya terengah-engah…selain itu jga terkadang dada saya suka sakit..apa itu termasuk yang dibilang lemah jantung.?

  71. saya sering mengeluarka keringat yang berlebihan,
    telapak tngan saya juga,
    dab mengeluarkan keringat dingin,

    juga merasa gemetar di bagian tubuh saya
    apalagi sesudah dan sebelum tidur.,

    apa itu juga bisa dikatakan gangguan jantung???

    • kalau dikatakan ada hubungan dgn jantung sih iya, tapi kalau gangguan mungkin terlalu jauh yah. Apalagi kalau orang merasa cemas, grogi, gugup, pasti keringat ditangan keluar semakin banyak sampai basah.
      Solusinya sih cukup 1, berpikirlah positif, jangan takut salah, lakukan sebaik mungkin, karena sifat cemas, grogi, gugup semuanya itu disebabkan oleh pikiran kita sendiri, kalau kita merasa PD pasti semua bisa teratasi. Thanks yah sudah visit my blog

  72. Met siang, mau tanya soal hiperhidrosis,sy jg sering berkringat dingin di ujung jari dan kaki,disertai jantung gelisah,trus gampang msk angin klo diruang ac&berkringet dingin,udah direkam tp kt dokter normal cm kecapekan, apa saya kena hiper itu?ato gejala jtng ya?dulu pernah jg krn kecapekan trus istiraht 3 hr sembuh, tp koq skrng agak lm msh gelisah terus ya. mohon tanggapanya.trim’s.

  73. telapak tangan dan kaki saya berkeringat. Dada sebelah kiri sering nyeri dan berdebar terutama jika setelah konsumsi minuman kafein..nafas pendek..tp saya tdk bkeringat berlebih (seluruh tubuh)
    saya pnh k dokter katanya itu bhubungan dengan jatung tapi gpp..
    yg saya ingin tau, apa kemungkinan saya nanti pny pnyakit yg bmasalah dengan jantung jika dewasa nanti…

  74. met pagi……….sya jg sperti itu.palagi kalo ada hal yg membuat sya kaget mka jantung sya berdbar kencang dan membuat sya sesak napas dan sperti mau pingsan. sya tkut law itu adaah sakit jantung.

    • Saya sendiri juga pernah alami seperti itu, biasanya orang yang suka begitu, orang yang mudah cemas. Mungkin sebelum2nya pernah ada masalah yang membuat anda cemas. Kalau bisa sih jangan dipikir terlalu panjang, kalau bisa sisakan waktu buat refreshing, karna itu satu2nya jalan terbaik dan lebih banyak berdoa. thanks ya sudah mampir.

  75. duh sama banget sama yg aku alamin neh, malah sampai dingin banget kayak es, ngilu banget sampe ke tulang2……kadang2 kalau dah gugup banget bisa keringetan sampe seluruh tubuh, bikin malu aja. ngobatinnya gimana dunk, ada gak cara yg cepat biar gak keringetan lagi???? kalau mesti berobat ke dokter harusnya ke dokter kulit, saraf atau yg lainnya???? kira2 habis biaya berapa kalau ke dokter?????

  76. saya biasa keluar kringat di tangan dan kaki,terkadang dada saya sebelah kiri itu tersa nyeri.
    apa itu bsa dktkan memiliki penyakit jantung lemah,tapi saya g pernah keluar keringat dngin dseluruh badan.

    • terima kasih meme sudah memberi komen. Saya ambil artikel ini dari jawapos, karena saya sendiri juga ada keringat di tangan, kaki, ketiak juga seperti anda jantung sebelah kiri kadang terasa nyeri. Apalagi kalau di ruang ber AC, tambah lebih cepat keringat dingin dan lebih2 lagi kalau cemas/gelisah.

      saya rasa memang benar kalau keringat di bagian tertentu bukan menandakan jantung lemah, yang betul adalah ada rasa cemas/gelisah. Gimana cara ngatasi supaya tidak gampang cemas/gelisah, saya sendiri juga masih belajar…..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 56 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: