Oleh: Danny Prijadi | Senin, 1 Juni 2009

Macam-macam ukuran PIPA PVC dan kegunaannya


winlon_waterfall1

Polyvinyl chloride (PVC) adalah pipa yang terbuat dari plastik dan beberapa kombinasi vinyl lainnya. Memiliki sifat yang tahan lama dan tidak gampang dirusak. Pipa PVC juga tidak berkarat atau membusuk. Oleh karena itu, PVC ini paling sering digunakan dalam sistem irigasi/perairan dan pelindung kabel.

Di Indonesia standard ukuran yang dipakai untuk system perairan rumah tangga atau lainnya adalah standart JIS (Japanese Industrial Standard), sedangkan untuk PDAM biasanya memakai standard Nasional SNI.

Berikut ini adalah macam-macam ukuran pipa PVC dengan standard JIS (satuan inch) yang dimulai dari AW 1/2″ sampai AW 10″ (atau lebih), D 1 1/4″ sampai D 10″ (atau lebih) dan C 5/8″ sampai C 5″

AW 1/2″ D 1 1/4″ C 5/8″
AW 3/4″ D 1 1/2″ C 1/2″
AW 1″ D 2″ C 3/4″
AW 1 1/4″ D 2 1/2″ C 1″
AW 1 1/2″ D 3″ C 1 1/4″
AW 2″ D 4″ C 1 1/2″
AW 2 1/2″ D 5″ C 2″
AW 3″ D 6″ C 2 1/2″
AW 4″ D 8″ C 3″
AW 5″ D 10″ C 4″
AW 6″ C 5″
AW 8″
AW 10″

AW = paling tebal, biasanya dipakai untuk perairan yang memiliki tekanan (seperti pakai pompa)
D = tidak terlalu tebal, bisa untuk tekanan yang tidak terlalu besar atau bisa dipakai untuk buangan.
C = paling tipis, biasanya untuk buangan air, tidak bisa untuk tekanan

Berikut ini maksud dari angka dibelakang kode AW/D/C

5/8″ 17 mm
1/2″ 22 mm
3/4″ 26 mm
1″ 32 mm
1 1/4″ 42 mm
1 1/2″ 48 mm
2″ 60 mm
2 1/2″ 76 mm
3″ 89 mm
4″ 114 mm
5″ 140 mm
6″ 165 mm
8″ 216 mm
10″ 267 mm

Kegunaan pada umumnya tiap ukuran

C 5/8
untuk pelindung kabel listrik

AW 1/2, 3/4
biasa dipakai untuk supply air di rumah tangga. Untuk ukuran yang lebih besar biasanya dipakai kalau memang membutuhkan debit air yang lebih besar.

D 2 1/2, 3, 4
biasa dipakai untuk air buangan di rumah tangga. Bisa saja pakai C tapi lebih baik gunakan type D kalau pipanya tidak ditanam di tembok, takutnya kalau ada apa-apa misalnya wc buntu dan perlu disedot, bisa pecah kalau tidak kuat.

C 3, 4
biasa untuk pembuangan air yang memiliki tekanan rendah

Responses

  1. berapa harga pvc 6 inch per tgl 14.08.2013

  2. berapa harga pvc wavin per tgl 14.08,2014
    tks

  3. Apakah Anda juga jual produk dari pipa pipa yang lain, kalau pipa hdpe dan pipa steel kami siap untuk bekerjasama.
    Salam Sukses Selalu…

  4. Tolong hub saya ke 081360608090..penting

  5. mohon bantuannya pak.
    kami membutuhkan pipa paralon bentuk kotak (square/rectangular) dengan ukuran 2 inci dan tebalnya 1mm.

    mungkin bapak bisa bantu infokan penjualnya di indonesia atau kalo bisa di surabaya. terima kasih pak

    saya tunggu bantuan bapak…

  6. sy mau tanya, adakah jenis pipa PVC yang memiliki ketahanan tekanan sampai 15 Bar ? Tks

  7. selamat sore pak.bisa tidak kita dapat daftar harga pipa khususnya ukuran 4.6.8.inch kita mau pakai untuk pengairan sawah transmigrasi.

  8. Mau tanya, jenis pipa pvc yang berkualitas bagus itu ciri-cirinya apa ya?

  9. boleh gak saya minta daftar jenis pipa pvc sekaligus merk dan harganya? soalnya ini penting banget buat saya yang mau masang jaringan air minum sepanjang 1.200m.

  10. Mas Pipa PVC ada gak yang diameternya diatas 1 m, dan kuat gaknya kalau dipasang crossing dijalan raya sbg gorong gorong?
    .. Trima kasih

  11. Tolong aku diberi tabel berat pipa pvc dari berbagai merk yang ada ( Rucika, Wavin atau yg lainnya ), Trims

  12. mau tanya pipa HD PE 150 mm itu kalo masuk ke inci berapa in sih bos ??

  13. mas saya mau tanya pipa PVC diameter 16″ kira2 harganya berapa+ketebalannya mas?trimakasih

  14. mas saya mau tanya price list pipi pvc ukuran dan selisih c / d
    1,5″ diameter/ tebal nya berapa.?
    2″ diameter/ tebal nya berapa.?
    2,5″ diameter/ tebal nya berapa?
    3″ diameter/ tebal nya berapa?

    saya ada pesanan 200-300 biji.
    call me 081 999 609 761.

  15. mas mau tanya kalau pipa ukuran 10 inc panjang 6 meter kira-kira beratnya per pic brapa kg trims

    • ada nggak ukuran AW 20:”karena kami membutuhkannya,kalau saya pesan dengan alamat mana?

  16. mas saya tanya apakah ada dalam prosedur apabila pipa berada dalam balok / kolom dengan dimensi balok 20 x 45 dan pipa 3 in. mohon penjelasannnya. terimakasih

  17. Mas saya mau tanya, tentang pipa yang di letakkan pada balok apakah di perbolehkan atau tidak. Balok lantai berdimensi 25 x 40 dengan pipa diameter 3 in.

  18. mas..berapa harga pipa ukuran 6 inch dan 8 inch….dmn saya bisa mendapatkannya…………….

  19. boleh ngah berikan aku, gambar dan betuk2 ukuran pipa. dan gambar intalasi perpipaan.

  20. asw,berapa harga pipa besi untuk air ukuran 3 dim dan panjang nya berapa?

  21. Reblogged this on poeryfavour.

  22. bagai mna cra pemasangan pvc yg gampang

  23. tolonglah dibuatkan nama dan gambar jenis-jenis acesories pia pvc untuk sambungan rumah Ukuran 1/2 inci

  24. mo nanya harga pipa pvc super intilon AW, 1/2″, 2″, 3″, 4″..

  25. aq mo tny harga knie diameter 6 inch merk AW

  26. Blognya Bagus dan Postingannya menarik. Salam Sukses Selalu dan Semoga Tambah Jaya, http://indopipa.com/brosur/

  27. pengen tau harga,ukuran pipa dan jenis jenis pipa yg termasuk pipa AW
    tahun 2011.
    terimakasi….

    • hallo mas…saya membutuhkan alat/tutup pipa pvc 10 inc rencana untuk pemuatan filter air ada gak ya.jika ada dimana ?thank.

  28. Asslmkm,

    Saya mau tanya, apakah Merk Pipaku, Dragon termasuk dalam pipa PVC, danmerek apa saja yg termasuk dalam pipa PVC

  29. mau tanya, kalo mau buat skema saluran air untuk proses thawing ikan, dengan jalur keluarnya pake ukuran 3/4″, sebanyak 40 buah, harus pakai pipa utama ukuran berapa? terima kasih..

  30. Thank for the info,

    Saya mau tanya lebih detail. Ukuran yang dicantumkan di atas itu ukuran dalam pipa atau ukuran luar? Lalu kalau lihat tabel ada sedikit aneh, 5/8″ kan lebih besar dari 1/2″ kenapa konversinya malah yang 5/8 lebih kecil dari yang 1/2″. Terima kasih atas infonya. Sepengetahuan saya 1 inch adalah tetap 25.4mm baik amerika, inggris atau jepang, mungkin perbedaannya adalah apakah ukuran luar atau dalam.

  31. Untuk pipa pvc diameter 4 inchi ,apakah mampu dipakai untuk udara 50″Celcius. karena urgent.Terima kasih.

  32. apa ada pipa pvc diameternya 60 cm keatas dan ukuran panjangnya mohon infonya. makasih

  33. mas bagus sekali ulasannya kalo berkenan saya juga minta tolong kirimkan harga dan jenis2 pvc tipe AW yang lebih banyak digunakan untuk saluran air, VIA Email. karena saya ingin belajar membuat Penyaring AIR sumur atau Pompa. kebetulan air di rumah Zat besinya cukup tinggi. terimaksih sebelumnya .

  34. untuk pipa C 5/8 winlon berapa an pak?

  35. pak saya mau tanya jenis warna pengikat pada pipa contoh warna kuning fungsi nya apa?

  36. PAK, untuk pipa 2″ SNI brapa nilai hidrostatik pada pipa tersebut?

  37. mat mlm pak gambar-gambar ukuran pipa tuch bagaimana ya????

    • cari di mbah google banyak loh

  38. Salam kenal Pak, Pak saya butuh gambar jenis-jenis sambungan pipa dan instalasi pipa. Masalahnya ini merupakan tugas yang harus dikumpulkan. Atas bantuannya saya sangat berterima kasih sebelumnya. . .

    • gambar2 jenis pipa bisa di search di google engine, banyak kok, ketik aja fitting pvc, lalu pilih tab image/gambar.

  39. Pak pipa pvc ukuran C5/8 ada konektor berbagai macam bentuk gag misalnya T, L, I dst. rencananya mo bikin tenda anak2. thanks ;-)

    • pipa dgn ukuran C 5/8 biasanya dibuat untuk kabel, karena type C maka pipanya tipis dan lentur, jadi biasanya kalau mau nyambung jarang sekali menggunakan fitting. kalau boleh tanya, gimana kalau pakai ukuran 1/2″? apa terlalu besar?

  40. Kalau tidak salah, penghitungan dari inch ke mm tidak semua cocok.
    1/2″ 13mm bukan 22 mm
    3/4″ 19mm bukan 26 mm
    1″ 25mm bukan 32 mm
    dan seterusnya.

    • pertanyaan bagus, saya mencoba menjawab ya, cuma jangan dijadikan acuan pasti, karena saya bukan ahlinya.

      di Indonesia ada 2 macam ukuran pipa PVC standart, yang pertama standart SNI (Standart National Indonesia) dgn satuan inch yang biasanya digunakan PDAM, yang ke 2, standart JIS (Japan International Standart) menggunakan satuan mm, yang biasanya digunakan pompa air, buangan wastafel, dll.

      sedangkan untuk 32mm itu adalah pipa standart JIS, kenapa ditulis pipa 1″ bukan pipa 32mm. Saya rasa ini dibuat supaya memudahkan customer. Sebab untuk pipa ukuran standart SNI 1″ = 25mm tapi kita tidak menyebutnya 1″, melainkan 25mm (tidak sama dengan standart JIS yang 1 inch)

      Yang jadi pertanyaan semestinya mengapa Indonesia memiliki SNI yang mengikuti standart Amerika, kalau kita lihat, indonesia semuanya menggunakan standart jepang seperti contoh satuan kg, mm, dll. Sedangkan di amerika adalah lb, inch, feet, dll

      semoga membantu

  41. tebal dinding pipa C 2″ berapa ya?
    trims…

    • kalau boleh tahu, kenapa bapak ingin mengetahui tebalnya? dan aplikasinya untuk apa, buangan (outlet) atau menggunakan pompa, sebab biasanya spec yang diberikan adalah diameter luarnya yakni 60mm, karena ini angka acuan untuk bisa masuk ke socketnya.

  42. Tlg dong speak lengkap n price list fob cepu jateng? Segera. Mendesak.

  43. ak minta donk alamat dan kontak distibutor sales winlon untuk area jawa tengah dan purwokerto

  44. Tq infonya

    Mau tanya, jika saya memerlukan buku standart untuk material pipa, flange, valve dengan satandart JIS, ANSI, DIN beserta batas tekannya, dimana bisa diperoleh?

    Tq

  45. hmm terima kasih infonya mas. Kebetulan saya lagi cari referensi tentang ukuran2 Pipa PVC untuk tugas akhir saya.
    Pipa PVC tersebut saya gunakan untuk pelampung alat saya. btw, itu ukuran diameter apa jari2 ya Mas?

    • sama2, ukuran pipa pvc pakai diameter, biasa orang sini menyebutnya inch, untuk lebih detailnya saya cantumkan satuan milimeternya (diameter), kecuali kalau pipa SNI memang sudah memakai satuan mm, tidak lagi menyebut satuan inch.

  46. oh iya beda winlon putih am abu apa ya ? properties nya kah ?
    thanks

    • selain beda warna, putih lebih kelihatan bagus, kalau dicat warnanya lebih mudah sesuai dgn warna catnya mengingat putih adalah warna dasar, dan ketebalan yang putih lebih tipis sedikit drpd winlon abu.

      thanks ya kunjungannya

  47. mas,yang ad di pasaran ketebalan berapa aj ya ama diameter nya ?? thx

    • tolong dicek emailnya, terima kasih

      • saya juga minta ukuran ketebalan pipa dari setiap ukuran diameter. khusus nya yang tipe D. Untuk Tugas Akhir.

  48. Mas Apa kah ada ukuran ukurabn tersebut dijual di indonesia??
    Trus didaerah surabaya kira2 ada apa enggak?? harganya berapa??
    THX B4!!!
    teguhtf

    • thanks juga yah sudah mampir blog saya, pertanyaan bapak sudah saya balas lewat email, bisa di cek emailnya.
      Maaf sebelumnya, alamat email bapak sudah saya terima, jadi alamat yang tertulis di komentar saya hapus ya, biar ngga digunakan utk tindak kejahatan.

      • mas ada ga yg berdiameter 100 dan untk tkanan 12,5?
        trus da ga ya di psarkan d daerah padang,klo tenyta ga ada gimna y cara pemesananx???tanks y sblmx

  49. [...] Macam-macam ukuran PIPA PVC dan kegunaannya [...]

    • siang mas saya punya produk pipa resapan bawah tanah ( Underground Drainage)yaitu pipa ber porous atau berlubang
      dari japan dan mau di pasarkan di indonesia,barangkali bisa kerjasama atau bantu jualin saya akan kirim katalog bila di inginkan.salam

      Salam Hormat
      Utomo
      Daipla . Co. Ltd


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.

