Oleh: Danny Prijadi | Kamis, 25 Juni 2009

Anak sudah 3 tahun tapi belum mau bicara


speechdelayBanyak sekali Mommies baik yang berdomisili di dalam maupun di luar negeri yang berusaha agar anak- anak mereka jangan sampai telat kemampuannya dalam berbicara. Rupanya, penggunaan bahasa kedua di luar bahasa Ibu yang semakin membudaya, seiring dengan banyaknya TBA atau play-group yang mengajarkan bahasa Inggris di Ibukota dan sekitarnya, menambah rasa  ingin tahu para Mommies mengenai Speech Delay.

Sementara bagi Mommies yang berdomisili di luar negeri masalah ini menjadi tantangan utama karena bahasa yang dipakai di dalam rumah, dengan bahasa di luar rumah dan televisi berbeda, sehingga seringkali anak-anak memerlukan waktu hingga dapat berbicara secara lancar dalam masing-masing bahasa.

Seorang Mommy yang mempunyai anak berumur 22 bulan, mengeluh karena sampai seumur ini baru bisa berbicara satu dua tiga patah kata. Mommyyang sudah khawatir sejak lama, sudah memeriksakan anak tercinta ke berbagai dokter dan klinik di Jakarta. Dari Klinik Tumbuh Kembang di RS Bunda, Play-Art Gymboree, Klinik TUmbuh Kembang THT Proklamasi, Speech Therapy Kemang, Klinik Tumbuh Kembang RS Pondok Indah, kesemuanya memberikan komentar yang berbeda. Meskipun DSAnya menyatakan bahwa keseluruhan evaluasi anak baik, sang Mommy masih merasa khawatir. Speech therapisnya hanya mengatakan bahwa sang anak memerlukan latihan dan stimulasi. Sedangkan seorang dokter di RS PI mengatakan hanya memerlukan kelas behavior bagi anak
di bawah umur 3 tahun. Kelas speech therapy baru diperlukan bila usia anak sudah melebihi 3 tahun namun masih belum bisa berbicara. Sementara banyak yang menyarankan sang Mommy untuk memasukkan anaknya ke pre-school begitu mencapai usia 2 tahun.

Sharing pengalaman dan pendapat serta saran dari para Mommies dari berbagai penjuru dunia terbagi menjadi dua:

  1. Agar Mommy bersabar menunggu sampai anak berusia 3 tahun, sampai jelas apakah anak memang mempunyai masalah dalam berbicara, baru memutuskan untuk memberikan speech therapy pada anak. Agar jangan buru-buru memberi label speech delay kepada anak, mengingat usianya yang masih di bawah 2 tahun, dan masih terbuka banyak kemungkinan bahwa sang anak tidak menderita speech delay.
  2. Agar Mommy waspada akan kemungkinan speech delay pada sang anak dan segera mencari cara untuk mengatasi permasalahan ini sesegera mungkin. Masalah apapun perlu ditangani secara serius meskipun tetap dengan kepala dingin. Kalau memang memerlukan terapi,sebaiknya sesegera mungkin memberikan terapi kepada anak. Meskipun batas bagi pemberian diagnose speech delay pada anak adalah hingga berusia 5 tahun, namun bila sejak usia 2 tahun segera diterapi, akan lebih memudahkan anak dan terapisnya untuk mencari cara penanggulangan

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI SPEECH DELAY PADA ANAK?

Dari sebuah artikel dari American Association of Family Physician yang dikirimkan oleh seorang Mommy, yang dapat dilihat aslinya pada
http://www.aafp.org/afp/990600ap/990600d.html/Speech,

Kita dapat melihat apakah anak kita sudah dapat melakukan hal-hal sbb:

  1. Mengucapkan perulangan suku kata antara umur 12-15 bulan.
  2. Mengerti kata-kata sederhana ( seperti “tidak” dan “stop”) setelah mencapai umur sekitar 18 bulan
  3. Berbicara dengan kalimat pendek setelah mencapai umur sekitar 3 tahun.
  4. Bercerita mengenai cerita sederhana saat berumur antara 4-5 tahun.

Penyebab timbulnya speech delay pada anak:

  1. Kehilangan pendengaran
  2. Kelambatan perkembangan anak
  3. Mental Retardasi
  4. Penyebab lainnya, a.l: bilingual (memakai 2 bahasa utama di dalam rumah), terlantar secara psikologis (anak tidak mendapatkan cukup waktu untuk berbicara dengan orang dewasa), anak kembar, autis (masalah pada otak), anak tidak mau berbicara, CP/cerebral palsy (kelainan dalam pergerakan tubuh karena kerusakan otak)

Dokter memeriksa kemampuan anak dalam berbicara dan juga memeriksa perkembangan mental anak. Anak juga akan mendapat tes pendengaran untuk memastikan apakah anak mempunyai masalah dengan pendengaran atau tidak. Menurut artikel ini, bila anak ternyata didiagnose dengan speech delay, dokter akan memberikan pengobatan disesuaikan dengan penyebabnya.Kadangkala ada anak yang tidak memerlukan pengobatan, karena beberapa anak hanya memerlukan waktu yang lebih lama untuk mulai berbicara.

Dokter akan menjelaskan penyebab dari speech delay anak, dan menjelaskan cara-cara pengobatan yang dapat memperbaikinya. Seorang speech dan language patologis akan membantu di dalam
perencanaan pengobatan. Ia juga dapat memperlihatkan cara bagaimana membuat anak berbicara lebih banyak dan lebih baik.

Ahli medis lain yang dapat membantu a.l:
audiologis (dokter pendengaran), psikolog (specialis dalam masalah sikap/behavior), okupasional therapis (akan mengajarkan cara mendengar dan membaca bibir ) dan pekerja sosial (membantu masalah keluarga). Dokter keluarga akan merefer kepada ahli yang diperlukan.

Diskusi kemudian berkembang kepada cara-cara menstimulasi anak agar lancar berbicara. Mommies yang menyumbangkan saran baik dari sudut psikologis, kedokteran, maupun sebagai orang tua dari
anak yang mempunyai masalah yang hampir serupa, menyarankan hal-hal sebagai berikut :

  1. Mengetahui apa itu speech delayed (SD) = bandingkan dengan tahapan perkembangan dari ahli (nanti akan dimuat di web infoterapi) atau bandingkan dgn anak seusianya.
  2. SD bisa merupakan indikasi gangguan yang lebih serius: autism spectrum disorder (ASD), keterbelakangan mental, gangguan belajar, dsb. Tetapi bisa juga benar-benar cuma developmental delayed atau keterlambatan perkembangan anak.
  3. Anak SD perlu STIMULASI. Stimulasi bisa diperoleh dari tempat terapi atau dilakukan di rumah. Lebih ideal lagi bila dilakukan keduanya. ENGAGEMENT (keterlibatan emosi, interaksi) adalah hal yang perlu dijalin pertama kali. (Berbeda dengan sistem terapi lama yang menekankan pada kepatuhan). Stimulasi di tempat terapi saja tidak cukup (2-3 jam seminggu). Namun, terapi di rumah saja juga ada kekurangannya orang tua perlu mengetahui cara-cara mendekati anak, materi kurikulum, sarana/alat terapi, dll. Idealnya kedua cara tersebut digabung. Orang tua harus hadir saat terapi (Singapura mewajibkan hadir oang tua saat terapi, tanpa kehadiran orang tua tak ada terapi).Terapi wicara sebenarnya adalah latihan oral motor (bibir, rahang, dsb) di Indonesia masih bercampur antara terapi wicara dengan isi ABA, dan terapi okupasi. Sehingga masih diperlukan supervisi dari
  4. Berbicara tidak sama dengan komunikasi. Cobalah cek apakah anak dapat menceritakan kembali pengalaman yang dilaluinya. Apakah anak dapat mengerti bila dibacakan cerita dan dapat menceritakan kembali dengan bahasa yang sederhana? Bila anak dapat melakukan semua itu, berarti tidak ada masalah dalam pengertian dan kemampuan bicara anak.

orang ke tiga yang akan memantau kemajuan terapi.

ANAK BERBAKAT NAMUN MEMILIKI MASALAH BERBICARA ?

Satu hal yang menarik diutarakan oleh seorang Mommy yang mempunyai anak yang bermasalah dengan kemampuan berbicaranya, namun setelah ditelusuri ternyata sang anak tercinta memiliki intelejensia yang sangat tinggi. Menurut sang Mommy, sampai saat ini kajiannya belum ada, jadi anak- anak late talker yang ternyata kelaknya diperkirakan akan berkembang dan bicara tanpa bantuan terapi namun ternyata mengalami learning disabilities, tidak terlacak sejak awal. Banyak kasus saat ini, anak ternyata sudah cerewet tetapi jika diajak bicara sulit menjawab. Dalam pelajaran matematika baik, tetapi kesulitan dalam pelajaran bahasa. Dalam pelajaran dengan menggunakan analisis baik, tetapi sulit dalam pelajaran menghapal.

Kajian untuk kelompok anak seperti ini di Indonesia belum ada. Tapi kelompok pemerhatinya sudah banyak. Indonesia agak ketinggalan memang, sayang sekali. Padahal kelompok anak yang late
talker, semuanya oke termasuk inteligensianya, namun tetap termasuk juga sebagai kelompok anak berresiko. Resikonya (tergantung dari perkembangannya) adalah kelak akan mengalami learning
disabilities (gangguan belajar) perkembangan sosial khusus (lebih introvert), atau kesulitan lainnya selama di sekolah, kerja tim, dan bermain.

Keterlambatan bicara dengan inteligensia normal sampai tinggi, bisa ditelusuri dalam bahasan Centrum Auditory Processing Disorder (CAPD) bagian dari otologi-neurologi, ataupun THT. Di berbagai Universitas di Indonesia belum ada yang sanggup melakukan deteksinya. Karena CAPD ini juga mempunyai spektrum mulai dari ringan sampai berat. Tetapi penelitiannya di berbagai negara sudah mulai banyak, bahkan beberapa negara sudah punya pusat kajiannya. Bagaimana terapi dan stimulasinya juga sudah mulai banyak dibicarakan. Mailing listnya juga sudah mulai banyak.

Mommy dengan anak berbakat ini menyampaikan, bahwa anak tercintanya. sampai umur satu setengah tahun bisa berbicara banyak, bisa berhitung, bisa bernyanyi macam-macam… namun lama-lama bukannya malah berkembang tapi malah mundur, baru berbicara lagi mulai umur 3 dan baru bisa berkomunikasi dua arah umur 5 tahun. Pernah mengikuti speech terapi mulai umur 5,5 selama dua tahun. Sekalipun bisa komunikasi tapi toh ada gangguan dalam kemampuan ekspresi verbalnya.

Di dalam kelompok seperti anak berbakat ini banyak yang harus menerima speech terapy, dan mengalami gangguan belajar yang disebabkan karena kemampuan pengertian bacaan tidak memadai.Meskipun mempunyai inteligensia normal sampai tinggi, tetapi mengalami kelainan perkembangan komunikasi (communication development disorder) . Penyebabnya bukan karena kurang stimulasi lingkungan, bukan karena pendengaran terganggu, bukan karena oral motornya terganggu, tetapi gangguan proses informasi di bagian otak yang mengatur pengolahan informasi dan bentuk gangguan komunikasi ekspresif.

Berbicara dalam Kongres autisme yang diadakan oleh IDAI/IDAJI/PERDOSI dua tahun lalu , sang Mommy melakukan pertemuan- pertemuan dengan para orang tua late talker. Ada 4 (empat) anak anak
yang semula mulai bicara tetapi ternyata perkembangannya tidak ada. Mereka didiagnosa dengan autisme. Ternyata waktu di atas umur 5 tahun mereka keluar dari kriteria autisme, tetapi tetap tidak bisa bicara. Mereka dinyatakan Afasia (tidak bisa bicara) dan kemampuan bicaranya sulit sekali, kosa kata tidak berkembang, cenderung jika dalam bahasa Indonesianya dikategorikan sebagai gagu.

Karena perkembangan seorang anak sulit kita ramal kedepannya. Saran dari Mommy ini adalah untuk selalu siap memperhatikan, siap mendukung dan menstimulasi diri anak agar perkembangannya tidak melenceng jauh. Ada anak yang mempunyai perkembangan diri yang lambat, ada yang normal, ada justru sangat cepat. Ada yang simultan secara harmonis berkembang secara bersamaan, ada yang
satu aspek perkembangan maju cepat tetapi aspek lain tertinggal.

Sumber: balita-anda

About these ads

Responses

  1. Apakah bertanya disini tidak kan ada balsan y?semua keluhan saya liat sma sperti sya ..anak saya 26 bulan cuma bisa blg dah,ppa,eek,klo mw minum tunjuk mulut..kalao ajrin ngmg tidak mau dengar…kdang yg dia bisa aj seprti suk pa,dia baru mau ikut..klo srh bilang mama dia bilang papa,…

  2. Memang setiap anak beda2 kemampuannya, sebaiknya sejak dini diperiksa kan ke tumbuh kembang, supaya cepat terdeteksi penyebabnya, mudah2an cepat bisa bicara, amin

  3. Saya jg mau sharing, anak saya udah usia 21 bln, bicara nya baru bisa : mama, papa, nene, udah, dadada,, kalo dia mau minum or makan, dia buka mulutnya or dia tunjuk mulutnya bahwa dia mau minum or mau makan,,, mau tanya apakah anak saya harus dibawa ke terapi tumbuh kembang anak, terima kasih informasinya

  4. Putri saya brapa hari lagi mau 18 bln tapi blm bisa bcr, hanya kata mam, haba untuk habis dan ye, itu pun juga kalo lagi mau.memanggil mama nya juga oi.namun bila dibilang bye atau perintah sederhana lain sdh mengerti..namun jarang mau menatap mata org…apabila diajak bicara atau belajar mengulang kata dia akan memalingkan muka…ap yang harus saya lakukan ya?? Trus terang saya khawatir se x..saya sdh tanya ke dsa tp kata nya msh blom 2 tahun jd ditunggu aj smbl ttp distimulasi..apabila ad yg pny pengalaman mohon share ny…tq

  5. bagi ayah, bunda yang putra/putrinya mengalami gangguan/keterlambatan tumbuh kembang yang tinggal di yogyakarta dan sekitarnya, ada rekomen untuk klinik tumbuh kembang yang bisa jadi salah satu pilihan sebelum memutuskan anaknya akan menjalani terapi apa dan di mana yaitu di klinik terapi rumah sahabat. webnya di pttkarumahsahabat.com. semoga membantu

  6. Anak saya usia 2.2 bln jg belum bisa bicara.cuma bisa dah, mama, bapa,tut- tut….sering ngoceh tp ga jelas.dan irit bicara.tp klu nonton TV ( baby Tv) suka ketawa sendiri atw ngoceh seperti yang ngerti.pengalaman dgn abangnya jg speek delay, tp setelah dimasukin play group , alhamdulillah skg sudah lancar bicaranya.karna takut sempet jg dulu abangnya dari usia 2 tahun ikut terapy bicara walau dokter tdk menganjurkan.tp memang tdk ada perkembangan signifikan dgn terapy bicaranya.perkembangan yg pesat setelah saya masukan play group.tp walau ada pengalaman dr abangnya, pas kejadian sama adenya tetap jg khawatir…..klu adenya ini saya blm ada konsultasi kedokter.

  7. Anak saya cowok usianya 2 tahun 10 bulan. sampai saat ini juga belum bisa bicara yang banyak. tidak seperti kwn2nya yang lain. bisanya panggil maa, da daag, dan kalo naik kendaraan bilang ” ngengenggg” gitu. saya sangat kuatir, sedih dan terkadang juga terbawa emosi karena setiap diajak dialog selalu cuek dan cari pengalih kegiatan yang lain. dia agak hiperaktif tapi terkadang kalo diminta kerjakan sesuatu dia bisa. apa yang harus saya lakukan. mohon info, saran yg membantu terkait hal itu. email : ariestagyr@gmail.com

  8. anak saya januari 2014 3 tahun, tapi belum bisa bicara.
    kosa katanya ngga banyak. kalo di suruh ngerti dikit dia.
    tapi yaitu bicaranya tak jelas.
    bagaimana ya ?
    apa di bawa ke terapi?

  9. Anak saya sudah berusia 2 tahun 7 blan,tp belum bsa bicara,hanya ngoceh gag jelas.bilang aem,do,mimi,ho,a,
    Dia hyperaktif,kalau d suruh buang sampah ato apa juga tau,tapi kalau di panggil tidak mau menengok,apa ad masalah dengan pendengarannya?tapi kalau dengar petasan,suara pesawat ato apa juga dengar,

  10. Wah membaca semua artikel sharing ibu ibu membuat saya sedikit terhibur… say juga punya anak laki laki, sekarang udia sudah 3,5 tahun, sama masalahnya anak saya belum lancar berkomunikasi, dia mengerti tau perintah, to klo ditanya blum bisa menjawab, sedih rasanya klo lihat sepupunya yang sudah visa bicara padahal bed a 7bulan lebih muda. Kadang says yang slalu disalahkan, jadi kesel. Padahal saya klo bicara selalu dilambatkan,dijelaskan, bercerita, mengajak bicara, mungkin mereka tidal tahu itu, katnya Masala dot, tapi banyak yang ngedot visa berkomunikasi bahkan sekarang sepupunya lebih pariah ngedotnya… apa harus diterapikah?

  11. anakku uda berumur 3 taon 3 bulan, sampai sekarang belom bisa bicara,, ketika di suruh bicara di ga mau,, tpi kadang kadang klo spontan bicara, tpi ketika disuruh lagi udah ga mau, uda semuanya saya periksa dan hasilnya normal (bagus) tpi kalo dari segi penglihatan dianya cepat, niru,, memorinya bagus, sekali diliatin mainan langsung tau kaya pussle, dia uda bisa nyusun.,, jelasnya klo masalah meniru uda jago banget,, tpi klo bicara malas,, dan ga jelas juga,, kira kira anak saya kenapa ya…

  12. saya senang bisa membaca artikel ini,banyak hal yang sangat membantu untuk perkembangan anak saya .Terima kasih,

  13. Saya juga m’punyai anak blm bisa bicara sama sekali. Usianya sudah 4 th 1bln. Sekarang sedang mengikuti terapi Tumbuh kembang di RS. HERMINA DEPOK.
    Aku mau dong info apapun tentang anak seperti ini. Tolong share ke e-mail ku ya? Di Dewi.santi02@gmail.com
    Thanks

  14. Kenalkan sy mamanya Dion(3,5th) kosa katanya banyak tp gk jelas(sengau).
    Jd klo Dion ngomong gk ada yg ngrti selain ak.
    Dion lahir normal, prkmbangannya jg normal,
    sjk lahir minum sufor krn ada mslh dg ASI sy, n usia 2th dia br mau makan krn sblmnya dia g mau makan sama skali, dia akan mnutup mulutnya rapat2 n makanan yg dah masuk kmulut akan dkluarkan lagi,smbil nangis.

    anaknya sangat2 aktif(tp bkn hiper). Dia hafal smua warna scra detail,angka 1-100 jg bs.
    Klo dperhatikan wktu dion nyanyi itu lidahnya kaku banget jd intonasinya terdengar sengau…..
    Prnh sy priksakan dRS dkt rumah (lamongan,jatim) tp katanya gk ada mslh, d ajak ngomong aja terus(dirangsang) nnti akan lancar sndiri.
    Kira2 kenapa ya bun, sy kuatir anak sy ada mslh dg bicaranya, krn sy tinggal d desa n kterbatasan dana tuk pemeriksaan lbh lnjut.
    Mgkn bunda pnya solusi, terapi sederhana apa yg bs sy lakukan agar dion bs cepat ngomong.
    Mksh buat jwbn2nya…….

  15. Anakq DION dah 3,5th, kosa katanya banyak tp gk jelas.
    Jd klo Dion ngomong gk ada yg ngrti selain ak.
    Dion lahir normal, prkmbangannya jg normal,
    sjk lahir minum sufor krn ada mslh dg ASI sy, n usia 2th dia br mau makan krn sblmnya dia g mau makan sama skali, dia akan mnutup mulutnya rapat2 n makanan yg dah masuk kmulut akan dkluarkan lagi,smbil nangis.

    anaknya sangat2 aktif(tp bkn hiper). Dia hafal smua warna scra detail,angka 1-100 jg bs.
    Klo dperhatikan wktu dion nyanyi itu lidahnya kaku banget jd intonasinya terdengar sengau…..
    Prnh sy priksakan dRS dkt rumah (lamongan,jatim) tp katanya gk ada mslh, d ajak ngomong aja terus(dirangsang) nnti akan lancar sndiri.
    Kira2 kenapa ya bun, sy kuatir anak sy ada mslh dg bicaranya, krn sy tinggal d desa n kterbatasan dana tuk pemeriksaan lbh lnjut.
    Mgkn bunda pnya solusi, terapi sederhana apa yg bs sy lakukan agar dion bs cepat ngomong.
    Mksh buat jwbn2nya…….

  16. Anakq DION dah 3,5th, kosa katanya banyak tp gk jelas.
    Jd klo Dion ngomong gk ada yg ngrti selain ak.
    Dion anaknya sangat2 aktif(tp bkn hiper).
    Klo dperhatikan wktu dion nyanyi itu lidahnya kaku banget jd intonasinya terdengar sengau…..
    Prnh sy priksakan dRS dkt rumah (lamongan,jatim) tp katanya gk ada mslh, d ajak ngomong aja terus(dirangsang) nnti akan lancar sndiri.
    Kira2 kenapa ya bun, sy kuatir anak sy ada mslh dg bicaranya, krn sy tinggal d desa n kterbatasan dana tuk pemeriksaan lbh lnjut.
    Mgkn bunda pnya solusi, terapi sederhana apa yg bs sy lakukan agar dion bs cepat ngomong.
    Mksh buat jwbn2nya…….

  17. Aku juga punya putra yang lambat bicara. Sekarang umurnya 4 tahun 3 bulan. Bedanya dengan yang lain anakku ini kembar. Laki laki semua. Dulu waktu berumur 2 tahunan lebih saya sudah curiga dengan anak kembar saya. Perkembangan verbalnya tidak sama dengan anak lain. Dua duanya. Akhirnya saya putuskan saya bawa ke poli tumbuh kembang anak di RSUD Dr Sutomo Surabaya. Di situ semua dicek dan dievaluasi. Mulai riwayat kehamilan, riwayat kelahiran (anak saya lahir operasi caesar), evaluasi fisiknya, tingkah lakunya, kemampuan verbalnya. Semua normal, tapi lambat bicara Tidak ada gejala autis maupun down sindrom. Pendengaran juga bagus.

    Akhirnya diputuskan untuk dilakukan terapi wicara di poli rehabilitasi medik.
    Karena tidak terlalu banyak kemajuan dan juga jauh dari rumah, akhirnya saya putuskan berhenti terapi wicara.

    Sebagai gantinya, sekarang anak kembar saya, saya masukkan ke sekolah play group inklusi yang ada di dekat rumah saya. Disitu ada beberapa terapis untuk lambat bicara. Jadi dalam satu minggu, 3 hari sekolah dan 3 hari terapi. Perkembanganya ada, jadi saya tambah bersemangat.

    Memang kita harus exstra sabar. Pikiran harus dingin menghadapi anak seperti ini. Tidak boleh emosi (kadang kadang saya juga emosi apalagi kalau dikantor banyak masalah). Saya sama istri seringkali menguatkan hati satu sama lain.

    Ada nggak ya alat alat peraga dijual untuk terapi seperti puzzle dll. Karena waktu terbanyak adalah dirumah Kalau ada tolong e-mailkan ke irfanjunaidim38@yahoo.co.id . Kalau ada artikel seperti ini tolong e-mail juga ke nomor e-mail saya

    Thanks

  18. anak saya 3 th 6bln belum lancar bicara juga hanya bbrp kata, sudah mengerti dan juga jika mau sesuatu akan mengandeng tangan ku dan memberitahu ku dengan menunjuk jarinya. untuk bacaan a-z sama 1-10 uda lancar dirumah ada 3bahasa (ortu beda ras ditambah kakeknenek bahasa moyang) ditambah bahasa pergaulan teman taman bermain 1bahasa total 4bahasa. apakah itu salah satu penyebabnya?? tahun ini mau disekolahkan, apa bisa membantu untuk komunikasinya?

  19. anak saya sudah 3 th 3bln bicara belum lancar cuma bisa beberapa suku kata itu aja belum begitu jelas utk bbrp perintah dia sdh mengerti mohon sarannya, terima kasih.

  20. adik sya udh berumur 6 tahun tp masih blm bsa berbicara, bahkan dia masih asyik dgn dunia nya sendiri, terkadang sya melihat ank2 yg lain berbicara bahkan bermain dgn tmn2 nya sya sdih knpa ank sya tdk bsa,, apa yg hrs sya lakukan agar adik sya bsa berbicra, mengerti apa yg kta ucapkan???

  21. Dr anak sy udh 3 setengahtahun lebih dia ada 4 bahasa tp anak saya lebih bs bahasa hokkian dan indonesia tp bahasa inggeris dan mandarin ngerti tp tdk bs ngomong gmn dr dia sekolah di internasional school

  22. Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak (PTTKA) Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini anak berkebutuhan khusus dengan psikolog, terapi wicara, sensori integrasi, fisioterapi, behavior terapi, Renang& musik untuk anak berkebutuhan khusus, terapi terpadu untuk autism, ADD, ADHD, home visit terapi & program pendampingan ke sekolah umum. informasi lebih lanjut hubungi 0274 8267882

  23. kalo ada artikel2 mengenai speech delay bisa email kesaya dong, emailnya: yulicutes@yahoo.com…saya tertarik krn anak saya jg uda usia 2 th 8 bulan tapi masih blm bisa bicara dan saat ini saya ikutkan terapi

  24. saya sangat terkesan sekali membaca artikel di atas. umur anak saya 2 tahun 2bulan, sampai sekarang belum bisa bicara, apakah ada hubungannya sewaktu dia lahir? karena pada saat lahir, anak saya di fakum (dibantu dengan cra di sedot) ? mohon jawabannya di kirim ke email saya, txs

    • Anak saya cew buk… klo boleh tau, terapinya kayak gmn? Sendiri apa ada dokter yg menterapi?

  25. saya tertarik membaca artikel dan keluhan2 di atas,say punya anak 3 tahun juga belum bisa bicara,klo bisa mencarikan jalan yg terbaik bagi keluarga saya,mhn balas ke email saya tks.

    • Hi bunda…kalo boleh tau anak bunda cow apa cew? skg uda bisa apa bunda? anak saya jg 2 th 8 bulan, blm bica bicara, akhirnya skg saya putusin utk melakukan terapi bicara….

  26. anak saya umurnya 3tahun kurang 2 bulan sampe sekarang belum busa biara kalaupun mengeluarkan suara masih ga berbentuk,saya sedih klu lihat anak ku kalau ngoceh terkadang dia mau cerita tapi kedengaran nya seperti susah kaya ada yang menghala1ngi sdi tenggorokan nya.

    • bukan hanya ibu yang mengalaminya,keponakan saya udah 6 tahun belum bisa bicara.

      • saya juga,keponakan saya sbntar lagi usianya 5 tahun, namun belum bisa berbicara dengan lancar… dan masih malu – malu…

  27. Dear..bagaimana solusi nya agar perkembangan si anak berumur 21 bulan bisa berkomunikasi trima kasih

  28. Trimksh sblmnya ats informasiny.saya ibu rumah tangga mempunyai anak sdh berumur 3,2 thun..tp msh belum bs bicara,,wktu berumur 2 tahun msih bisa bilng mamah,papah,,skg malah hilang,,jarng brkomunikasi mata,tidak bisa diam…sya benar2 khawatir,,pernah k dokter anak,dokter bilng normal,tdk termsk autis..skrg sya mau k terapi.tp sya msh bingun terapi apa yg cocok,,,tolong bantu saya,,,,

    • Saya berdomisili di Medan, usia anak saya 2 thn 8 bulan (lahir 4 Juli 2009. anak saya merupakan anak ke-2. Sampai saat ini dia belum juga bisa berbicara dibandingkan dengan kemampuan abangnya yang mungkin belum usia 2 thn waktu itu sudah bisa berbicara.
      Sebelum terlambat kami melakukan beberapa usaha
      1. Kami datang ke RS PIRNGADI Medan kebetulan dilayani oleh Dokter Umum karena Dokter anaknya belum hadir, karna pada saat dipanggil dokter menoleh, tatapan mata baik, maka dokter langsung menyarankan untuk diterapi bicara.

      2. Suami saya berinisiatif untuk melakukan test BERA untuk lebih meyakinkan apakah ada masalah pendengaran pada anak kami. Kami lakukan test tersebut di EARTEC Medan, hasil diagnosa menyatakan pendengaran anak kami normal.
      Maka si pemilik tempat test menyarankan kami untuk bertemu dokter spesialis anak Sub spesialis Tumbuh kembang anak dr Sri Sofiani di RS ADENIN ADENAN Medan, untuk lebih mengetahui prilaku anak.

      3. Kami bertemu dengan dr Sri Sofiani dan dokter memberikan test dengan memainkan mainan edukatif, juga membaca hasil tes BERA tersebut, dokter berkesimpulan anak kami belum masuk kategori autis, hanya otak yang mengatur kemampuan bicara represif (kata kata yang keluar) agak lambat, maka dilakukan terapi bicara jalan keluarnya, dan anak dilarang nonton tv.

      4. Selanjutnya kami memutuskan melakukan terapi di RS PIRNGADI MEDAN dulu seminggu 3x,lalu dirumah saya tidak menyalakan tv dan melakukan aktivitas dengan berbicara, bernyanyi, bercerita dan bermain bersama anak saya, mudah-mudahan ada perubahan.

      Demikianlah yang kami laksanakan 1 minggu ini.

      • salam bu sherly.
        sdh bagaimana pkembangan anak ibu skrg??
        saya mpunyai keponakan yg kondisinya persis sm dgn anak ibu,, saat ini usianya 2th 6bln.
        km bniat melakukan tes BERA,,
        utk lokasi medan dimana tempat melkn tes tsb y bu??
        terima kasih infonya.

    • sebaiknya putranya di bawa ke tumbuh kembang anak bu untuk mengetahui gangguan yang dialami dan juga penanganan yang haruis dilakukan, karena semakin tambah umur semakin sulit dan perlu waktu lebih lama untuk terapi dll. semangat ya bu

  29. anak saya laki sudah umur 4,tahun lebih belumm bisa berbicara, saya kawatir dan selalu kepikiran bagaimana anak saya ini kok belum ngomong. saya sudah bawa dia kemana mana ya dokter ya paranormal tapi hasilnya belum ada. dia mengerti kalo disuruh apa saja dan tangkap tetapi untuk bicara susah sekali.

    • wah.. saya jga bingung nich…
      anak sya aja sdah hampir 4 thun blum jga bhisa ngomong dia cman bhisa teriak” dia jga bsa di kategorikan sebagai anak yang hiperaktif dia tu ga biza diam tapi klau dia dia di sruh pa aja mengerti…
      mohon di blz i email saya
      fatmaatma72@yahoo.co.id
      trimzzz

  30. Anak saya laki2 sdh umur 5 thn tp tetapi blm jelas berbicara. Kdng dia kesulitan utk menceritakan sesuatu. Tp dia tdk ada masalah pd pendengaran, hanya saja krn sulit berkomunikasi dia jd lebih suka main sendiri. Saya khawatir krn skrg adiknya yg berumur 3 thn jauh lebih bisa dimengerti bahasanya drpd abangnya. Menurut anda tindakan apa yg hrs saya lakukan terhadap putra saya ini?

  31. Thanks buat artikel ini.. saya jadi terbuka pemikiran dan intropeksi diri lagi dlm mendidik anak kami. anak saya yg plg besar ce umur 2 tahun 6 bulan.. sejak kecil dia trlalu banyak kami berikan tontonan tv sehingga kurang komunikasi, trlebih saya juga harus mengurus si kecil yg sekarang berumur 1 taun, sehingga waktu mengajar untuk si kaka sangat kurang.. dia sudah mengerti akan larangan dan perintah, tp kadang tidak mau d ajarkan untuk memulai kata.. tp dngan artikel ini saya belajar untuk seimbang antara anak pertama dan kedua.. lagipula anak saya yg kecil juga butuh rangsangan untuk mulai belajar kata.. thanks sekali lagi untuk artikelnya.. GBU

  32. Anakku 3 tahun 1 bulan belum bisa bicara 2 arah. Kata2nya terbatas yang dia suka. Tapi dia mengerti kalau dilarang. Aktif geraknya. Hanya suka malas kalau diajari ngomong. Matanya sih menunjukkan dia mengerti. Satu hal yg pertama-tama dan terus sy lakukan: laporan sama Penciptanya, sharing dan mohon pertolongannya. Sy percaya anak saya dan anak-anak Bapak Ibu spesial dan pasti akan bicara normal.

  33. saya punya anak umur 19 bulan dia cuek bgt gak pernah respon kalau diajak ngomong,,dia respon kalau ada film yang dia sukai aja..
    belum bisa bicara juga…………..
    sedih bgt rasanya

  34. Mungkin ini salah satu solusi Anak yang belum bisa bicara.

  35. ank sy juga blm bs ngomong…uda satu setengh tahun….skrg diterpi pke pijet apa bnr dgn terapi in bs mempercpt ank sy ngomong?

    • ibu, untuk menentukan jenis terapi yang tepat sebaiknya di bawa ke tumbuh kembang dulu bu, pijet apa yang ibu maksud? karena kalo hanya dari omongan si ibu a, ato kata si b, wuah, bahaya sekali bu…

  36. saya jg sama anak saya jg mempunyai masalah seperti itu semua sudah d coba mulai dari eeg bera speake terapi dan dokter hanya menggatakan pendenggaran nya jauh akan d lakukan pemeriksan rumah siputnya tapi belum ad hasil tetapi kami orang tua selalu menggajaknya berkomunikasi dan tetap memasukannya ke sekoah tk alhamdulillah sekarang beberapa kata sudah ia ucapkan sekarang anak saya berumur 5 th dan tetap melakukan aktifitas sekolahnya

  37. anakku jg 28bln blum bisa bicara seneng bercanda tp ocehan msh seperti bayi aku khawatir banget di perintah susah blum mengerti klu klu di tunjukin ke arah apapun susah buat nurut nengok nya aku sedih sekali

  38. Anak saya umur 3 tahun kurang 1 bulan, di suruh apasaja sudah pintar
    menghitung s.d 10 pakai bhs ingrris sudah ok..binatang juga sudah tau
    cuma pada saat berbicara ada maknanya menunjuk sesuatu cerita tetapi tidak jelas..apakah anak saya mengalami ketrlambatan ya..klo memg benar akan kami bawa therapi.

    Terima kasih

  39. adik saya sudah hampir 4 tahun belum bisa bicara
    tapi dia tau kalau kita bicara apa,seperti ambil sapu diambilnya
    mana abangnya dia tau,tapi ketika di suruh bicara dia seakan2 marah dan tau klau dia blum bisa bicara
    bagaimana caranya supaya adik saya bisa bicara
    soalnya saya sayang sekali sama adik saya
    thank u

  40. Ini mmng artikel yg bagus dan sangat mmbantu, ternyata aku dan suami tdk sendiri. Aku curhat ankku tgl 28 des 2011 nanti berusia 3thn, tp aku sedih krn dia blm bisa komunikasi 2 arah, blm mengerti crita, sdh ngerti perintah & larangan. Aku menyadari ini saat dia masuk umur 2thn,mmng krn dia kurang mndpt perhatian khususx dlm hal komunikasi.
    Dan skrng aku dgn rajin mengajak dia bicara, tp rasanya blm puas. Aku pingin bwh ankku ke terapis dan klau ada vitamin otak aku minta bantu. Kami domisili di samarinda, mohon bantuanx trim’s. Ibu Novi.

    • Salam Bu Novi, gmn perkembangan anaknya sekarang bu? Anak saya jg skrg umur 4.2 tahun.. Ngomong masih blm bisa interaksi 2 arah, tergolong lincah dan aktif, dan jg cerewet tp cenderung bahasa yg dikeluarkan tidak jelas.. Mohon info, anak saya sekarang sdh ikut speech terapy di Sinar Talenta Samarinda..

  41. Dgn mm Vial, Vial sekarang sdh 2′thn 10bln tp dia belum bisa cerita, hanya bisa mengucap satu kata, sulit untuk menyambung seperti ‘minta mobil’ dia tdk bisa nyebut bersambung.dia hanya bisa mengeja atau mengikuti satu kata dlm kalimat yg ku ucapkan, sehari2 dia senang bermain dgn tmn2nya lari2an diluar maupun di dlm rmh. Aku menyadari ankku terlambat bicara krna kurang perhatian dr org tua/dewasa dlm hal komunikasi. Krna itu aku minta tlng bagi siapa yg tau tempat ‘terapi bicara’ di samarinda, krna kami berdomisili di smrnda.

  42. Anak saya perempuan umur 3 tahun 10 bulan…tapi sampai saat ini msh blm bisa bicara,hanya kata perkata saja,itu juga susah sekali….
    sudah 6bulan ini saya terapi bicara secara rutin 2kali seminggu di rumah sakit,tapi belum ada hasil yang signifikan,pemeriksaan mulai dari pendengaran dan penglihatan di THT semuanya menunjukan hasil yang bagus….
    saya bingung harus berbuat apalagi sekarang…mohon tanggapan dan solusinya…terimakasih sebelumnya….

  43. Terima kasih sekali atas artikel ini, artikel ini sangat membantu dan menambah wawasan tentang keterlambatan bicara pada anak… mari kita tanggap terhadap hal2 yang berubungan dengan perkembangan anak kita. thx ya…

  44. Terima Kasih atas Infonya Semoga Bermanfaat bagi kita semua, Salam Kenal dari CD Interaktif Anak-anak , dari wwww.cdedukatif.com

  45. anak saya sudah berumur hampir 4 thun, tpi dia blum bisa melakukan komunikasi,dia hanya bisa mnyebut,mama,bapa,kk,adk, pk’nya skitar lingkungn dlm rumh,3 bln yg llu saya pernh mncoba membawanya ke dokter specialis anak namun dokter trsebut memfonisnya klau prkembamgnx lmbat, mka dari itu saya hrap solusinya untuk memastikan anak saya normal apa tidak,karena dlm tahun ini sbenarnya dia sudah bisa mndapatkn pendidikn.dan dlm melkukn tndakn anak sya tidak mnghiraukn sruhan dari saya,trus jrang mllkukn hal” yg positif sperti anak yg lain.

  46. ank saya tgl 7 juni 2011 nt gnap brusia 4 th, laki2 dan sgt aktif skali. smua huruf abjad sdh afal walaupun kt acak, brhitung/pngenalan angka dr 1- 100 sdh tau, warna2 sdh tau. mniru smua yg kt ucapkn / yg kt lakukan sdh bs, azan jg sdh pas. dy lbh suka mprhatikan hal2 yg brbau ilmiah, tp blm jg bs mngungkapkn dg kata2. sdh mngrti dg smua yg kt printahkn, tp 50% dy tau apa yg hrs d ucapknny dan 50% lg blm bs dy mngungkapkn dg kata2. sgt jauh brbeda dg anak seusianya. mhn penjelasanny.trimakasih sblmny dan sesudahny.

    • Anak sy 3 tahun blm bisa bicara lancar dan cerewetnya minta ampun tp kadang tidak dimengerti,segala hal yg dilihat slalu dia tanya. Alhamdulillah,dia sudah bisa menyebutkan huruf alfabet secara abjad dan sudah sebagian tau warna.Dia hanya suka dengan mobil2an apapun bentuknya.Pernah masuk PAUD,tp dia g mau belajar kaya yg lain,hnya main saja.Diajarin doa2 dan nyanyi2 pun susah.Apakah belum bicara lancar hanya keterlabatan pertumbuhan saja?

  47. anak saya umur 3thn bulan mei, ini belum bisa berkomunikasi 2 arah dgn baik, abjad a-z , angka 1-10 uda dihafal walaupun diacak2, kosakatanya masih kurang. apakah anak saya harus terapi?

  48. hanya berbagi sj.haidar sebelum usia 24 bln,ngomongnya jg terbatas hanya mama,ayah,mimik&nenen.tp begitu disapih umur 24 bln,langsung cerewet bgt.amazing deh.saya&suami memang rajin ngajak dia ngobrol,mendongeng kalo mau bobo,bercerita ttg aktivitas dia&sll mendorong haidar meniru kata2.alhamdulillah,skrg usianya 27 bln.dah bisa cerita aktivitasnya,hapal doa2 dalam bhs arab,menyanyi beberapa lagu indonesia&inggris,dan mampu berkomunikasi dengan orang lain.intinya,jangan bosan cerita atau ngobrol dengan anak walaupun anak nggak ngasih respon.

  49. anak saya jg mengalami terlambat bicara.Diagnosa doktr hiperaktif.Skrg sdh hampir setahun terapi di RS Medika Cikarang.Perkmbngannya bgs.Kemandiriannya jg lebih baik.Skrg usianya 3Th.Sdh bs ngomong lancr cm kdg msh blm bgt jls.

    • boleh bu infonya, anak saya baru 3 thn 3 bulan, aktif banget, ngerti apa yang kami sampaikan cuman dia belum bisa lancar ngomongnya kadang ngoce ga jelas….. kalau di medika cikarang, ke dokter siapa bu?
      yhx ya

  50. saya mempunyai anak perempuan,26 maret kemarin genap berusia 4 thn, tp blm lancar berbicara,dia sdh mengenal warna walau blum bisa menyebutkan warna tsb,sdh bs jg berhitung 1-10 tp blum tau alfabet,kdng jg omongannya tdk bgt jelas,namun ada jg omongannya yg d mengerti, kalo d suruh dia udah paham, yg ingin sy tykan apakah anak sy itu sdh bs sy sekolahkan(msk tk) mengingat sy pernah membaca d salah satu situs d internet yg mengatakan “ada baiknya anak yg belum lancar berbicara sebaiknya jgn d sekolahkan dahulu agar tdk menimbulkan stres pd anak itu sdr”. Benarkah itu adanya,? Sy mohon solusinya krn sy berniat dlm waktu dkt ini untuk mendaftarkannya msk sekolah Tk

    • Wah spertinya kemampuan anak anda sama persis dng anak sy..cmn anak saya udah tak masukin paud walhasil…anak sy lebih aktif dlm berkomnikasi dan lebih smangat dlm belajar..walau belum jelas bicaranya..smoga alloh memberi kemudahan..amiiin

  51. Artikel yang bagus sekali. membuat saya lega&lebih bersabar lagi. Anak saya laki-laki 2 th, belum bisa ngomong. byk org yang “heran” knp anak saya blm bisa ngomong membuat saya makin kwtir, kok sprtinya anak saya tdk normal.
    saya memang harus lebih bersabar lagi, pasti anak saya dapat bicara. Semua indah pada waktuNya.

  52. anak saya hampir empat tahun namun belum bisa ngomong… masih cacac huhu.. mohon solusinya

  53. ank saya berumur 4tahun tetapi belum bisa bicara,,,tetapi dia bisa satu kata dan itupun kalau kepepet. sebernya anaknya lincah dan ngerti apa yang harus dilakukan cuman sulit buat bicara.
    kira2 ada masalah apa ya???dan bagaimana solusi yang tepat untuk dia???
    tolong dibales n terimaksih.

  54. ank saya berumur 4tahun tetapi belum bisa bicara,,,kira2 ada masalah apa ya???dan bagaimana solusi yang tepat untuk dia???
    tolong dibales n terimaksih.

    • anak saya umur 4thn 4bulan,tetapi belum bisa bicara,baru bisa mengucap kata mamah,udah,aa,belim bisa merangkai kata kaya anak yang lainnya,bahgaimana ya solusinya ?

  55. anak sy udah umur 4th blm bs bicara. bsa gak kasih solusi untuk mengatasinya?

  56. anak kami umur 5 tahun lebih udah banyak berbicara, tetapi banyak yg tidak jelas. Beda jauh sama anak seusianya. Sekarang anak saya sudah TK, tapi ada masalah sama bicaranya juga masalah dalam belajarnya. Dia bisa bercerita, tapi belajar baca tulis sama sekali belum bisa. Kami sangat kesulitan dalam mengenalkan huruf dan angka. Kami mohon bagi yg punya solusi atas masalah ini, untuk bisa berbagi. Terima kasih.

  57. anak saya juga di saat umur 3 tahun belum lancar bicara hanya pandai nyebut papa mama dan beberapa kata lagi. Tapi jangan kawatir berjalan nya waktu udah mulai bicara meski masih kurang jelas. Lama2 nanti tau juga.

  58. saya punya anak laki2 umur 3thn 1 bln.dia belum bisa bicara satu katapun,anaknya tdk mau memperhatikan orang lagi ngomong,tapi apabila ia melihat tv atau putar dvd lagu2 anak2 dia nyanyi2 tapi ngoceh tdk jelas.kira2 alat apa yah?untuk trapi di rumah.tq u

    • Sis anak saya 25bln persis dgn anak sis. Skrg gmn perkembangannya? Apa ikut terapi atau bagaimana. Tolong share ya sis.. Thank u

  59. duh, lega jg baca artikel ini ternyata perkembangan anak berbeda-beda, anak saya laki-laki 2th3bln pun blm lancar berbicara, tp kdg dia bisa mengulang kalimat yg kami sebut dgn sendirinya walau tidak sering, bila dikatakan tidak boleh dia mengerti, anaknya sangat aktif dan bila sedang bermain dia sering mengoceh dgn kata-katanya sendiri yg tdk jelas, apakah anak saya masih normal….?

  60. Huaaaa, baca artikel ini bikin sy sedikit tenang. Sudah seminggu ini sy tdk bs tenang bekerja, tdk enak tidur dan makan, serta sering menangis demi menyadari putra pertama saya yg berusia 26 bulan blm bisa bicara selayaknya anak seusianya. Saya merasa bersalah krn hrs meninggalkannya bekerja.. Tadinya sy ingin membawanya ke klinik tumbuh kembang anak, tp membaca artikel ini membuat sy menundanya. Thanks a bunch..

  61. hari ini tanggal 3 nov 2010 anak saya laki2 bernama susheels maliq h tepat berusia 3th. tapi sayangnya dia belum bisa berbicara, dia baru bisa mengucapkan beberapa kata seperti yaya(ayah) bubun (bunda) makan, mimik, bobo, tumpah, mobil,, dia cerewet sekali klo lagi maen mulutnya ngoceh terus tapi bahasanya ngak jelas.. saya bingung knapa anak saya seperti ini. bahkan mau kencing dan buang air besar pun dai masih sembarangan, saya bersyukur bisa mennemukan artikel ini ternyata banyak sekali keluhan yang sama dengan anak saya.. saya hanya berharap mudah2an allah mempercepat bicara anak2 kita yang telat bicara ini,, amin,, dan saya mau bertanya apakah saya perlu therapy speech? dan apa kah ada therapy speech didaerah ckarang bekasi trimakasih..

  62. Artikel yg sgt berguna unt kami sekeluarga, putra ke 2 saya 2,5 th jg blm bisa bicara, bisanya cuma bbrp kata..(mami/papa/nenen jadi nye-nyen/koko jadi coco) kalo dipanggil tdk prnh menoleh hanya suara ‘hem nya aja yg kedengeran, tapi mengerti kata larangan & perintah. kakaknya tdk mengalami keterlambatan sprt ini.setlh baca artikel ini saya sangat lega,ternyata saya & suami tdk sendiri..semoga anak2 kita cepat bicara dan tumbuh sehat,semoga kita bisa menjadi org tua yg lbh care lg dr sebelumnya..amin.

  63. termakasih atas artikelnya..jadi bisa nenangin hati, anak saya 21 bln perempuan sedikit susah bicara dan tidak mau meniru ucapan saya..tp dia mengerti apa yang saya ucapkan.dan sudah bisa menerima intruksi apapun permintaanya…mudah2an anak saya mau bicara segera amin

    • ya, saya juga doakan semoga anak anda cepat bisa bicara. GBU, Amin

  64. Ya.. sama anak ku pria, saat ini usianya 4,2 m. bahsa cuman 4 5 kata , mama, kate,, idak, lagi, itu aja terus yang bisa diucapkan,, wkatu diantar ke sekolah dia rewel,, mau dimandikan rewel,, mau pake baju jga rewell.. tapi komunikasi bagus…mash ngompol engak ngomong.. tolong kalau ada saran dan pendapat .. yaa. (dan kalau musik dia jingkrak-jingkrak atau film horor dia bisa takut sendiri.

  65. Adek saya usia 3thn hanya bisa mengucapkan kata mama,papa,mbak,dan mam, tapi ketika disuruh mandi,dan untuk larangan seperti tidak dia tau, untuk gerakan tetapi sangat janggal untuk anak seusianya, contohnya, adek saya selalu menghantamkan kepalanya ketika dia marah.kira2 gangguan apa yang adek saya alami ya? Mohon penjelasan dan solusinya. Mohon penjelasan

  66. saya punya keponakan perempuan, umurnya 4 tahun 3bulan, tapi dia belum bisa bicara membentuk kalimat pun belum bisa, cuma kata per kata saja kalo bicara.. terus badannya kurus banget dan sangat hiper aktif, dan juga belum bisa BAB dan pipis sendiri, sama mama nya suka di pakein diaper, itu kenapa yah? soalnya aneh banget….

  67. Maaf saya sedang bingung mau Tanya kemana lagi
    Yth Bapak/Ibu
    anak saya usianya 3, 4 Tahun tapi bicaranya masih sedikit (Mama, Papah, Mbah, Kaka, Dede, Ndi/Mandi)
    apakah anak saya mengalami kelainan?…
    kalau diajari bicara dislalu bilang “DA’ tapi kalo disuruh apaaja dia ngerti..
    ketika diajak bicara baik mimik/gerakannya normal ko…
    sy mohon saran Bapak/Ibu
    terimakasih banyak.

    • bagaimana perkembangan anaknya skrg? anakku sekarang umur 20 bulan dan cmn bisa bicara pa, mbah, ta, da. kalau disuruh ikuti bicara selalu bilang”da”. jawabb dong, thanks alot

  68. anak saya 3,6 tahun juga masih belum bisa bicara. anehnya menghitung 1 s/d 10 bisa.kalau mau apa2 ya dia narik2 tangan kita.karena suami dan saya kerja , anak saya di asuh bu de nya. sering nonton lagu/tv. kalau di larang apa gitu dia ngerti. sejak usia 3 th saya sudah masukin ke play group. akhir2 ini dia suka menutup telinganya klo lagi ada suara bising atau apa. dia suka tidur larut malam, bangun siang , dan BAB nya susah.saya khuatir sekali…saya mesti gimana yah?

  69. thanks artikelnya,,, putri saya jg 2 th, 4 bln, tapi sampe skr masih sering cuek klo dipanggil, meski kadang2 uda bisa panggil mama, papa, adek, sayang, tadinya dia hobby bgt liat kartun dora yang english, saya baru mulai tadi pagi therapy kata dokter kemungkinan penyebab speech delay nya masalah bilingual, semoga putriku bisa lekas bicara, amien

    • sis gimana anaknya setelah di terapi bicara, bisa berkomunikasi 2 arah? berapa lama terapinya ?thx

  70. Terima kasih, Artikel anda sangat membantu dan menghibur. Anak saya sdh 3 tahun 4 bulan, tp cuman bisa ucapkan papa, mama saja. Dia sering bicara, tp dgn bahasanya sendiri. Saya sangat khawatir dgn perkembangannya. Tp kalau disuruh2 semisal, buang sampah di tempat sampah, cium papa, kasih ini ke mama, dsbnya, dia mengerti dan bisa melakukan. Mohon sarannya… Terima kasih.

  71. Dulu saya agak khawatir dgn keadaan anak saya yg agak terlambat bicara krn di usianya yg ke 22 bln br bs ngomong kata2 spt : maem, nenen, halo.
    walaupun begitu dia sudah bs ikut menyayikan lagu meskipun kalimatnya tdk jelas tp nadanya benar.Saya hanya berharap semoga dalam waktu dekat anak saya sdh dpt berbicara dgn lancar sehingga ketakutan saya tdk terbukti.
    Dan terima kasih atas artikelnya skrg saya jd agak tenang dgn keadaan anak saya.

  72. thanks y infonya, sy kira anak sy sudah terlambat bicara karena di usianya 22 bulan, dia cuman bisa ngomong “papa, mama, bebek, tutu (susu)” pokoknya hanya kata2 yg suku katanya berulang, sy sempat kuatir krn anak tetangga sy usia 21 bln sudah lancar berbicara, ternyata info ini bikin sy tenang dan lebih sabar lagi, karena banyak jg mommies yg memiliki permasalahan yg sama dgn saya…

  73. Terima kasih atas artikelnya, sangat bagus sekali untuk para orang tua, terutama orangtua yg anaknya terlambat berbicara seperti anak saya yang sudah berumur 45 bulan, tapi sebenarnya anak saya itu sudah bisa diajak berkomunikasi, bisa disuruh2 dan mengerti kata-kata orang disekitarnya, akan tetapi dia sulit sekali untuk mengucapkan beberapa konsonan kata seperti N jadi M; R jadi L, atau mengucapkan kata PISANG jadi NCANG.., begitupun menyebut huruf S dalam kalimat SUSU malah jadi CUCU (padahal kalau diminta ngucapin S bisa Jelas).., bagaimana ya solusi teraphynya.., saya sangat khawatir akan spech delay anak saya itu, dulu kakaknya umur 18 bulan sudah lancar berbicara dan cerewet pula.., walaupun begitu saya sebagai orang tua tetap bersabar dan mendo’akan anak saya supaya lancar berbicara seperti anak2 lain seusianya…amien..

  74. anak saya berumur 3 tahun belum pandai berbicara.tapi dia sangat mengerti apa yang orang dewasa/orang tuanya ngomong

  75. anak saya usianya 3 tahun, tp sampai skrg belum banyak kata yg terucap. sebelumnya wkt umur 1.8 tahun saya masukkan ke pre school dengan bhs pengantar inggris. pd wkt itu dia sdh bisa ngomong mama dan papa. tp stlh 6 bln dia mogok tidak mau sklh. dimana dia srg memberontak dan tidak mau pake baju seragam. akhirnya saya hentikan sekolahnya. tapi sampe skrg perkembangannya bicaranya lambat. utk bbrp perintah dia sdh mengerti, tp dlm hal mengucapkannya blm….mohon sarannya…terimakasih atas artikelnya..

  76. anak saya 22 bulan belum bisa bicara tapi sudah mengerti yang kita bicarakan dan sudah bisa diberi perintah sederhana. Dia juga bisa mengucapkan kata2 sederhana spt mama, papa ,dada tapi tidak dapat mengucapkan kata yang ada artinya.seperti kata mama tidak ditunjukan ke mama. saya jadi agak khawtir dengan keterlambatan bicaranya ini.Apakah perlu dilakukan terapi ya…

  77. Putra ke2 saya sudah berusia 2thn 9bln.Tapi sampai saat ini masih belum bisa bicara dengan jelas dan menyusun kalimat.Tapi dia bisa ngerti perintah sederhana.Saya sangat prihati sekali.Sedangkan anak sepantaran anak saya sudah pandai berbicara.

    • memang yah tiap anak beda2, tapi yakin bentar lagi putra ibu bisa bicara deh, apalagi kalau temen2nya sudah pada bicara semua :)

  78. hal serupa jg di alami oleh anak saya yang berumur 3 thn yang saat ini msh belum bisa bicara,semua usaha saya jalani demi anak saya tapi saat ini msh belum ada hasil, mungkin dalam hal ini di perlukan kesabaran tingkat tinggi bagi orang tua dan dibantu dengan usaha dan doa. terima kasih arikelnya.

    • ya, tiap anak memang dikaruniai beda2, anak 3 tahun belum bisa bicara, tapi lambat laun pasti akan bisa bicara, mungkin saja dia mempunyai kelebihan lain dimana seharusnya anak 3 tahun belum bisa melakukannya. terima kasih atas sharingnya Pak.

  79. BRAVO. Artikel ini sgt menarik & berbeda dari artikel2 lain yg sejenis.
    Anak saya 26bln blum bicara (babbling), mengerti perintah sderhana.
    Saya masih menanti kemurahan Tuhan untuk kesembuhan anak saya.

    • 26 bulan berarti 2 tahun 2 bulan, wah jadi ingat2 anak saya yang pertama waktu segitu juga susah sekali bicaranya, meski sekarang (3+ tahun) sudah mulai bicara, tapi masih agak ketinggalan dari teman2nya yang jauh lebih cerewet hehehe….Memang kalau orang dikasih karunia punya anak cerewet, pusing minta yang diem, tapi dikasih yang diem, juga pusing minta yang cerewet :)

  80. saya senang sekali bisa membaca artikel ini. karena membantu saya supaya lebih bersabar melatih anak saya (usia 2,5 th) yg hingga saat ini masih susah bicara… dan saya merasa nggak sendiri..dengan masalah anak saya, terima kasih..

    • sama2 Bu, padahal kita sudah sering mengajak dia bicara, tapi dianya tetap susah bicaranya, memang butuh kesabaran. Tapi nanti kalau bicaranya sudah lancar biasanya cerewet bukan main, terkadang orang tua sampai pusing mendengarkannya.
      Anak saya sudah 3 tahun, dulunya juga susah sekali bicara, sekarang bukannya sudah cerewet tapi baru mulai bicara dan sudah mulai berani mengutarakan kemauannya yang terkadang kalau dibilangin tidak mau menurut :) thanks komentarnya

    • i am a teacher, this artikel help me to finished my thesis about speec delay. thanks, i invited you to discuss by email

  81. aku juga punya putra yang usianya udah 3 tahun tapi belum bisa bicara namun putraku tersebut mengerti bila disuruh-suruh. Inysa Allah aku tetap bersabar menunggu ia dapat bicara, karena riwayat bicaraku sendiri kata Ibuku juga seperti itu

    • Terima kasih atas komentarnya, anak saya yang besar juga spt itu juga, cuma ngga pa2 asalkan dia mengerti, memang perkembangan anak tidak bisa disama ratakan.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 56 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: