Oleh: Danny Prijadi | Kamis, 14 April 2011

Solusi menyeimbangkan otak kanan dan kiri


Saya menuliskan artikel dibawah ini hanya ingin sharing dan membagikan pengalaman ke anda, semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat dan menumbuhkan inovasi yang ada di dalam pikiran anda. Sebenarnya sebelum saya menuliskan artikel ini, saya ingin menceritakan sifat pribadi saya dahulu sebelum saya mengandalkan Yesus, bukan percaya Yesus. Kalau percaya Yesus, saya dari tahun 1997 sudah percaya dan sudah dibabtis, cuma dalam kehidupan sehari-hari, saya jatuh bangun dan tidak memasukkan Yesus ke dalam diri saya, saya juga senang mendengarkan firman Tuhan, tapi pada waktu itu saya cenderung memilih siapa yang kotbah, karena pikiran saya kalau yang kotbah tidak enak pasti ngantuk. Tapi kalau sekarang saya rubah pikiran itu bukan tanya siapa yang kotbah, tapi apa yang dikotbahkan, tidak peduli siapa yang kotbah, kalau memang materi itu bisa masuk dalam benak dan pikiran saya, pasti akan saya simak dan belajar bersama roh kudus.

Sebenarnya kunci keberhasilan seseorang baik dalam keluarga, pekerjaan, pelayanan, dll itu anda sendiri yang bisa menentukan. Pertama yang harus anda miliki adalah think positif, pemikiran yang positif ini kalau dijabarkan saya bisa membuat buku, Tapi saya kasih contoh saja, sebenarnya motode pemikiran yang positif ini diambil dari dari ayat2 alkitab. Saya kasih contoh ayat favorit saya, Yakobus 1:2-3, Anggaplah sebagai suatu kebahagiaan apabila kamu mendapat berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.
Dari ayat diatas kalau anda mendapat masalah, itu karena Tuhan yang ijinkan supaya kamu belajar dari masalah itu, dan semua yang kamu pelajari akan menghasilkan berkat yang melimpah buat diri anda. Jadi kalau anda mendapat masalah, think positif dan percaya kalau masalah itu bisa diatasi, libatkan Tuhan didalamnya, percaya bahwa masalah agan segera berlalu.

Yang ke 2, tinggalkan perilaku jelek yang lama, ubah dan ganti yang perlakuan yang baru. Kalau bisa anda setiap hari punya suatu hal yang baru, entah itu dalam bentuk ucapan, kata motivasi, perilaku sehari-hari, perilaku terhadap bawahan, pokoknya kehidupan sehari.

Yang ke 3, ini yang terpenting, yang bisa membuat 2 point diatas tidak sia, lakukan bersama Yesus, selalu ingat Yesus dalam segala hal, mulai dari bangun pagi, sarapan, kerja, segala aktivitas……everything, selalu ingat Yesus.

Nah sekarang saya ingin menjelaskan point ke 2 diatas, karena apa yang saya tulis diatas sepertinya kurang lengkap kalau tidak saya kasih contohnya. Ini saya kasih contoh diri saya sendiri, kegiatan yang saya ambil garis besarnya, dan saya apa yang saya lakukan tidak dilakukan orang pada umumnya, jadi mungkin anda akan mengganggap saya aneh, yang justru bagi saya sendiri merupakan berkat dari Tuhan yg luar biasa, saya mulai dari:

1. Tidur malam, saya selalu berusaha melakukan posisi tidur yang baik pada awalnya, yaitu miring ke arah kanan dengan kaki sedikit ditekuk dan ada bantalan diantara kaki. Saya berusaha keluar dari zona nyaman saya yang biasanya tidur terlentang. apakah tidur terlentang tidak bagus, trus kalau sudah terlelap apa nanti tidak ganti2 sendiri. Yang jelas kalau posisi anda terlentang oksigen yg masuk ke otak akan bekurang, yg menyebabkan tidur anda tidak berkualitas.

2. Bangun pagi dari biasanya, misal biasa bangun 5.30am, sekarang pagiin 1 jam, jangan bilang susah, yang penting ada niat dan punya tujuan untuk apa bangun pagi. Kalau saya sekarang setiap pagi;
- ke kamar mandi, buang air kecil dan sebagian saya taruh di gelas lalu meminumnya, sekitar 200ml saya minum air seni sendiri. Kenapa? Kalau ada waktu boleh baca sharing saya mengenai air seni. Kalau boleh saya sharing, air seni ini ciptaan Tuhan yang sekaligus obat yang paling murah didunia, bisa menyembuhkan segala macam penyakit seperti kangker. Ini sungguh, sudah banya yang memberi kesaksian seperti ini
- setelah itu, duduk dan membaca alkitab harian, alkitab harian ini berbeda sedikit berbeda dgn yg pada umumnya, karena versi ini cenderung mengartikan apa yang dimaksud kalimat2 yg ada di alkitab. Karena saya sendiri masih baru awal/pemula yang baru belajar mengandalkan Yesus dalam hidup saya. Rencana saya setelah saya baca dari kejadian sampai wahyu yang versi easy reading, baru saya baca kitab yang aslinya. Ngga ada salahnya kan saya lakukan seperti itu.
- setelah itu menulis diary di buku catatan, bukan ipad atau computer, lakukan penulisan dengan tangan yg tidak dominan. Tangan dominan saya kanan, jadi saya menulis diary dengan tangan kiri. Dan yg unik, sebenarnya saya ini tidak suka menulis diary karena sepertinya saya bicara sendiri tanpa ada yg dicurhati. Jadi yang saya lakukan menulis diary sambil bercakap-cakap dengan Tuhan. Ini yang membuat saya jadi betah menulis karena saya bisa curhat dengan Tuhan melalui tulisan saya daripada saya curhat sendiri. Asyik kan…Apakah Tuhan bisa mendengar? Yesss, Tuhan selalu dengar dan baca tulisan saya, darimana saya tahu, karena Tuhan selalu menjawab apa yang saya bicarakan, pokoknya sungguh ajaib deh, miracle bener2 terjadi pada hidup saya. Thanks GOD.

Sampai disini kelihatannya tingkah laku saya aneh ya…..tapi Puji Tuhan, apa yang saya lakukan diatas justru membuat hidup saya semakin baru dan semakin diberkati. Terus terang kalau orang awam baca tulisan saya diatas pasti bingung mengapa saya keluar dari zona nyaman saya, padahal hidup saya seharusnya sudah enak, bangun ngga perlu aneh2 minum air seni, ngga perlu baca alkitab, ngga perlu susah2 nulis tangan kiri, toh semuanya bisa berjalan dengan lancar. Aneh yah….
Ok saya lanjutkan lagi ya, saya sengaja kasih jeda disini biar ngga terlalu kaget, karena di berikutnya anda akan membaca tingkah laku saya yang lebih aneh lagi, tapi justru itu malah membuat berkat selalu datang.

3. Setelah menulis diary, saya makan pagi, kalau memang anda mau olahraga juga boleh, sebenarnya lebih baik olah raga jalan pagi dan melakukan senam otak….hehehe kelihatannya seru ya senam otak, Apa itu senam otak, nanti kalau ada waktu saya jelaskan. Tapi sekarang ini yg saya lakukan makan pagi, nasi dan lauk pauk, buah. Biasanya org kalau pagi makannya roti, atau yang ringan2 karena perut kita belum siap mencerna. Tapi menurut saya tidak seperti itu, kalau anda bangunnya pagi lalu lakukan aktivitas seperti diatas no 1 dan 2, secara tidak sadar energi anda sudah terbuang cukup banyak, sehingga ini membuat perut menjadi lapar. Kalau bisa waktu makan tukar sendok dan garpu di posisi kebalikan, kalau biasa sendok di tangan kanan, ganti di tangan kiri. Ingat jangan percaya tahayul kalau makan pakai sendok di tangan kiri itu tidak sopan. Kenapa dilakukan itu, yg saya ajarkan bukan aliran sesat ya, ini dapat melatih otak anda yang sudah terbiasa enak dengan tangan dominan, anda akan keluar dari zona nyaman dan secara tidak langsung anda seperti baru belajar lagi, itu yang membuat otak anda diasah, sepeerti balita baru belajar makan menggunakan sendok yang menurut riset bisa menyeimbangkan otak kanan dan kiri, begitu juga fase merangkak pada bayi itu juga penting untuk otak. Ok berikutnya…

4. Setelah itu mandi, mandipun lakukan dengan mata tertutup, nah loh….edan toh aku, mandi kok tutup mata emangnya pingin jadi buta…..ini semua dilakukan untuk melatih otak anda, karena apa yang anda lakukan setiap hari, itu akan terekam di otak anda meskipun anda menutup mata anda, anda bisa mengambil sabun, shower, dll dengan mata tertutup, karena itu sudah ada di memory anda, coba deh….mungkin awalnya agak meleset, tapi kalau dilakukan tiap hari….wow, hidup ini sungguh dahsyat, berkat Tuhan sungguh luar biasa, anda akan merasa Tuhan tiu hebat bisa buat manusia seperti ini.

5. Begitupun sikat gigi, gunakan dengan tangan bukan dominan, anda akan merasa keanehan pada pertama kalinya, mestinya bukan aneh sih, tapi anda seperti kembali masa balita yang baru memulai belajar sikat gigi. Apa saya gila melakukan ini?

6. Begitupun berangkat kerja, lakukan rute yang berbeda dari biasanya, ini akan membuka otak anda menerima hal yang baru. Tapi untuk ini saya masih belum melakukannya sih, soalnya saya harus persiapkan waktu dulu. tapi suatu saat sy pasti lakukan.

7. Di kantor atau pekerjaan, kalau memang anda repot atau tugas banyak, coba pikirkan gimana supaya pekerjaan anda bisa lebih cepat, terorganisasi maksutnya bisa teratur. Kalau anda bisa mengatur sesuai jadwal, anda tidak akan terasa capek dengan pekerjaannya. Lalu kalau memang ada waktu nganggur, coba bermain hitung2an, sudoku, tts, puzzle, pokoknya otak ini jalan terus. Jangan punya pikiran kalau anda sudah kerja lelah lalu ingin istirahat, misalnya pergi pijat, spa, dll. Memang itu juga boleh tapi bukan tiap hari, sesekali waktu boleh juga…mungkin anda mikir, saya ini sudah kerja berat, pusing, apalagi masalah belum terpecahkan, kok malah disuruh main hitung2an, apa ngga tambah pusing? Memang kasus ini agak repot, karena sebenarnya yang membuat repot itu secara tidak sadar adalah anda sendiri loh, coba renungkan dan pikir baik2.
Kalau misalnya saja saya mengalami seperti ini, kuncinya cuma satu, PERCAYA YESUS kalau Dia pasti bisa cari jalan keluar untuk anda, anda coba keluar sejenak, cari tempat yang tidak ramai, keluar dari zona anda dan minta bantuan Tuhan untuk mencari jalan keluar dan yang penting PERCAYAlah kalau anda sudah menerimanya meskipun anda belum mendapat jawabannya. Ini ada ayatnya, saya lupa dimana…nanti kalau saya ingat saya akan cerita lagi mengenai ini, karena kalau anda bener2 percaya sama Yesus, semua pasti ada jalan keluarnya. SUNGGUH, ini adalah salah satu kunci kerberhasilan dan kesuksesan

8. Waktu jam istirahat, jam 12 siang, biasanya org pada makan siang, kalau saya juga makan, tapi kali ini yg saya makan adalah firman Tuhan…..wah, ilmu macam mana pula ini yah…mau jadi sok suci nih.
Jujur saja kalau siang saya biasanya suka buka internet dan cari firman Tuhan di youtube, disitu banyak sekali firman Tuhan yang dikotbahkan oleh berbagai pendeta.
Jadi setiap siang, kalau orang biasanya makan untuk jasmaninya, kalau saya makan untuk rohaninya, bedanya cuma disitu. Apakah saya tidak lapar secara jasmani, saya katakan ya saya memang lapar, tetapi saya percaya kalau makanan rohani itu jauh bisa mengalahkan laparnya jasmani saya. Kalau ngga percaya. Saya kasih contoh nih. Ada 1 keluarga yang sudah memiliki anak, suatu hari ada liburan 3 hari misalnya, hari kamis, jumat, sabtu. Lalu papa ada rencana mau pergi jalan2 ke bali berangkat hari kamis siang pesawat jam 1. Waktu papa memberitahu kepada anak2 hendak pergi berlibur, pasti si anak merasa senangggg sekali sampai terkadang tidak bisa tidur, apalagi kalau besoknya sudah mau pergi. Pasti bingung nanti setelah disana beli apa yah….beli ini itu dsb, pokoknya senangggg banget…..nah pada waktu hari Hnya, pasti saya yakin keluarga itu tidak akan mengalami rasa lapar meskipun belum makan apalagi kalau keluarga itu belum pernah atau jarang sekali untuk pergi berlibur, dan ini pertama kalinya bisa menikmati liburan, meskipun itu jam makan pagi/siang, anda tidak akan terasa lapar sebelum sampai di bali, betul tidak…apa kalian pernah mengalami seperti itu? Jadi rasa senang anda akan menutupi kelaparan anda? Mengapa?sama halnya dengan saya yang merasa firman Tuhan yang saya makan setiap siang itu jauh lebih menyenangkan daripada makanan siang secara jasmani….wah asyik yah….apakah saya akan sakit maag? No…..saya sudah lakukan ini sejak april 2010, berarti sudah setahun yah…hehehe, sekali aja ngga pernah loh yang namanya sakit perut, kalo dulu mah sering, 1 bulan sekali sakit perut padahal makan pagi siang malam, ontime, tapi kok ya sakit….aneh yahh….sekali lagi Puji Tuhan, Dia memang dahsyat.

9. Pulang dari kerja, biasanya saya mandi, makan, setelah itu bermain dengan anak2, karena anak saya masih dibawah 5 tahun semua, jadinya masih belum banyak belajarnya, luangkan waktu untuk anak anda, kalau bisa jangan marasa sudah capek kerja lalu pulang makan dan ditinggal nonton tv, sedangkan anaknya dibiarin main sendiri….kata orang awam, kan pokoknya sudah ketemu dan sudah main2 sebentar.
Yang ingin saya tekankan disini, masa anak2 itu cuma sebentar, kalau anak sudah diatas 5 tahun, si anak itu biasanya sudah bisa berpikir bahkan terkadang si anak bisa mengakali orang tuannya, jadi pesan saya semasa balita, didik mereka dengan baik, tanamkan hidup yang menurut firman Tuhan, ajaklah ke sekolah minggu, tanamkan norma2 yg baik pada mereka, juga yang paling penting adalah KASIH SAYANG orang tua, ingat masa ini paling rawan di 5 tahun pertama, setelah itu apakah bisa….bisa, tapi memang lebih sulit, bagi yang sudah terlanjur bukannya tidak ada jalan keluar, cukup ingat kunci yang sudah saya sebutkan sebelumnya PERCAYA kalau Yesus bisa menolong anda.

10. Lalu sebelum menjelang tidur, kalau mau nonton tv boleh juga, tapi kalau saya pribadi, saya lebih senang menonton tv yang acara talk show, terutama mengenai motivasi dalam hidup di channel suntv (channel lokal), atau juga lihat di channel life, banyak sekali disana firman2 Tuhan yang dapat mebangkitkan rohani anda. Tapi seandainya anda merasa jenuh, boleh nonton dvd atau film2 bioskop yang anda punya, tapi jangan setiap hari ya, karena itu akan membuat pikiran masuk kedalam film itu, dan otak anda seolah-olah diatur oleh sutradaranya. Memang seru, tapi jangan sering2 karena itu juga akan merusak otak anda. Isi dengan firman atau hal2 yang bisa membuat anda berpikir dan menambah wawasan anda.

Sepuluh kegiatan diatas ini memang terlihat susah sekali dilakukan dan sungguh aneh kalau mau melakukan seperti itu. Memang saya tidak menyuruh anda untuk bisa meniru seperti saya, anda bisa melakukannya menurut versi anda sendiri, yang terpenting, anda bisa menciptakan hidup yang selalu baru dan selalu berbeda dari orang lain, memang anda akan merasa aneh dan susah diawalnya karena anda keluar dari zona nyaman anda, tapi kalau anda berjalan dgn Tuhan dan percayakan seluruhnya kepada Dia, anda akan selamat dan diberkati. Apalagi kalau anda sudah melakukannya, yang namanya ide, kreatifitas anda itu akan datang dengan sendirinya, kok bisa….karena otak anda setiap hari selalu bekerja dan bekerja, begitu juga dengan masalah pekerjaan, rumah tangga, semuanya….itu bisa terorganisasi dengan baik, siapa yang mengorganisasi. Ya anda sendiri, hidup ini terasa seperti dalam gemgamman anda dan anda akan lebih percaya diri dalam Kristus. Amin.

Semoga artikel saya bermanfaat untuk kehidupan anda.
Tuhan memberekati.

Responses

  1. Luar biasa, pak. Saya baru tau bahwa kita bisa menyeimbangkan otak kanan dan kiri dengan melakukan hal-hal yg baru dlm kehidupan sehari-hari. Terimakasih untuk artikelnya, pak.
    Tuhan berkati bapak & keluarga, ya. :D


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 51 pengikut lainnya.

