Oleh: Danny Prijadi | Rabu, 28 Januari 2009

Cukur Rambut untuk Mengurangi Bau Badan


UNTUK mengurangi bau badan, banyak yang memilih deodoran. Namun, jangan sembarangan memilih produk pengharum ketiak itu. Sebab, ada beberapa produk yang berbahaya bila digunakan dalam waktu lama.

”Deodoran yang ditambahi antiperspirant membuat ketiak kering terus,” kata dr Dwi Murtiastutik SpKK(K), spesialis kulit dan kelamin konsultan dari RSU dr Soetomo, Surabaya. Sebab, cara kerja antiperspirant adalah menghambat, menutupi, dan menghalangi pori-pori kulit sehingga tak lagi mengeluarkan keringat.

Menurut dia, bahan antiperspirant yang kerap dimasukkan ke deodoran menggunakan astringent kuat jenis aluminum chlorohydrate. Berdasar beberapa penelitian, bahan tersebut ikut memicu kanker payudara. Tak hanya pada wanita, tapi juga pria. ”Sebaiknya segera cek deodoran yang Anda pakai. Bila memang pada label produk tertulis aluminum chlorohydrate, segera buang,” lanjut Dwi.’

Lalu, bagaimana mengurangi produksi keringat berlebihan? Dwi menyebut beberapa tip. Pertama, memakai baju longgar. Pilih bahan yang menyerap keringat dan jangan mengenakan busana berbahan gelap. ”Baju warna gelap kan membuat kita tambah gerah karena menyerap panas. Bisa-bisa produksi keringat berlebihan,” jelasnya.

Dwi mengatakan boleh-boleh saja menggunakan deodoran. Namun, pilih yang aman. Terutama, yang di dalamnya terkandung bahan triclosan dan propylene glycol. Dua bahan itu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. ”Bisa juga menggunakan deodoran yang plus parfum.’Tapi, hati-hati reaksi alergi akibat penambahan parfum tersebut,” paparnya.

Gangguan kulit yang berkaitan dengan alergi terhadap bahan tertentu disebut dermatitis kontak alergi. Ciri-cirinya, muncul kemerahan pada ketiak. Bila sudah parah, warna kemerahan berubah hitam dan bengkak. Bila digaruk, rasanya perih. ”Kalau sudah begini, butuh penanganan,” lanjut dokter 48 tahun itu.

Cara lain mengurangi bau badan adalah mencukur rambut ketiak. Menurut Dwi, rambut memperluas areal pertumbuhan bakteri pencetus bau badan. Jika bulu ketiak lebat dan panjang, makin banyak bakteri yang tumbuh. Jika ingin mencukur bulu ketiak, gunakan pisau cukur baru. ”Wax dan penyabutan rawan menimbulkan luka dan berakhir meradang,” kata Dwi. Tanda radang itu, antara lain, nyeri ketiak, demam, dan kelenjar keringat bengkak.

Sumber: Jawapos


Responses

  1. Kini, Anda akan senantiasa merasa segar sepanjang hari dengan Natural Body Cristal (NBC). NBC mujarab mengandung campuran mineral alami yang berfungsi sebagai antiseptik. Terbukti efektif untuk menghambat perkembang biakan bakteri yang hidup pada permukaan kulit dan menyebabkan bau.
    Sangat Efektif
    – Memberi perlindungan sampai 24 jam sepanjang hari terhadap bau keringat dan bau badan. 100% Alami
    – Tidak mengandung bahan tiruan. Tidak mengganggu aroma minyak wangi yang Anda gunakan.
    Tahan Lama
    – Tahan hingga 4 bulan dengan penggunaan harian. NBC akan berangsur menjadi kecil.
    – Tidak menyebabkan iritasi. Cocok untuk semua jenis kulit.

    Mudah Digunakan
    – Selesai mandi, basahi NBC dan oleskan pada ketiak dan daerah lain yang sering berkeringat dan berbau. Tidak meninggalkan bekas dan tidak lengket.

    • wah boleh nih dicoba….

  2. Sama-sama, saya sendiri awalnya juga asal jepret, kamera juga asal beli juga tidak memanfaatkan maksimal fungsi2 yg ada dikamera.
    Sekarang ini dikatakan mahir juga nggak, cuma ingin sharing aja sama temen2, sapa tau nantinya saya malah belajar dari anda.

    Terima kasih

  3. Salam mas Danny

    Makasih banyak mas untuk artikel blognya. banyak membantu kapan2 klo dah punya waktu mo saya coba. n ngomong2 masalah kamera saya ngk enak ngomongnya soalnya kamera saya beda merk ma pya mas. Tapi bagi saya beda merk ngk jadi soal, apapun merknya yang penting motret… motret… n… motret

    makasih

  4. Bapak tinggal dimana? kalau mau konsultasi ke dokter biasanya dokter kulit dan kelamin, di surabaya ada 1 yg saya kenal dan cukup terkenal, kalau bapak mau saya bisa email ke bapak.

    Kalau mau cara alami, saya sarankan jangan pakai baju yang kainnya mengandung polyster, kalau bisa catton 100% dan warna yg terang supaya mudah menyerap keringat.

    Cukur rambut ketiak juga membantu, pakai alat cukur baru dan diberi wax

    terima kasih, semoga membantu

  5. pak gmn cara yang lebih efektif lagi saya sudah mencoba berbagai cara tapi tetap tidak ada perubahan,,,kalau konsultasi ke dokter mana yanch terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: