Oleh: Danny Prijadi | Rabu, 28 Januari 2009

Usus infeksi


Sekitar awal tahun 2008 yg lalu, hampir setiap bulannya saya selalu terkena usus infeksi,  gejalanya selalu diawali dengan perut kembung, mencret, nafsu makan mulai berkurang dan demam bisa sampai 38 derajat. Jadi hampir setiap bulan saya pergi ke dokter terkadang juga ke UGD kalau kejadiannya pagi2 subuh dan sampai disana saya selalu minta disuntik biar cepat sembuh lalu oleh dokter diberi antibiotik dan beberapa obat yang lain.

Yang saya heran kenapa sakitnya kok bisa tiap bulan? dia bilang ini penyebabnya kebanyakan salah makan saja, mungkin makanan itu dihinggap lalat bersamaan kondisi tubuh saya tidak fit. Tapi saya rasa bukan cuma itu,  padahal dulu sama waktu itu makannya juga sama saja, memang sih saya ini kalau makan terbiasa pakai sambal, apalagi kalau masakan jawa tidak ada sambal tidak nikmat. 

Akhirnya suatu hari saya baca berita tentang efek samping dari gigi berlubang, setelah saya baca-baca, ternyata gigi berlubang bisa menyebabkan banyak penyakit selain cuma sakitnya gigi, salah satunya peyakit saluran pencernaan. Memang pada waktu bersamaan gigi saya yang paling belakang (gigi tidak terpakai biasanya harus dibuang) itu sakit, waktu itu saya tidak tahu apakah gigi saya lubang atau memang harus dicabut, akhirnya saya coba memeriksakannya dan disuruh foto, setelah hasilnya keluar, ternyata benar gigi yg paling belakang (dengan posisi tidur horisontal) menabrak gigi depannya, jadi saya dianjurkan operasi. Lalu saya coba ceritakan ke dokter kalau saya ini tiap bulan selalu terkena usus infeksi yang divonis dokter salah makan, apakah ini ada kaitannya dengan gigi saya yang nabrak itu? dokter bilang bisa juga. Sebab makanan yang kotor bisa masuk melalui gigi yang lubang lalu menyebabkan beberapa komplikasi yang lain, salah satunya ya penyakit saya ini.

Sejak bulan mei 2008 setelah saya operasi cabut gigi yg nabrak itu, saya tidak pernah lagi terkena usus infeksi, walaupun saya makan gado2, sambal, makanan luar seperti gorengan yg dipinggir jalan juga tidak ada masalah. Asalkan saya tetap jaga minum air yg banyak, istirahat cukup, makan teratur (terutama sarapan), tidak stress.

Jadi saya simpulkan, penyakit usus infeksi ini kelihatannya sepele cuma gara2 salah makan, tapi sebenarnya kalau lama dibiarkan bisa berbahaya, lebih baik kalau memang sudah diawali dengan demam sampai 38 derajat, langsung saja bawa ke dokter atau RS terdekat. Kalau bisa jangan coba2 untuk mengobati sendiri, karena biasanya kalau sudah sampai demam berarti sudah terkandung kuman/bakteri didalamnya dan biasanya dokter memberikan antibiotik dan disuntik bila mau (bisa cepat sembuh). Dulu pikiran saya karena tiap bulan kena penyakit ini, saya coba belikan obatnya yg dari dokter itu lagi, ternyata tidak mempan dan justru malah memperburuk keadaan.

Pencegahannya

  1. Periksakan gigi anda, kalau memang ada yg sakit, mungkin gigi berlubang segeralah periksakan ke dokter sebelum terkena efek yg lain dari sakit gigi.
  2. Terutama yg punya riwayat sakit maag, hindari makanan yg terlalu pedas juga minum minuman keras. Tapi terkadang ada sebagaian orang yg dari kecil makannya sudah teratur dan sudah terbiasa makanan pedas tapi tidak apa2.
  3. Sering-seringalah minum, usahakan minimal 8 gelas air putih sehari (gelas air minum kemasan)
  4. Istirahat yang cukup, kalau bisa olah raga tiap pagi, misalnya jalan sehat
  5. Jangan stress, saya dulu sempat meremehkan stress yang ternyata dokter bilang stress itu dapat menyebabkan naiknya asam lambung, jadi bisa membuat perut jadi tidak enak, selalin itu stress juga menyebabkan penyakit2 yang lain.

Sebagai penutup, saya hanya sekedar sharing tentang penyakit usus infeksi yang saya alami, mungkin kalau anda pernah mengalami seperti saya ini, usahakan jaga pola makannya. Sebab penyakit usus infeksi ini penyakit yang umum di indonesia terutama sering terjadi di musim penghujan, mengingat tingkat kebersihan di indonesia sangat minim sekali.

Terima kasih, sekian dari saya


Tinggalkan Balasan

Kategori

