Oleh: Danny Prijadi | Senin, 9 Februari 2009

Tren Kenaikan Harga Emas Berlanjut


SURABAYA – Tren kenaikan harga emas diperkirakan masih akan berlanjut. Prediksi ini disampaikan Country Representative World Gold Council (WGC) Indonesia Leo Hadi Loe kemarin (8/2). Dalam sesi perdagangan Jumat lalu (6/2), harga emas dunia sudah menembus USD 914,65 per troy ounce atau naik lagi dari hari sebelumnya USD 905,9 per troy ounce.

Leo mengatakan kenaikan harga emas dunia ini sepenuhnya dipicu oleh demand di pasar internasional yang tinggi. Sebab, pemegang dana atau para investor masih merasa aman memegang emas ketimbang menanamkan uangnya dalam instrumen investasi yang lain.

Selain emas, biasanya para investor juga memegang dolar Amerikan Serikat (AS), atau mata uang lain yang dianggap paling stabil seperti poundsterling atau euro. ”Tapi, kini likuiditas dolar juga sedang ketat, nilai mata uang Eropa pun cenderung turun karena perekonomian di sana tengah terkendala,” jelasnya.

Menurutnya walau terkadang fluktuatif, emas dianggap investor paling aman. Mereka menganggap fluktuasi harga emas relatif lebih kecil dibanding investasi dalam portofolio lainnya. ”Selain itu, tren kenaikan harganya cenderung menguntungkan, jika hal itu terus berlanjut,” terangnya.

Sementara berdasar informasi yang dihimpunnya di pasar retail domestik, harga perhiasan emas 24 karat mencapai Rp 337.000 sampai Rp 340.000 per gram. ”Dalam minggu ini memang harga emas sedang tinggi. Perubahannya juga sangat cepat dan rentangnya bisa jadi lumayan jauh,” imbuhnya.

Namun, lanjut dia, untuk transaksi jual-beli emas di pasaran retail masih tetap sepi. Baik mereka yang membeli maupun menjual. Ini juga karena emas yang ada di masyarakat diperkirakan jumlahnya mulai menurun, karenanya tidak banyak yang menjual emasnya. ”Selain itu, untuk membeli mereka juga akan menahan diri karena harga emas sedang tinggi,” tuturnya.

Sumber: Jawapos


Responses

  1. Rabu tgl 11, harga emas logam mulia 914 (9.30 am)
    Kamis tgl 12, harga emas logam mulia 938 (9.00 am)
    Jumat tgl 13, harga emas logam mulia 941 (12.00 am)
    Berati betul yah, minggu ini harga emas mulai naik, bagaimana minggu depan?

    Selasa tgl 17, harga emas logam mulia 943 (8.30am)
    Rabu tgl 18, harga emas logam mulia 970 (14.00)
    Kamis tgl 19, harga emas logam mulia 982.7 (8.00am)

    Senin tgl 23, harga emas logam mulia 990.7 (9.30am), Rp11.975 = USD$ 1
    Rabu tgl 25, harga emas logam mulia 963.20 (9.50am), Rp11.975


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: