Oleh: Danny Prijadi | Rabu, 11 Februari 2009

Waduh, Dollar AS Dekati Rp 12.000


JAKARTA, RABU — Rupiah, Rabu (11/2) pagi, merosot mendekati level Rp 12.000 AS per dollar AS. Rupiah ada di kisaran Rp 11.900/11.920 per dollar AS.

Pengamat pasar uang Edwin Sinaga di Jakarta, Rabu, mengatakan, pasar makin negatif terhadap rupiah akibat seretnya peredaran dollar di pasar domestik, karena pelaku asing lebih suka menarik dananya untuk ditempatkan di negaranya. “Akibatnya rupiah terhadap dollar AS makin melemah hingga mencapai angka Rp 11.900 per dollar AS,” ujarnya.

Ia memperkirakan, rupiah yang semakin terpuruk tidak akan mencapai angka Rp 12.000 per dollar AS karena Bank Indonesia (BI) akan berusaha menjaga dan menjauhi kembali ke level Rp 11.000 per dollar AS. “Kami optimis BI akan masuk pasar dan melakukan intervensi pasar dengan melepas cadangan dollar agar rupiah tidak terus terpuruk,” ucapnya.

Ia mengatakan, para pelaku pasar makin aktif membeli dollar karena mereka melihat pertumbuhan ekonomi nasional semakin melambat yang terlihat dari kinerja ekspor nasional yang mengalami penurunan cukup tajam. “Mereka juga khawatir bahwa pertumbuhan ekonomi nasional yang diperkirakan berkisar 4,5-5 persen kemungkinan sulit dicapai karena pertumbuhan ekonomi global berdasarkan laporan Dana Moneter Internasional (IMF) semakin melesu,” ucapnya.

Apakah rupiah bisa mencapai angka Rp 12.000 per dollar atau tidak, juga masih dalam tanda tanya, apakah BI mampu menahan tekanan negatif pasar yang semakin berat. BI memang berusaha menjaga rupiah agar tidak mencapai angka Rp 12.000 per dollar karena dikhawatirkan mata uang Indonesia akan semakin terpuruk.

Karena itu, menurut dia, pergerakan rupiah akan semakin terlihat pada sore nanti, apakah tekanan pasar makin kuat atau mengendur. Apabila mengendur berarti BI masuk pasar dan menjaga aktivitas perdagangan valas antarbank asing. “Kami memperkirakan rupiah masih berada di bawah angka Rp 12.000 per dollar pada hari ini,” ucapnya.

EDJ
Sumber : Ant

dikutip dari Kompas.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: