Oleh: Danny Prijadi | Rabu, 25 Maret 2009

Rupiah pagi melemah


JAKARTA, KOMPAS.com — Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu (25/3) pagi, turun setelah hampir dua pekan mengalami kenaikan cukup cepat sehingga menimbulkan kekhawatiran rupiah akan mudah terpuruk lebih dalam.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar turun menjadi Rp 11.500/Rp 11.550 per dollar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 11.450/Rp 11.460 per dollar atau turun 50 poin.

Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk Kostaman Thayib di Jakarta, Rabu mengatakan, koreksi harga terhadap rupiah pada hari ini dinilai wajar setelah mengalami kenaikan yang cukup berarti. “Namun, peluang rupiah untuk bisa mencapai angka Rp11.000 per dolar masih besar,” ujarnya.

Rupiah, menurut dia, akan kembali menguat pada sore nanti karena sentimen positif terhadap pasokan dollar di pasar Amerika Serikat masih tetap tinggi. “Pasar masih positif, jadi rupiah ke depan masih berpeluang untuk menguat. Karena itu koreksi harga yang terjadi saat ini hanya sementara saja,” katanya.

Ia mengatakan, penurunan rupiah karena sebagian pelaku kecil melakukan aksi lepas rupiah setelah menilai saatnya untuk mencari untung dengan melepas mata uang Indonesia.

Rupiah, lanjut dia, juga berpeluang untuk bisa mencapai angka Rp 10.000 per dollar, tetapi membutuhkan waktu yang cukup panjang. “Banjir dollar di pasar AS dan masih ada investor asing yang menempatkan dananya di pasar domestik juga merupakan peluang bagi rupiah untuk menguat lagi,” ucapnya.

Menurut dia, investor asing masih percaya dengan ekonomi Indonesia yang masih tetap tumbuh meski sedikit merosot dibanding tahun lalu karena mereka mencari pasar yang mempunyai potensi tinggi, nyaman, dan aman. “Dengan masuknya investasi asing itu maka peluang rupiah untuk naik lagi semakin besar, apalagi cadangan devisa Bank Indonesia semakin bertambah,” ucapnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: