Oleh: Danny Prijadi | Rabu, 15 April 2009

Rupiah Bakal Tembus ke Level 10.000


SINGAPURA, KOMPAS.com — Menurut Barclays Capital, rupiah Indonesia kemungkinan akan perkasa ke level terkuatnya terhadap dollar dalam enam bulan ke depan. Hal ini dipicu adanya perbaikan perekonomian global sehingga mendorong para investor asing untuk membeli aset-aset diIndonesia.

Dalam laporannya yang dirilis hari ini, Barclays juga menulis, rupiah yang saat ini menjadi mata uang dengan penguatan paling besar di antara sepuluh mata uang lainnya di luar Jepang, juga diprediksi akan terapresiasi lebih besar lagi dengan adanya prospek terpilihnya kembali Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam Pemilu 9 April lalu.

“Skenario dasar kami bisa jadi akan mendorong masuknya arus modal ke Indonesia,” jelas analis Barclays Sailesh Jha dan Shyam Ramachandran.

Kedua analis juga memprediksi, mata uang Garuda tersebut akan menguat menembus level 10.000 dalam enam bulan ke depan. Sebelumnya, Barclays sempat memprediksi, posisi rupiah akan berada pada level 15.500. Sedangkan dalam tiga bulan ke depan, rupiah akan mencapai level 11.500 versus prediksi sebelumnya di level 14.500.

Prediksi yang dipatok Barclays lebih bullish dibanding nilai tengah ramalan 20 analis yang disurvei Bloomberg yang mematok angka 12.000 pada akhir kuartal tiga mendatang.

Berdasarkan data yang dihimpun Bloomberg, pada pukul 11.00 waktu Jakarta, rupiah menguat 1,9 persen menjadi 10.903 per dollar. Ini merupakan penguatan paling besar sejak 7 Januari lalu. Dengan demikian, sepanjang bulan ini saja, rupiah sudah melonjak sebesar 6 persen. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Sumber: Kompas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: