Oleh: Danny Prijadi | Selasa, 12 Mei 2009

Juli 2009, 1USD= 10.000 rupiah


JAKARTA, KOMPAS.com — Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa (12/5) pagi, naik tajam 65 poin menjadi Rp 10.305/10.310 per dollar AS dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 10.370/10.375, karena pelaku pasar tetap membeli rupiah.

Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk Kostaman Thayib di Jakarta, mengatakan, rupiah terus menguat karena kebutuhan korporasi terhadap dollar AS pada bulan ini tidak banyak, bahkan permintaan rupiah makin meningkat.

“Selain itu, penurunan bunga BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 7,25 persen untuk jangka pendek mendorong minat beli pelaku pasar terhadap saham meningkat,” ucapnya.

Menurut dia, dampak penurunan BI Rate sudah mulai dirasakan pasar modal yang bergairah sejak pekan lalu, yang mendorong nilai tukar rupiah terhadap dollar naik tajam. “Nilai tukar rupiah diperkirakan akan terus menguat sampai pekan depan adanya pengalihan investasi asing dari dollar ke rupiah,” katanya.

Namun penurunan BI Rate tersebut, lanjut dia, belum berdampak terhadap perbankan dan sektor riil. Karena struktur biaya bank yang sudah diset dalam satu tahun tidak bisa berubah dalam secara instan. “Struktur biaya bank tersebut meliputi, biaya bunga tabungan nasabah, biaya operasional, biaya risiko, serta biaya suku bunga deposito jangka panjang,” tegasnya.

Ia mengatakan, rupiah dalam dua bulan ke depan diperkirakan akan dapat mencapai angka Rp 10.000 per dollar AS, apabila kondisi pasar seperti ini masih berlanjut.

“Selain itu, koalisi partai yang sedang terjadi menjelang akhir-akhir pemilihan capres dan cawapres diharapkan tidak berpengaruh terhadap pergerakan rupiah,” ucapnya.

Karena itu, menurut dia, peluang rupiah untuk menguat masih besar karena dana asing yang masuk dibanding dengan dana yang keluar relatif masih kecil. “Apalagi pasar Indonesia dinilai merupakan pasar yang lebih menarik dibanding negara lain, karena selisih bunga rupiah dan dollar AS relatif masih tinggi,” ucapnya.

Sumber: Kompas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: