Oleh: Danny Prijadi | Rabu, 22 Juli 2009

Manfaat dari SARAPAN


Bu, saya bekerja di perusahaan swasta, berangkat pukul 06.00 dan pulang sekitar pukul 18.00. Karena berangkat terlalu pagi, saya jadi lemas. Kerja tak bergairah karena lapar. Itu terjadi karena saya tak sempat sarapan. Yang ingin saya tanyakan, jenis sarapan pagi apa yang cepat, tetapi cukup nutrisi? Makasih.

Yanuar, Surabaya

breakfast3BAPAK Yanuar, selain merupakan sumber energi, makanan juga mengandung berbagai nutrient yang diperlukan agar tubuh dan pikiran dapat berfungsi optimal. Pada pagi hari, sesudah puasa selama semalam, diperlukan makanan yang tepat. Maksudnya, tidak sekadar untuk mengatasi rasa lapar, tapi juga untuk meningkatkan ingatan, menguatkan sistem imun, agar tetap fokus, dan lain-lain.
Sarapan atau breakfast secara harfiah berarti berbuka puasa setelah malam hari kita tidak makan. Sarapan adalah saat makan paling penting dalam sehari.

Berikut beberapa manfaat sarapan:

  • Memberi energi otak.

    • Makan dengan benar (menu seimbang yang terdiri atas makanan pokok, lauk, sayur, dan minum) dapat menghasilkan energi untuk aktivitas sehari-hari serta meningkatkan kemampuan otak,
  • menjaga berat badan, dan mengangkat suasana hati kita.

    • Sebab, bila tubuh mendapatkan cukup kalori pada pagi hari, siang dan malam hari keinginan untuk makan tidak terlalu besar lagi.
  • Meningkatkan asupan vitamin.

    • Jus buah segar adalah sarapan yang paling dianjurkan karena mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan. Sari buah alami meningkatkan kadar gula darah setelah semalam tidak makan. Setelah itu, dilanjutkan dengan sereal/roti. Menu pilihan lain adalah roti dan telur, mi, corn flakes, nasi, sayur, dan lauk.
  • Memperbaiki memori.

    • Tidur semalam membuat otak kelaparan. Jika pada pagi hari tidak mendapatkan glukosa cukup, fungsi otak, khususnya memori, bisa terganggu. Karena itu, pastikan mendapat pasokan energi dan makanan lengkap.
  • Menghilangkan gejala lapar seperti sakit kepala, lelah, mengantuk, dan gelisah

  • Meningkatkan daya tahan terhadap stres.

    • Tubuh merespons stres dengan melepaskan hormon dan cadangan energi yang dapat menghabiskan vitamin C dan Zinc. Sebab, keduanya membantu memproduksi hormon tersebut.
  • Mengendalikan berat badan.

    • Sarapan sehat membantu mengatur kadar gula darah dan kadar insulin darah yang membuat nafsu makan terkendali dan mencegah ngemil.
  • Membantu berpikir cepat.

    • Sarapan pagi kaya karbohidrat berkhasiat untuk ingatan jangka pendek dengan memberi otak suplai gula darah sesudah tidak makan semalam. Jadikan makanan kaya vitamin B (vitamin B membantu membangun neurotransmitter yang meningkatkan kapasitas berpikir dan mengingat, termasuk meningktakan kemampuan verbal) sebagai bagian dari pola makan seimbang. Vitamin B bisa didapatkan dari ikan, sayuran hijau, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian
  • Membangkitkan energi.

    • Sarapan dengan makanan yang kaya zat besi diperlukan untuk mempertahankan kadar energi. Makanan dengan vitamin C (buah-buahan) membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi. Konsumsi zat besi yang kurang dapat menyebabkan anemia yang berakibat pada kemunduran fisik, cepat lelah, dan mudah mengantuk.

Oleh: Eko Dwi Martini DCN, Ahli Gizi RSUD dr Soetomo

Sumber: Jawapos


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: