Oleh: Danny Prijadi | Kamis, 8 Oktober 2009

Rupiah tahun 09 belum tentu bisa capai Rp9000/$USD


rupiahKurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis (8/10), terus menguat mendekati Rp 9.300 per dollar, sehubungan pelaku asing aktif membeli rupiah karena mereka optimistis pasar Indonesia tetap potensial untuk digarap lebih baik.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar naik menjadi Rp 9.365-Rp 9.375 per dollar dibanding penutupan hari sebelumnya, Rp 9.420-Rp 9.435 atau naik 55 poin.

Analis Valas PT Bank Himpunan Saudara Tbk Rully Nova di Jakarta mengatakan, rupiah dalam pekan ini diperkirakan akan dapat mencapai angka Rp 9.300 per dollar. “Karena sentimen positif yang terjadi di pasar pengaruhnya masih berlanjut,” ujar Rully Nova.

Berlanjutnya sentimen positif pasar itu, menurut dia, karena pasar Indonesia masih merupakan pasar yang lebih menjanjikan dari pasar Asia lainnya. Faktor tersebut juga didukung oleh kecenderungan perbankan yang akan menurunkan suku bunga pinjaman, memicu pelaku pasar terus aktif membeli rupiah.

Indonesia, lanjut Rully Nova, pada 2010 diperkirakan akan tumbuh lebih baik menyusul membaiknya pertumbuhan ekonomi global, karena pelaku asing makin aktif bermain di pasar domestik.

“Apalagi kawasan Asian menjadi daerah yang pertumbuhan ekonominya lebih baik ketimbang Amerika Serikat maupun Eropa,” ucapnya.

Ke depan, menurut Rully Nova, Indonesia kemungkinan akan banyak diminati pelaku asing yang akan menempatkan dananya karena penduduknya yang besar merupakan pasar yang sangat potensial. “Kami optimis dengan ekonomi yang makin tumbuh, maka pergerakan rupiah akan terus positif,” kata Rully Nova.

Pengamat pasar uang, Edwin Sinaga, mengatakan, masih perlu dukungan yang kuat bagi rupiah untuk bisa mencapai angka Rp 9.000 per dollar. “Meski rupiah terus menguat, namun dukungan pasar yang kuat sangat diharapkan untuk memicunya lebih jauh,” kata Edwin Sinaga.

Menurut dia, posisi rupiah yang mendekati angka Rp 9.300 per dollar cukup baik, namun untuk menguat lebih jauh terasa agak berat. “Kami masih belum dapat mengatakan, apakah rupiah dapat mencapai angka Rp 9.000 per dollar,” katanya.

Sumber:Kompas

Kalau saya amati, perkembangan dollar ini diikuti dengan naiknya harga emas. Akhir2 ini jika harga emas naik, maka rupiah menguat, begitu emas turun sedikit saja, rupiah juga melemah sedikit.

Dan baru saja saya mendapat informasi bahwa emas LM hari ini berada dikisaran $1050/troy ounch yang merupakan harga tertinggi sepanjang sejarah, dan rupiah dari Rp 9400 kemarin, menjadi mendekati di level Rp9300

Saya kasih contoh yang aktual;
kemarin sore saya lihat harga emas $1038 dan rupiahnya 9400, jadi harga emas = berkisar Rp 313.000
Pagi ini, saya lihat harga emas $1050 dan rupiahnya 9300, jadi harga emas = juga berkisar Rp 313.000

Jadi saya ambil pointnya saja, saya rasa rupiah tidak lama lagi akan kembali di level 9600-9700 (ini sudah cukup bagus) dan emas juga akan kembali di level <1000.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: