Oleh: Danny Prijadi | Selasa, 29 Desember 2009

LCD Windows VS LCD Machintosh


Saya dulu adalah penggemar windows, terutama yang paling saya suka di bidang fotografi, meskipun saya bukan lulusan desain grafis, jadi ya ngga hebat2 amat lah. Monitor saya dulu pakai Dell, trus pernah ganti LG, semuanya yang monitor tabung. Memang dibuat untuk edit2 foto sih lumayan ok, cuma kalau dicetak di lab biasanya cenderung lebih gelap dikit daripada dilihat di monitor. Nggak mungkin bisa sama.

Kemudian karena LCD waktu itu juga semakin murah, saya lihat di pameran waktu itu 19″ Samsung, harganya sekitar 2 jutaan, sekarang rasanya lebih murah lagi. Memang kalau dilihat di pameran gambarnya cukup terang, tapi begitu saya edit foto memakai monitor itu, rasanya hasilnya ngga bisa muasin banget, apalagi dicetak, juga ngga bisa sama persis spt yang ada di monitor, malah lebih mengecewakan daripada monitor tabung saya dulu

Akhirnya singkat cerita saya beralih ke kompetitor PC yaitu MAC yang jauh lebih canggih pada waktu itu, apalagi dengernya MAC tidak bisa terserang virus, karena systemnya yang memakai UNIX dan juga untuk foto katanya warnanya jauh lebih baik. Dan kenyataannya memang terbukti, sudah 3 tahun sampai artikel ini ditulis MAC saya sama sekali ngga pernah kena virus, juga ngga pernah crash, bahasa kerennya ngeheng, dan foto2 koleksi saya disini semua warnanya benar2 membuat saya ngga bisa ngomong lagi.

Dan yang paling membuat saya tercengang, kalau saya masukin hasil jepretan camera ke dalam MAC, hasilnya jauh lebih bagus daripada di PC. Kalau boleh saya tambahkan hasilnya tidak hanya sekedar beda, tapi benar2 ruuuuuarrr biasa bagusnya, terang, detail, contrast, semua bagus deh, makanya saya ngga heran banyak orang desain grafis lebih memilih ke MAC.

Dan satu lagi, kalau saya mencetak foto di LAB, biasanya hasil cetakan itu lebih gelap sedikit daripada yang ada di komputer. Tapi setelah saya menemukan 1 Lab yang menurut saya bisa membuat sama persis hasil cetakannya seperti di layar MAC saya, setiap kali kalau saya ada yg mau dicetakin, saya selalu cuciin disana. Kalau misalnya anda mau tau nama LABnya bisa email kesaya, ntar saya kasih tahu, karena kalau bilang disini dipikir saya promosi kan๐Ÿ™‚, dan Lab ini sering sekali dipakai para fotografer yang ada Surabaya.

Jadi kesimpulan saya, kalau memang anda suka desain atau photography, pokoknya menggunakan komputer yang berbau-bau gambar, saya sarankan pakai MAC deh, tapi kalau kebutuhannya hanya kerja kantoran, seperti input data, finance, accounting, sangat disarankan pakai PC, soalnya PC cenderung lebih merakyat sih hehehe

Lalu saran saya lagi, kalau memang mau membeli monitor, mungkin anda bisa membawa foto2 anda sukai dan warnanya sudah bagus, lalu masukkan ke flashdisk dan lihat kembali di toko tempat jual monitor tsb. Bandingkan gimana hasilnya, bisa lebih bagus dari yang anda lihat sebelumnya atau malah kacau, lalu bandingkan dengan monitor LCD merek2 lain gimana. Karena anda jangan tertipu dengan gambar yang ada dimonitor tsb, mungkin saja gambar itu memang sudah disesuaikan dengan monitornya.

Sekian tips dari saya, semoga aja dapat membantu, atau mungkin kalau anda punya pengalaman tersendiri bisa dibicarakan disini.


Responses

  1. Hehehe itu mah mencampuradukkan antara monitor dengan OS namanya. Coba aja laptop Mac nya disambung ke LCD monitor yang lama dijamin jelek juga. Coba disambungnya dengan https://www.sharpusa.com/ForBusiness/PresentationProducts/ProfessionalLCDMonitors/PNK321.aspx pasti hasilnya berbeda.

    Salam.๐Ÿ™‚

  2. Om Saya mau cetak foto tolong saya diberitahu LABnya, terima kasih.

  3. LAB nya dimana gan?
    Send please at: pro_qent@yahoo.com

  4. untuk cetak foto yang bagus seperti artikel anda, ada dimana?

  5. Untuk cetaknya dimana?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: