Oleh: Danny Prijadi | Rabu, 3 Februari 2010

Pelajaran Level 3 di John Robert Powers


Akhirnya selesai juga level 3 yang saya jalani di JRP, meskipun masih ada 2 mata pelajaran yang belum saya ikutin, sehingga waktu ujian teori kemarin ada 2 pertanyaan yang tak terjawab, setelah tanya teman sebelah, ternyata pertanyaan itu ada di pelajaran ‘acting communication’ yg belum saya ikutin. Ntar deh kalau ada waktu saya replace pelajaran itu, masih bisa kok diikutin.

Selama 30x lebih pertemuan belajar di JRP, apa sih yang saya dapatkan dari situ? apakah dengan sebanyak pertemuan tersebut bisa merubah kehidupan, karakter, maupun pribadi saya? Semua ini tergantung dari individu masing2. Saya masih mengingat perkataan dari Indayati Oetomo yang mengatakan apa yang ada dapatkan di John Robert Powers, tidak menjamin setelah lulus anda bakal mempunyai pribadi yang matang. Semua itu tergantung dari diri kita sendiri mau mempelajari dan mau menerapkannya, tetapi dia juga bilang ” PALING TIDAK setelah keluar dari JRP, pribadi anda pasti ada sedikit perubahan” Karena pada awal2 masuk JRP anda akan diajarkan teori yang paling mendasar seperti bagaimana cara komunikasi, mengembangkan pribadi yg baik, cara berhubungan dengan relasi, cara hidup yang sehat, table manner, penampilan yang baik, dan masih banyak banget, yang semua itu kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari dimana kita tidak pernah meyadari bahwa kehidupan yang selama kita jalani ini bisa dikembangakan jauh lebih baik. mmm…..bingung ya, lebih enak saya kasih contoh aja yah.

Pada waktu usia kita masih kecil hingga belasan tahun, 80% yang mendidik kita adalah orang tua  dengan catatan orang tua peduli terhadap anak, sedangkan yang kurang peduli, bisa jadi karena orang tua bekerja keras sehingga anak terdidik bisa dari pengaruh lingkungan. Akibatnya dari berbagai macam cara mendidik, menjadikan anak tersebut mempunyai sifat yang berbeda-beda juga meskipun anak dilahirkan juga mempunyai sifat bawaan yang bebeda-beda pula.

Lalu setelah mulai dewasa, sekolah dan mulai bersosialisasi dengan teman, guru, tetangga, organisasi, dsb. Kepribadian itu semakin mencetak anda menjadi suatu pribadi yang tidak memiliki standart dalam hidup….sampai disini mengerti kan kalimat saya? jadi dipikiran kita dulu, asalkan saya tidak berbuat jelek, tidak merugikan orang lain, tahu sopan santun, dsb sudah cukup, tetapi yang namanya manusia pasti juga memiliki kekurangan, entah tidak bisa bersosialisasi, selalu minder, kurang percaya diri, dsb. Atau mungkin juga ada yang over PD, merasa dirinya paling benar, semua harus nuruti apa kata dia, dsb.

Memang dari semua sifat diatas semua ada baiknya juga ada kekurangannya. Semua itu bisa diatur dan dipelajari di lembaga yang sudah puluhan tahun berdirinya yaitu John Robert Powers.

Saya menuliskan pengalaman diatas ini bukan bermaksud untuk promosi JRP, tetapi hanya sekedar ingin sharing dan membantu teman2 bagi yang ingin dibentuk kepribadiannya. Kali ini saya akan membahas apa saja yang saya dapatkan di level 3.

Pelajaran di Level 3, progam Business Executive

Sebenarnya di level 3 ini, pelajarannya cenderung lebih banyak di communication dan juga diajarkan cara berpresentasi yang baik. Salah satu pelajaran yang cukup menarik menurut saya adalah pelajaran kemampuan untuk menganalisa suatu masalah. Pelajaran ini sungguh benar2 membuat saya geleng2 kepala dalam artian benar2 tidak menyangka, sesulit masalah apapun bisa ditangani secara teroganize. Misalnya saja ada sebuah kasus ‘Bapak perokok berat’ tugas kita gimana sebagai anggota keluarga menginginkan Bapak itu tidak merokok lagi. Mungkin ini keluhatannya masalah sepele, tapi kalau kita bisa menganalisa dgn baik dan tersusun, masalah ini bisa terselesaikan dgn mudah. Ini hanya salah satu kasus yg mudah, semua ini bisa dipelajari di level 3 JRP untuk kelas business executive.

Ada juga pelajaran Public Relation, dimana jika anda menjadi seorang PR dan dihadapi suatu masalah, apa yang harus anda lakukan. Dan disitu akan dijelaskan bagaimana mulai dari sikap kita, cara komunikasi kita, perlakuan kita. Semuanya sangat berhubungan dari materi 1 ke materi lain yang ada di level 3, tentunnya juga ada dukungan dari materi yang dipelajari di level 1 dan 2.

Saya ingin sih menceritakan lebih banyak lagi, cuma kalau saya jabarkan semua, ntar saya bisa di kenain penalty oleh JRP. Jadi sekian dulu aja yah, ntar kalau level 4 sudah selesai, saya akan sharing lebih banyak lagi.

Semoga membantu.


Responses

  1. Dear Danny,

    Saya seorang ibu dengan anak usia hampir 15 tahun (laki-laki). Ingin menanyakan apakah program JRP apa yang sesuai untuk anak saya tersebut (berdasarkan pengalaman anda di JRP). Seperti ada image bahwa untuk teens, yang lebih banyak ikut adalah anak gadis.

    Preferable bila bisa mengikutinya di Kelapa Gading dan dalam bulan Juni (pertengahan) -Juli selama libur sekolah.

    Mohon tanggapan.

    Terima kasih,

    Asri.


Tinggalkan Balasan

Kategori

