Oleh: Danny Prijadi | Jumat, 8 April 2011

Cara menghitung perkalian SUPER CEPAT


Sebelum masuk ke ajaran dibawah ini, perlu diketahui ada beberapa cara yang memiliki soal yang bersyarat. Karena caranya dibilang banyak sekali juga ngga, tapi supaya ngga bingung, setiap metode saya beri nama masing2, biar belajarnya lebih mudah.

I Perkalian silang 2 digit, adalah perkalian yang tidak memiliki syarat, maksudnya untuk semua angka bisa dikalikan dengan cara perkalian silang dan jauh lebihncepat dari cara konvensional.

II Perkalian bersyarat
A. Metode WOW
B. Metode JODOH
C. Metode KEMBAR
D. Metode 99

——-

I. Perkalian “SILANG” (berlaku untuk semua soal, 2 digit X 2 digit)
Contoh. 24×37
Pertama yg kita lakukan, hitung secara silang
24
37
—x
7×2= 14
4×3= 12 , lalu jumlahkan hasil ke dua angka = 26 (atas)

Lalu yg kedua, kalikan secara vertikal
2×3= 6 (depan)
4×7= 28 (belakang)

Lalu susun hasil ketiga angka diatas seperti formasi dibawah ini
Atas
Depan Belakang

26
0628
——+
888 inilah jawabannya, kenapa saya kasih angka nol didepan 6, karena ini memang aturan untuk perkalian 2 digit, jadi untuk angka 26(atas), angka 2 milik depan, dan angka 6 milik belakang. Sekarang saya coba soal yg lbh besar angkanya.

89 x 78= sama seperti atas, lakukan perkalian silang dahulu
9×7= 63
8×8= 64
lalu jumlahkan 63+64= 127 (atas)

Sekarang kalikan secara vertikal
8×7= 56 (depan)
9×8= 72 (belakang)

Untuk angka 127 diatas, 12 milik depan dan 7 milik belakang, sehingga aturannya seperti ini
127
5672
——+
6942 inilah jawabannya, gampang kan, cara ini berlaku untuk semua angka 2 digit. Dan kalau ini dilatih terus menerus, tidak menutup kemungkinan kalau ada soal seperti perkalian diatas, anda tinggal pikir di kepala lalu langsung anda bisa menjawab. Saran saya hitung silang dulu, lalu hafalkan yg “atas” setelah itu lakukan kalian vertikal lalu anda dapat “depan” dan “belakang”
Ucapkan kata depan, atas, belakang dalam pikiran anda, lalu hitung semuanya dipikiran anda, maka hasilnya dgn mudah terjawab. Kalau anda latih terus, untuk mengerjakan 5 soal parkalian diatas, jawab dengan pikiran tanpa buram dan kalkulator. Semuanya bisa dikerjakan dalam waktu bbrp menit saja. Kalau saya waktu tercepat selama ini 1 menit 35 detik untuk 5 soal, menjawab hanya berpikir seperti joe sandi di film the master πŸ™‚

II. Perkalian dengan soal yang memiliki syarat.
A. Perkalian 2 digit, angka pertama dan kedua sama semua, lalu dibelakangnya kalau dijumlahkan nilainya 10, contoh

24×26, perhatikan angka 24 dan 26, depannya sama2 memiliki angka 2 dan belakangnya kalau masing2 dijumlahkan, nilainya 10 (6+4)

Kalau soalnya seperti ini berarti sudah memasuki kriteria WOW
Cara menghitungnya, tinggal angka 2 didepan ditambah 1, lalu dikalikan angka depan yg kedua. Jadi 3×2= 6

Lalu untuk belakangnya, tinggal kalikan aja dan tulis hasilnya, 6×4= 24
jadi kalau angka 6 dan 24 digabung jadi 624, ini jawabannya.

Sekarang coba lagi, 87 x 83
Jadi tinggal 9×8= 72
dan yg belakang 7×3= 21
jadi jawabannya 7221, gampang banget kan, makanya perkalian jenis ini saya katakan WOW, karena angkanya cocok semua

B. Sekarang yang depan sama, tapi yang belakang kalau dijumlah tidak 10, contoh
18 x 17 = kalau kita lihat, angka depannya sama, tapi yang belakang kalau dijumlahkan bukan 10, nah loh…. kalau ada soal seperti ini, saya sebut JODOH, kenapa, karena depqnnya sama cuma belakangnya dijumlah tidak 10, jd kalau terima soal seperti ini, langkahnya
18×1=18, kenapa dikali 1, karena angka depan 18 dan 17 adalah 1(kedua angka yg depan dua2nya harus sama), lalu
7×1= 7, begitu juga yg ini kenapa dikalikan 1, sama seperti diatas.
setelah itu jumlahkan 18+7=25 (depan)

Lalu kedua 8×7= 56 (belakang) lalu jumlahkan seperti ini
25
56
———+
306

Saya kasih contoh soal JODOH lagi

79 x 76= ingat depan sama, belakang tidak 10 berarti JODOH

79×7= 553, lalu angka kedua yg belakang dikalikan angka 7 karena sama2 tujuh
6×7 = 42
—————+
595 (depan)

Lalu yang belakang 9×6= 54 (belakang) lalu jumlahkan seperti ini
595
54
——-+
6004 inilah jawabannya. Mudah kan
Metode WOW DAN JODOH ini, kalau misalnya dihitung dengan metode “Classic” yang saya jeflaskan pertama kali diatas, hasilnya juga akan SAMA tetapi mungkin memakan waktu lebih lama sedikit.

C. Perkalian KEMBAR
24×24, perkalian kuadrat.

24
24
—-x

Kalau menemukan perkalian seperti ini, amat cepat sekali kalau cara menghitungnya seperti ini
2×4= 8, lalu kalikan 2
8×2= 16 (atas)

Kalikan secara vertikal
2×2= 4 (perkalian antar depan angka) (depan)
4×4= 16 (perkalian antar belakang) (belakang)

Jadi

16
416
————+
576 ini jawabannya

Lagi ya, 68×68=

6×8= 48, lalu dikalikan 2
48×2= 96 (atas)

Lalu 6×6= 36 (depan)
Dan yang belakang 8×8 = 64 (belakang)
Jadi kalau digabungkan dan dijumlah

96
3664
——–+
4624

D. PERKALIAN 99
Perkalian jenis ini adalah perkalian untuk angka yang mendekati 100
Contoh 93×97
Kalau melihat perkalian seperti ini, bisa juga sih pakai metode classic, tapi sedikit lebih susah karena angkanya cenderung besar. Cara yang paling mudah, seperti gini

Angka 93 itu kurangnya berapa supaya menjadi 100, jawabannya kurang 7 kan. Jadi -7
Dan 97 juga begitu, kurang 3, jadi -3, jadi kalau saya tulis seperti ini

-7 x -3
93 x 97 betul kan, lalu cara menghitungnnya

93 – 3 = 90 (depan)
7 x 3 = 21 (belakang)
Jadi digabungkan 9021

Contoh lagi
89×95

-11 x -5
89 x 95
Jadi 89-5 = 84
dan 11×5 = 55
jadi digabungkan 8455, mudah bukan?

Nah, nanti untuk selanjutnya, saya akan jelaskan untuk perkalian yg 3 digit, contoh
345 x 345
123456 x 45
5675467 x 567
3 soal diatas dapat dihitung tanpa menggunakan buram/coret2, semuanya melalui pikiran dan langsung tulis hasilnya. Caranya pun sebenarnya juga hasil dari saya kembangkan sendiri meskipun mirip2 yang 2 digit.
Dan semua tujuan hitung2an diatas, selain untuk cara cepat, saya lebih cenderung untuk mengasah otak kita, kalau anda melakukan hitungan ini setiap hari (seperti les KUMON), saya yakin, begitu anda melihat hitung2an, anda akan senang dan tidak akan menggunakan calculator, alat ini boleh digunakan sekedar untuk check saja, maka otak anda akan dibekali ilmu yang luar biasa dan akan tajam seperti silet.

Tolong saya disupport ya untuk menuliskan yg selanjutnya, karena saya lihat dulu responnya yg ini dulu, kalau sukses saya akan lanjut.

Ilmu diatas, saya kutip dari Youtube, lalu ada sebagian yang saya kembangkan sendiri. Jadi kalau ada yang masih bingung tolong jangan ragu untuk tanya ke saya, saya akan bantu jawab sebisa mungkin. Terima kasih

Iklan

Responses

  1. fuck you

  2. kk izin copast y

  3. Keren ni

  4. πŸ˜›πŸ’©πŸ˜ΏπŸ˜ͺπŸ™…πŸ˜πŸ˜©πŸ˜°πŸ˜ˆπŸ˜¬πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  5. Terima kasih ya
    Ini adalah perkalian yang mudah dimerti sekali
    Makasih

  6. aneh dah soal 595+54 kok bisa 6004 ya , sampe 2 sejam gue cari” ga nemu juga tu cara #anehtapinyata :V

    • Hahaha… sampai jelek juga gak bakal nemu kalau susunan angka-angkanya gak sesuai.
      Yang perlu diperhatikan di sini adalah:
      595 >>> merupakan susunan angka depan
      54 >>> merupakan susunan angka belakang

      Jadi, susunan yang benar seperti ini:
      595
      54
      β€”β€”β€” +

      ::::::::::::::::::::atau:::::::::::::::::::::

      54
      595
      β€”β€”β€” +

      # secara matematis penulisan yang lazim menjadi: 5950 + 54 = 6004

      Begitu, semoga paham dan bermanfaat 😊😊

  7. Share lg ya, btw ini ada versi pembagiannya ga?

  8. 595
    54
    ———+
    6004 ko hasilnya segitu ???????? yang perkalian jodoh

    • Hahaha… komentar fergi kok mirip dengan made vino. Biar pun sampai botak juga gak kan paham.

      Ane ngehargain DannyPrijadi, penulis/admin blog ini.
      *Saran ane, mohon dimodifikasi lagi blog-nya agar susunan angka yang tadinya sudah “digeser ke kanan” dengan spasi tidak otomatis kembali menjadi “rata kiri” sehingga cara penulisan yang benar akan mudah dipahami dan tidak membingungkan pembaca yang ingin belajar. ☺☺

      Kelemahan dari blog ini meskipun sudah disusun sedemikian rupa, namun setelah komentar terkirim susunan angka malah kembali ke kiri atau “rata kiri”. 😞😞

      Sebagai koreksi dari komentar ane di atas:
      595_
      ___54
      β€”β€”β€” +

      ::::::::::::::::::::atau:::::::::::::::::::::

      ___54
      595_
      β€”β€”β€” +

      # Jadi, penulisan matematika yang lazim >>>> 5950 + 54 = 6004

      Semoga bermanfaat dan bisa dipahami 😊😊

  9. Bang, untuk yang metode WOW, itu kan bisa tuh kayak cara gitu kalau soalnya gini bang. 19 X 11. Caranya kalau pakek gitu mah gak bisa bang….

    • Metode WOW yang disampaikan di atas bukan untuk bilangan 2 digit yang angka puluhannya 1.

      Kenapa tidak bisa?
      Harap diingat kembali salah satu sifat perkalian khususnya untuk angka 1.
      *) angka berapa pun dikali 1 = angka itu sendiri

      Jadi, khusus 2 digit bilangan
      yang angka puluhannya adalah 1
      (biasa kita sebut belasan)
      memiliki keistimewaan tersendiri.

      Jadi, cara mudahnya sebagai berikut kita ambil contoh tadi: 19 x 11

      Penyelesaian:
      (dengan perkalian silang)

      19
      11
      β€”β€”X

      Jika diasumsikan soal angka-angka di atas dengan peubah a, b, c dan d, maka:

      Misalkan:
      19 = ab
      11 = cd

      ab
      cd
      β€”β€”X

      1). Susunan Angka Belakang
      b x d >>>> 9 x 1 = 9

      2). Susunan Angka Tengah
      Jika diasumsikan soal angka di atas dengan peubah a, b, c dan d, maka:

      ab
      cd
      β€”β€”X

      a x d = ?
      b x c = ?
      ==> (a x d) + (b x c)

      1 x 1 = 1
      9 x 1 = 9
      (1 x 1) + (9 x 1) ==> 1 + 9 = 10
      >>>> Jadi, angka tengahnya 0 (simpan 1)

      3). Susunan Angka Depan
      ==> 1 x 1= 1
      # lalu jumlahkan dengan 1 yang disimpan tadi
      >>>> 1 + 1 = 2

      ** Nah, tinggal digabungkan saja masing-masing angka tadi di atas
      angka depan~tengah~belakang
      >>>> 2–0–9
      β€» Jadi, 19 x 11 = 209.

      Sedangkan untuk perkalian 11 dengan angka belasan lainnya akan menghasilkan 3 digit
      (depan~tengah~belakang)
      Bisa gunakan cara mudah berikut:

      *). angka depan dan angka belakang langsung tuliskan dengan angka belasan tersebut.
      *). angka tengah diperoleh dari hasil penjumlahan angka belasan
      *). jika hasil penjumlahan angka tengah sampai 2 digit, maka angka satuan sebagai angka tengah, sedangkan angka puluhan disimpan untuk dijumlahkan dengan angka depan.

      11 x 11 = _ _ _
      11 x 11 = 1_1
      11 x 11 = 1_(1+1)_1
      11 x 11 = 121

      12 x 11 = 1_2
      12 x 11 = 1_(1+2)_2
      12 x 11 = 132

      13 x 11 = 1_3
      13 x 11 = 1_(1+3)_3
      13 x 11 = 143

      :::
      :::
      dst

      19 x 11 = 1_9
      19 x 11 = 1_(1+9)_9
      19 x 11 = 1_(10)_9
      >>> 19 x 11 = 2_0_9
      >>> 19 x 11 = 209

      Semoga bermanfaat dan bisa dipahami.
      βœŒβœŒπŸ˜€πŸ˜€

  10. Makasih bt share nya gan

  11. yes, yg metode 99 langsung paham πŸ™‚ thank kaka, yg pertama sedikit paham πŸ˜€

  12. Saya masih binggung jon

  13. wow keren …Ternyata simple banget ya caranya ….. sekali baca langsung paham kok…. di share lagi ya untuk cara perhitung berikutya …

  14. Membantu sekali2☺

  15. Sangat membantu pak

  16. […] Sumber:https://dannyprijadi.wordpress.com/2011/04/08/cara-menghitung-perkalian-super-cepat-2/ […]

  17. Saya masih bingung yang cara jodoh kan di suruh jumlah kan 25+56 kok hasil nya 306 seharusnya 81 coba jelas in ulang

    • Si agan ini kurang nyimak nih
      25
      056
      Coba baca lagi dari atas

  18. Wow keren bgt

  19. lumayan bisa tambah ilmu lagi ni..

  20. Kurang bisa diterima teknik pengajarannya, malah lebih cepat memakai teknik biasa, kl bisa coba tulis teknik perkalian pakai jari saja.

    • Ah, gak juga.
      Kalau mau pakai jari saja ya mesti dipraktekkan dan diperagakan langsung.
      Lebih baik dan lebih jelas lagi ya pakai gambar ilustrasi dong daripada sekedar tulisan saja.
      Kalau anda punya gambar jari untuk teknik menghitung perkalian silahkan di-share.

      Kalau dirasa kurang bisa diterima teknik pengajarannya itu kembali pada diri anda apakah anda bisa menangkap pelajaran yang diberikan atau tidak?

      Anda katakan malah lebih cepat memakai teknik biasa itu juga karena sudah terbiasa dan merupakan teknik dasar dalam menghitung perkalian.
      Itu sah-sah saja, boleh kok.

      Namun, bila suatu saat dihadapkan dalam suatu ujian atau test, kompetisi matematika, bahkan dalam psikotest yang salah satu soalnya masih terkait dengan perkalian matematika, yang mana bobot soal jauh lebih sulit ~ lebih rumit dan menuntut waktu penyelesaian lebih cepat dari biasanya, tentu metode di atas termasuk metode yang dapat membantu memudahkan menjawab soal-soal matematika dengan lebih cepat.

      Menurut saya metode dan teknik menghitung perkalian secara cepat bila sudah dikuasai dengan baik hingga mampu menghitung tanpa menggunakan kertas buram atau coretan malah jauh lebih cepat daripada sekedar menggunakan teknik biasa.
      Karena prinsipnya adalah mampu berpikir dan menghitung dengan Cepat dan Tepat.
      Mampu menjawab soal-soal dengan Cepat dan Tepat (kalau tidak… yahh lewat dahhh).

  21. AKU JUGA SUDAH BISA

  22. kancutkan gaan..love this matematic!!

  23. oi lost saga kalian untuk gw aja

  24. Reblogged this on Devista64's Blog and commented:
    sangat bermanfaat

  25. Makasih bnyk!!!saya lbh cepat berkembang dlm mat!

  26. thanks telah membantu broooo……

  27. Menarik tambah ilmu la.alhamdulillah

  28. baik dan perlu di perbaharui lagi agar bisa lebih baik lagi

  29. Itu yang perkalian kembar kenapa hasil penjumlahan dari 96+3664=4624

    • Lagi-lagi ini masalah susunan angkanya yang keliru, karena (kelemahan penulisan) di blog ini secara otomatis angka yang disusun langsung “terseret” ke kiri.

      Jadi, yang benar adalah:
      _96_
      3664
      β€”β€”β€”β€”X

      Secara matematis kalau ditulis menjadi:
      960 + 3664 = 4624

      Begitu, semoga bisa dipahami.

      • Ralat:

        Jadi, yang benar adalah:
        _96_
        3664
        β€”β€”β€”β€” βž•

        Secara matematis kalau ditulis menjadi:
        960 + 3664 = 4624

        Begitu, semoga bisa dipahami.

  30. sip kak trims ilmunya…..

  31. woiii,ajarin cara penjumlahan yg cepat lah,jangan kali2 semuanya

  32. itu yg 68×68 kayaknya keliru… coba dikoreksi.

    • internet ini sangat bodoh.

      • Internet ini sangat bodoh?

        Internet (interconnection networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya.

        Jadi, apanya yang sangat bodoh??

        (Apa apa apanya dong? Apanya dong? Apanya dong? Dang ding dong)

  33. perkalian 2 digit tanpa syarat dg rumus x+x
    contoh
    32×21=

    x + x Cara: Tulis seperti perkalian susun dg di beri jarak
    ——- masukkan rumusnya x+x di atasnya
    3|\3/|2 lakukan perkalian silang 3×1=3 , 2×2=4
    2|/4\|1 jumlahkan sesuai dg tanda di atasnya yg
    – |—|—x jmlh di jmlahkan yg kali di kalikan
    6 7 2 maka akn ktemu 672
    smga bermanfaat

    • Klo 36×72 cara penyelesaiannya gymn?makasih.

  34. ya begitu juga boleh lah

  35. udah jadul sekarang pakai nya metode SDTEL metode hanya melihat soal , hanya dalam hitungan 1 sampai 5 detik soa; sudah bisa kejawab

    • Aku ingin lihat

    • Gak jadul amat ah.
      Malah bisa dikombinasikan mana metode yang paling tepat diterapkan untuk bisa berikan hasil jawaban lebih cepat dan tepat, tidak sekedar taksiran.
      Semakin sering berlatih juga bisa dapat selanya atau cara ampuh menjawab soal dalam hitungan detik tanpa metode SDTEL.
      Pada pengaplikasiannya dikembalikan lagi pada karakter soal dan pilihan jawaban yang tersedia (jika ada), itu semua ada taktik dan strategi masing-masing dalam menjawab soal-soal matematika.

  36. terima kasih, seru banget!!!!!!!!
    tlong lanjutkn ke digit yg lbh bnyk

  37. Maaf, nimbrung ni berdasar pengalaman….untuk perkalian puluhan angka yang sama dan jumlah satuan 10 mungkin lebih mudah begini, misal : 56 x 54 = …, kita gunakan istilah “kakak” untuk bilangan puluhan. “kakak dari 1 adalah 2, “kakak” dari 2 adalah 3, …dst. Caranya : Langkah “kakak dari puluhan dikalikan, satuan dikalikan dengan satuan. “kakak” dari 5 = 6, maka 6×5 =30, 6×4=24, lalu digabungkan hasilnya 3024. jadi 56×54=3024. trims, smg bermanfaat.

  38. beraba jumlah 1oooooo+5-3000000

  39. terimakasih kak atas artikelnya. ngizin ngopi,,,,,

  40. MANTAP …… INI BARU SIBH

  41. ga ngerti

  42. tukang jiplak lo….itu udah ada dari jaman dulu bro.tukang kibul

    • Tukang jiplak?
      Siapa bro yang dimaksud?
      Karya siapa yang dijiplak?
      Sama persis kah isinya dengan yang dijiplak?
      Lagian kalau ane perhatikan, bukankah sudah cukup banyak orang yang gemar reshare suatu isi blog milik orang lain.

      Kalau buat ane pribadi sih gak masalah, itu tanda orang yang ikhlas saling berbagi ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat tentunya bagi para sesama.

  43. gimana,.,-ak kurang jelas

  44. saya tunggu perkalian 3digit dikalikan dengan 2 digit yah kak. Terimakasih atas metode pembelajaran nya

  45. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA .SUAMI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG BERSAMA,ISTRI SAYA UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR,AKI MURSANG ,, SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI,AKI MURSANG. DAN AKHIRNYA,AKI MURSANG, MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA, ,4D… DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA .AKI SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN.AKI MURSANG BAGI ANDA YANG INGIN MERUBA NASIB SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI AKI MURSANG
    DI:082 395 484 323

    • tiket neraka

  46. woooooooooooooooooooowwwwwwww mudah buaaanget

  47. di tunggu bilangan tiga angkanya

  48. kapan artikel perkalian 3 digit di buat?

  49. berguna bnget nih… Mksh ilmu nya ya : )..

    • beraba jumlah 100 % 300

  50. berguna bnget nih… Mksh ilmu nya ya : )

  51. yang paling atas kalo udah dapet 26,0620 di gimanain bisa jadi 888

    • iya yg 26
      0628
      —————-+
      kok bs jd 888 sy msh binggung

      • Itu salah nulis yg bener.
        026
        628
        ——-+
        888

        • Salah nulis juga

    • Hihihi… πŸ˜πŸ˜πŸ˜€

      ??????d menjelaskan tapi salah juga nulisnya

      anonim hanya berkata: “Salah nulis juga” tanpa ada upaya memberi tahu nulis yang benar… hadehhh

      Perhatikan soalnya:

      24
      37
      β€”β€” ❌

      24 x 37 = _ _ _ (jawaban ada 3 digit)

      1). Angka Belakang
      4 x 7 = 28 >>>> 8 (simpan 2)

      2). Angka Tengah [Perkalian Silang]
      (2 x 7) βž• (4 x 3) = 14 + 12 = 26
      ==> 26 + 2 = 28 >>>> 8 (simpan 2)
      Jumlahkan dengan 2 yang disimpan no.1
      di atas

      3). Angka Depan
      ==> 2 x 3 = 6
      >>>> 6 + 2 = 8
      Jumlahkan dengan 2 yang disimpan no.2
      di atas.

      # Gabungan angka depan~tengah~depan
      β€» 24 x 37 = 888
      __________________________________________

      #Kalau cara penulis di atas menghitung:

      angka tengah
      angka depan γ€° angka belakang
      β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€” βž•

      (7 x 2) βž• (4 x 3) = 14 + 12 = 26
      2 x 3 = 6 γ€° 4 x 7 = 28
      β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€” βž•

      26_
      628
      β€”β€” βž•
      888

      β€» penjumlahan matematika secara mendatar
      lazim ditulis πŸ‘‰ 260 + 628 = 888

      Begitu, semoga bisa dipahami. 😊😊

    • Perhatikan soalnya:

      24
      37
      β€”β€” ❌

      24 x 37 = _ _ _ (jawaban ada 3 digit)

      1). Angka Belakang
      4 x 7 = 28 >>>> 8 (simpan 2)

      2). Angka Tengah [Perkalian Silang]
      (2 x 7) βž• (4 x 3) = 14 + 12 = 26
      ==> 26 + 2 = 28 >>>> 8 (simpan 2)
      Jumlahkan dengan 2 yang disimpan no.1
      di atas

      3). Angka Depan
      ==> 2 x 3 = 6
      >>>> 6 + 2 = 8
      Jumlahkan dengan 2 yang disimpan no.2
      di atas.

      # Gabungan angka
      Depan~Tengah~BELAKANG
      β€» 24 x 37 = 888

      ________________________________________

      #Kalau cara penulis di atas menghitung:

      angka tengah
      angka depan γ€° angka belakang
      β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€” βž•

      (7 x 2) βž• (4 x 3) = 14 + 12 = 26
      2 x 3 = 6 γ€° 4 x 7 = 28
      β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€” βž•

      26_
      628
      β€”β€” βž•
      888

      β€» penjumlahan matematika secara mendatar
      lazim ditulis πŸ‘‰ 260 + 628 = 888

  52. gue ykin bgt dg metode ini gue bakal kalahin master
    joesandi

  53. admin keliru kalau perkalian silang seperti di atas BERLAKU UNTUK SEMUA SOAL 2 DIGIT x 2 DIGIT, buktinya metode tsb tidak dapat diterapkan pada perkalian soal bersyarat yang disajikan setelah nya,,,contoh 49 x 21 (2 digit x 2 digit),,tolong lain kali mesti hati-hati, hal yang baik bisa jadi menyesatkan kalau kita kurang teliti,,,,thank.

    • setuju kak ..

    • Admin kurang penjelasannya tapi memang sudah hampir tepat, coba pakai rumus ini :

      Misalnya perkalian 89 x 76.

      Pertama, kalikan angka yang ada di belakang 9 x 1 = 9. Gunakan angka 4, simpan angka 5.

      tulis 4

      Kedua, kalikan secara menyilang, (8 x 6) + (9 x 7) = 48 + 63 = 111, tambahkan angka 5 yang disimpan 111 + 5 = 116. Gunakan angka 6, dan simpan 11.

      tulis 6 didepan 4 = 64

      Terakhir kalikan angka di depan, 8 x 7 = 56, ditambah angka 11 yang disimpan, 56 + 11 = 67.

      tulis 67 didepan 64 = 6764. jadi hasilnya 6764

      Silahkan dihitung sendiri jika itu 49×21 = 1029 bukan?

    • Nadia ini kurang latihan sepertinya…
      ck ck ck πŸ˜•πŸ˜•

      Itu mah gampang, dengan metode perkalian silang seperti di atas pun bisa diterapkan.
      Nih perhatikan ya ane ajari caranya.

      49
      21
      β€”β€” X

      Langkah-langkah penyelesaian:
      1). Angka Belakang >>> 9 x 1 = 9
      2). Angka Tengah (perkalian silang)
      >>> 4 x 1 = 4
      >>> 9 x 2 = 18
      ===> 4 + 18 = 22
      # maka, angka tengah kita peroleh >>> 2
      ## angka puluhannya yang 2 itu kita simpan untuk nanti dijumlahkan dengan angka depan.
      3). Angka Depan >>> 4 X 2 = 8
      ### Lalu jumlahkan tuh 8 dengan 2 yang disimpan tadi (dari angka tengah).
      Maka, akan diperoleh hasilnya 10
      >>> 8 + 2 = 10

      Nah, dapet kan hasilnya tinggal digabungkan semua angka depan, tengah dan belakang.
      10 — 2 — 9 >>> 1029

      Coba cek lagi, 49 x 21 (2 digit x 2 digit)
      benar atau tidak hasilnya 1029.

      Belajar gih yang rajin, tingkatkan latihan lagi.
      Soalnya ini masih belum seberapa sulit, baru juga perkalian silang antar 2 digit.

      Tolong lain kali lebih rajin belajar dan berlatih lagi, suatu kebenaran jangan langsung dibantah main ‘hantam’ menyesatkan kalau pemahaman belum mencapai tingkatnya.
      Malu ‘ah. πŸ˜€πŸ˜€
      Piss ✌✌✌

  54. thank you bro..

  55. enak jugaya kalw sudah ngerti perkaliannya

  56. makasih

  57. Cara-cara yg anda berikan sangat bermanfaat bagi saya. Skarang saya dapat lebih cepat dalam perkalian

  58. trims atas ilmunya,klau boleh minta izin di copas tuk jadi panduan.

  59. hebat mantep……..sy jadi pengen belajar lagi yang jauh lebih cepatnya…terimakasih atasilmunya

  60. 1 lagi nih. apa jawabannya? bebek 3 dikali 2=?
    1.saya jawabnya 5
    2.temen saya jawabnya 6.
    ====mengapa saya jawabnya 5? karena bebeknya ada 3 yang 2 tersesat di kali jadi jawabnya 5 deh.

  61. gan.sepertinya 3 digit itu gampang deh. 30 detik jg gw kayaknya bisa. doain yah biar saya cepet bisa ngitung perkalian soalnya kata pak guru harus bisa perkalian dari 1×1 sampai 100×100. gw kelas 5. kalo ada trik kirim yah mafachri@yahoo.com

  62. wow…trnyta per-x-an itu gmpang bgt ya..ksh tau donk cara per-x-an 3 digit nya

  63. Sangat bermanfaat dan membantu, semoga selalu diberkati Tuhan keluarga anda

    • emang benar begitu loh i..i..i

  64. WOW…GUE MAKIN PINTAR JADINYA MAKASIH YA KAK!!!! 0:)

  65. boleh copas ya tritknya ok bg kpn perkalian 3-7 digitnya?? kami tunggu

  66. jurusnya jitu juga…

  67. iji copas ya…

  68. Wah..! Informasi yang di Share sangat bermanfaat nih. Mudah2an mendapat berkah atas apa yang sudah dibagikan. Ditunggu jurus selanjutnya juragan πŸ™‚

  69. berguna sekali tu ngajarin anak saya berhitung

  70. yg 3 digit dah da? ne brmanfaat bgt…t.q….

  71. KAMI TUNGGU JURUS2 YANG LAIN….

  72. SANGAT MEMBANTU, BIASANYA HANYA DIMILIKI OLEH TENTOR2 BIMBEL, SEMOGA TERUS EKSIS…..

  73. woisssss bang mantab nih info.. langsung faham saya brothers . hahaha

  74. agak sedikit pusing he…..he tp punya cara porogapit gak???????????????

    • tak pikir pikir dlu ya

  75. Ribet

  76. Keren gan ilmunya…..
    Langsung lanjut perkalian 3 digitnya gan…..

  77. wah ini bagus banget artikel nya tapi yang 3 digit tolong diterusin Ya ! karena saya masih pakai cara manual yang lama banget ketemu hasilnya!

  78. kok 12 x 12 hasilnya beda sih……
    pake cra yg d atas, tlong jlasin donk’

    • Beda bagaimana?
      Memang hasilnya berapa yang diperoleh?
      Pakai cara di atas atau hanya sekedar taksiran hasilnya?

      Coba tuliskan dulu, nanti bisa dikoreksi mana yang keliru. Mungkin minieh kurang teliti saja menghitungnya.

  79. makasih ya?? jadi bisa anak jenius nih…. Hehe

  80. makasih ya atas pemberitahuanya tentang cara menghitung yang cepat,kan jadi nambah ilmu,makasih y
    thank you!

  81. Wah.Hebat bgt. Awalnya susah jadi mudah dech. . . πŸ™‚

  82. Waw.Hebat. . . .N lumayan membingungkan.

  83. tHANKS…

  84. mantap nih,.. bermanfaat sekali πŸ˜€

  85. SangaT berManfaaT ..
    Terima Kasih ..
    SemaNgat πŸ™‚

  86. πŸ˜€ πŸ™‚ 😦 :* (^^^) :/

  87. je ne comprends pas 😦 ik begrijp het niet

  88. Tulisan nya sangat bermanfaat, kalo boleh saya minta izin utk di copas. trims.

  89. thank you, semoga yang membaca web ini bisa jadi pintar semua dan Indonesia menjadi negara yang orangnya pintar pintar….!!!!!

  90. sangat bagus..walaupun ada penjelasan yang agak bingungin,,tapi bagus sekali..setidaknya untuk Wow bs dimegerti…terima kasih

  91. Pusing juga bacanya,,
    tapi langkah langkahnya masuk akal,
    setelah saya coba menarik πŸ˜€

    di tunggu post selanjutnya

  92. ini emg halaman yang amazing.! bnyak bnget y ilmu yg bsa di ambil..!

  93. ini halaman yang amazing bnget..! ini emg yang saya cari..!

  94. ditunggu tulisan berikutnya terutama untuk perkalian 3 digit dan seterusnya…

  95. kk ditunggu ulasan brkt nya, sangad bermanfaat neh kk
    trims kk

    • Thank you, semoga bermanfaat ya

      • sangat bermanfaat sekali ^_^

        • kontol


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: